Tak hanya hidangan selama ramadhan, beragam
kreasi minuman bernutrisi dan menyegarkan
bisa menjadi inspirasi minuman dalam menyambut
Hari Raya Idul Fitri
LIPUTANSATU.COM, Jakarta, 14 Juli 2014 - Berpuasa kurang lebih 14 jam sehari dapat menyebabkan tubuh lemas dan
kekurangan cairan. Selama berpuasa, kadar gula darah yang diperlukan sebagai
sumber energi berkurang, sehingga tubuh terasa lemas. Selain itu, meskipun
banyak melakukan aktivitas di ruangan ber-AC, tubuh kehilangan 1 % hingga 2 %
cairan, baik melalui urine, metabolisme tubuh maupun proses pencernaan. Berkurangnya
kadar gula darah dan kehilangan cairan ini dapat menyebabkan pusing kepala
hingga kondisi yang tidak nyaman pada pukul tiga sore. Oleh karena itu, saat berbuka puasa
dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan yang manis dan menyegarkan, sehingga akan
lebih cepat menggantikan energi yang hilang setelah 14 jam berpuasa.
dr. Fiastuti Witjaksono,
MS, SpGK, sebagai dokter spesialis gizi klinik merekomendasikan
kaum urban untuk bijak dalam memastikan nutrisi yang berimbang dan bergizi, saat
sahur maupun berbuka puasa. Kebutuhan nutrisi selama berpuasa dapat diperoleh
melalui kesegaran air kelapa. “Berdasarkan
perhitungan zat gizi dari United States
Department of Agriculture (USDA), dalam 100 mg air kelapa terkandung kadar air sebesar 94,99% yang terbukti secara klinis dapat
mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh, setelah tubuh kehilangan cairan.”
jelasnya.
Lebih lanjut dr. Fiastuti menambahkan, “Air kelapa memang multi manfaat dan bernutrisi, karena itu
dengan mengkonsumsi air kelapa secara teratur saat berbuka puasa dapat membantu
menjaga vitalitas selama berpuasa,” ungkap Fiastuti.
Menyadari
pentingnya kesegaran yang bernutrisi dan memahami insight kaum urban tersebut, Buavita sebagai pelopor minuman sari buah kemasan yang peduli akan
vitalitas masyarakat
menghadirkan solusi praktis berupa koleksi Buavita Khas Nusantara, termasuk
Buavita Kelapa. Buavita Kelapa dihasilkan dari air kelapa asli yang
menyegarkan, multi manfaat, serta diproses secara higienis untuk melindungi
segala manfaatnya. “Buavita Kelapa mengandung air kelapa asli yang multi
manfaat dan bernutrisi akan membantu mengembalikan kesegaran dan vitalitas
setelah berpuasa. Apalagi Buavita Kelapa juga memiliki kandungan Vitamin C dan
B3,” ungkap Arya Bahupringga, Senior
Brand Manager Buavita.
Untuk memberi
semangat kaum urban dalam menjalankan ibadah puasa, Buavita menghadirkan
beragam kreasi minuman bernutrisi yang menyegarkan untuk berbuka puasa. Beragam
kreasi minuman tersebut dihadirkan Buavita dengan berkolaborasi dengan chef
Yuda Bustara. “Kreasi minuman tersebut disajikan dengan cara yang praktis,
mudah dan menyenangkan dengan menggunakan kebaikan air kelapa,” jelas Arya di dalam Media
Gathering Buavita : Mixology Class di The Patio, Selasa (15/7).
Tidak hanya air
kelapa, kreasi minuman ini juga terinspirasi dari kebaikan buah khas nusantara
lainnya, yaitu markisa dan sirsak yang juga bermanfaat memelihara kesegaran
tubuh saat berpuasa. Kebaikan buah yang menyegarkan tersebut dibenarkan oleh dr.
Fiastuti. “Terdapat vitamin C sebesar 30 mg[1]
dalam 100 gr Markisa yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Tidak hanya itu,
kadar Potassium (Kalium) sebesar 348 miligram[2]
dalam 100 gr markisa juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan mencegah
dehidrasi. Sementara di buah Sirsak terdapat Vitamin B1, yang berperan dalam
proses pembentukan energi, serta 2 mg magnesium yang membantu metabolisme
energi yang dibutuhkan tubuh,” ungkap dr. Fiastuti.
Chef Yuda Bustara, Mixologist Buavita yang hadir
dalam Mixology Class ini menunjukkan
cara membuat beragam kreasi minuman secara praktis. “Biasanya kaum urban
berbuka dengan minuman khas Indonesia yang bisa dibuat dari sari buah kelapa
yang rasanya sangat otentik dan menyegarkan. Selain itu kreasi minuman ini dapat
dinikmati secara bersama-sama.” kata Yuda berbagi cerita.
Yuda menyebutkan kreasi
minuman yang dapat diracik dengan praktis tersebut antara lain Passion Mix Ice,
Rococo, dan Es Buacoco dan berbagai ragam minuman menyegarkan dan bernutrisi
ala buah khas nusantara lainnya dapat dilihat di www.buavita.co.id. “Kreasi minuman yang
menyegarkan dan bernutrisi ini diharapkan bisa menyemangati kaum urban dalam
menjalankan ibadah puasa sekaligus berbagi inspirasi kreasi hidangan menyambut
Hari Raya Idul Fitri,” tutup Arya.
-----0O0-----
Tentang PT Unilever Indonesia, Tbk.
PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun
1933 dan telah menjadi perusahaan fast moving consumer goods terdepan di pasar
Indonesia. Dengan lebih dari 40 brand, termasuk Pepsodent, Lifebuoy, Lux, Dove,
Sunsilk, Clear, Pond’s, Citra, Rexona, Rinso, Molto, Blue Band, SariWangi,
Royco, Bango, Wall’s Ice Cream, Buavita dan masih banyak lagi. Unilever
Indonesia telah ‘go public’ pada tahun 1981 dan saham-sahamnya tercatat dan
diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Dengan delapan pabrik dan lebih
dari 6.000 karyawan, Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju
bersama Indonesia. Pada tahun 2013, penjualan bersih perusahaan mencapai Rp
30,8 triliun, meningkat 12,7% dari tahun sebelumnya, sedangkan laba bersih
tumbuh 10,6% menjadi lebih dari Rp 5.35 triliun.
Pada tahun 2013 Unilever Indonesia memperingati 80
tahun perjalanan Unilever Indonesia, dengan meluncurkan “Project Sunlight”
untuk menginspirasi masyarakat agar bergabung dalam menciptakan masa depan yang
lebih cerah bukan hanya bagi anak-anak, tetapi juga bagi generasi masa depan.
Secara global, Unilever berambisi meningkatkan
bisnisnya dua kali lipat sambil mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan
menjadi setengahnya dan meningkatkan dampak sosialnya. Untuk mencapai tujuan
tersebut, pada tahun 2010 Unilever meluncurkan Unilever Sustainable Living
Plan, suatu strategi dengan tiga tujuan utama: Peningkatan Kesehatan dan
Kesejahteraan, Pengurangan Dampak Lingkungan dan Peningkatan Pendapatan. Di
Indonesia telah ada berbagai pencapaian, antara lain, edukasi tentang cuci
tangan pakai sabun yang sampai tahun 2011 telah menjangkau lebih dari 4 juta
orang, kampanye sikat gigi pagi dan malam hari yang telah menjangkau lebih dari
6 juta anak sekolah, pengurangan kalori pada es krim Paddle Pop dan Moo,
pengurangan limbah berbahaya di pabrik-pabrik Unilever sampai 71% (4 juta kg)
pada akhir tahun 2010, penggantian lemari penyimpan es krim dengan lemari
pembeku yang ramah lingkungan, peluncuran “Molto Sekali Bilas” yang ramah
lingkungan, pembelian teh dan minyak sawit dari sumber yang lestari,
pemberdayaan lebih dari 9.000 petani kedelai hitam, dan pengenalan bank sampah
sebagai bagian dari program lingkungan Unilever di Indonesia, yang telah
mengumpulkan lebih dari 772 ribu ton sampah.
Posisi Unilever yang kuat sebagai pemimpin pasar diakui
melalui berbagai penghargaan nasional dan internasional yang telah diterima
perusahaan. Pada tahun 2013, Unilever Indonesia menerima 133 penghargaan lokal
dan regional dari media papan atas dan berbagai instansi pemerintah dan
institusi lain, diantaranya: “Social Media Awards” 2013 dari Majalah
Marketing;, “HR Excellence Award” 2013 dari Managemen Institut Universitas
Indonesia & majalah SWA; Stevie
Awards 2013 untuk waste bank (Gold), early childhood health and hygiene
(Silver) dan sustainable farming programs (Bronze); “Green Leadership Awards”;
“Best CSR Company in Asia Award” dari AIM dan IntelAsia's ; dan masih banyak
lagi.
Untuk informasi lainnya tentang Unilever
Indonesia dan brand, silahkan kunjungi www.unilever.co.id.
-----0O0-----
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :
PT Unilever Indonesia, Tbk. IMOGEN
Public Relations
Aurellio Kaunang Fransiscus
Siahaan
Media Relations Manager Consultant
Tel:
(+62-21) 526 2112 Tel:
(+62-21) 7181387
Fax:
(+62-21) 526 2046 HP:
081511611191
Tidak ada komentar:
Posting Komentar