Jakarta, 16 November 2012 -
Komunitas iPhonesia, bersama dengan World Toilet Organization (WTO) dan
Prodev, unit usaha Fortune PR yang berfokus pada social marketing,
bekerja sama mengadakan Kontes Instagram dalam rangka merayakan World
Toilet Day 2012 yang jatuh pada tanggal 19 November 2012 ini. Kontes
berlangsung pada 14-17 November 2012 dan dapat diikuti seluruh pengguna
instagram di Indonesia, melalui berbagai peranti. Pemenang kontes ini
akan dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari perwakilan dari komunitas
iPhonesia, Ebes Rasyid; Staf Ahli Komunikasi Bappenas, Nissa Cita;
Sutradara film Indonesia Joko Anwar; dan Behavior Change Communication
Director Prodev-Fortune PR, Fardila Astari. Lomba ini merupakan wujud
kepedulian Komunitas iPhonesia dan Prodev Fortune PR terhadap isu
sanitasi dan toilet di dunia dan terutama di Indonesia, yang selalu
diperingati melalui event World Toilet Day setiap tahun nya . Pemenang
kontes ini bisa mendapatkan iPhone 4S 32GB dan iPod Touch 64GB. Dua
puluh foto terbaik akan dipamerkan di acara puncak World Toilet Day 2012
tanggal 19 November 2012 di Senayan City dan 20-21 November 2012 di
Grand Indonesia, West Wing lantai 3.
World Toilet Day yang diperingati setiap
tanggal 19 November, bertujuan untuk mendobrak tabu dalam membicarakan
toilet, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya fasilitas dan
infrastruktur toilet dan sanitasi yang baik. Toilet yang baik merupakan
hal yang krusial bagi kehidupan manusia, karena toilet yang baik tak
hanya akan membantu mempertahankan kesehatan manusia, namun juga bisa
membantu memperbaiki martabat, meningkatkan taraf hidup, dan
memberdayakan masyarakat. Namun sayangnya, menurut data UN water.org
hingga kini, 2.5 milliar orang atau setara 40% penduduk dunia tak
memiliki akses pada fasilitas sanitasi dan toilet yang layak sehingga
mengakibatkan setiap 2 detik, 1 anak di dunia meninggal dunia akibat
diare. Sementara di Indonesia menurut data Kementerian Pekerjaan Umum
(PU), masih ada 40 juta orang dari 241 juta penduduk Indonesia yang
belum memiliki toilet yang layak dan mengakibatkan penderita diare dari
tahun ke tahun berkisar antara 3,5 juta jiwa sampai 4,5 juta jiwa (data
Kementerian Kesehatan).
Kontes Instagram dibuka sejak 14
November 2012. Setiap hari, iPhonesia akan mengirim minimal 5 foto
terbaik yang akan menjadi shortlisted untuk dipamerkan. Tagar yang akan
dipakai untuk Kontes lnstagram adalah #IGiveAShit #PikirkanToiletmu
#iPhonesia-WTD12. Kontes akan berakhir pada tanggal 17 November pukul
12 malam.
"Kami berharap Kontes Instagram ini
dapat meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia mengenai isu sanitasi
dunia,termasuk di Indonesia. Melalui kontes ini, masyarakat dapat ikut
serta mendukung World Toilet Day dengan cara-cara yang kreatif dan
populer," ujar Fardila Astari, Behavior Change CommunicationDirector
Prodev - Fortune PR. Aries Lukman, pendiri Komunitas iPhonesia,
optimistis mengenai Kontes Instagram yang diadakan di WTD ini.
"Komunitas iPhonesia memang menyambut baik kontes ini, karena tujuannya
yang mulia, untuk perbaikan kehidupan manusia," tuturnya.
Partisipasi pada World Toilet Day pada
akhirnya dapat membantu menyelamatkan banyak orang. Selain
berpartisipasi di kontes Instagram, masyarakat juga dapat berpartisipasi
dalam World Toilet Day dengan mengunduh campaign kit di
www.worldtoiletday.org dan bergabung sebagai member di laman Facebook
World Toilet Day atau follow twitter @worldtoiletday dengan menggunakan
tagar #IGiveAShit.
Useful Links:
World Toilet Organization website: http://worldtoilet.org/wto/
World Toilet Day website: http://worldtoiletday.org/
World Toilet Organization Facebook: http://www.facebook.com/WTO.org
World Toilet Day Facebook: http://www.facebook.com/WTDay
World Toilet Organization Twitter: http://twitter.com/worldtoilet
World Toilet Day Twitter: http://twitter.com/worldtoiletday
World Toilet Organization YouTube: http://www.youtube.com/OfficialWTO
World Toilet Day YouTube: http://www.youtube.com/officialWTD
Tentang Pro Development (Prodev)
Prodev merupakan salah satu divisi di Fortune PR yang mempunyai spesialisasi pemasaran sosial atau social marketing dan public affairs. Prodev juga berarti Pro Job, Pro Children, Pro Women, Pro Growth, dan Pro Environment mengacu pada Millennium Development Goals (MDGs). Prodev dibentuk berlandaskan kekayaan pengalaman dan kepakaran Fortune Group dalam bidang pemasaran sosial, seperti kampanye Lingkaran Biru KB (1988), Aku Anak Sekolah (1997) dan Kampanye Pemilihan Umum (2004 dan 2009), yang diakui secara internasional sebagai kampanye-kampanye yang sangat sukses dan berdampak.
Proyek yang pernah atau sedang ditangani
diantaranya adalah program Water & Sanitation Initiative (AusAID),
"Tabungan BTN Cermat" (Kerjasama Bank BTN dan The World Saving Bank
Institute (WSBI) yang didanai oleh Melinda and Bill Gates Foundation)
yang menjadi finalis Sabre Award 2012 kategori The Best South - East
Asia Campaign dan The Best Public Education, Sistem Verifikasi dan
Legalitas Kayu -SVLK (MFP, UKAID), Kehati Award, World Toilet Day 2012
(World Toilet Organization dan Water Supply and Sanitation Collaborative
Council).
Tentang World Toilet Organization
World Toilet Organization, WTO
(Organisasi Toilet Dunia) adalah organisasi nirlaba berskala global,
yang mendedikasikan untuk memperbaiki kondisi toilet dan sanitasi di
seluruh dunia. WTO mengerti bahwa sanitasi yang baik bukanlah
semata-mata mengenai pemberian akses yang memadai. Namun juga
mengembalikan martabat manusia, memberikan kenyamanan, memperbaiki taraf
hidup dan menawarkan pemberdayaan, jadi orang-orang bisa memperjuangkan
masa depan mereka.
WTO adalah satu dari sedikit organisasi
yang fokus pada toilet. Namun sayangnya, tak seperti air, toilet tak
mendapat perhatian dan sumber daya yang sama, yang diperlukan. WTO
percaya bahwa melalui edukasi, pelatihan, dan membuat pasar pada sektor
sanitasi, dunia bisa memberikan peluang bisnis, sanitasi dan toilet yang
higienis bagi setiap orang. Kunjungilah www.worldtoiletday.org.
SUMBER http://www.fortunepr.com/newsroom/1133-mengkampanyekan-pentingnya-toilet-dengan-kontes-instagram.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar