TIM SOSIALISASI NASIONAL
SATU METER UNTUK RODA DUA “ONE FOR TWO”
Gedung Dewan Pers Lt. 5, Jl. Kebon Sirih No. 32 - 34 Jakarta 10110, Indonesia
Telp.  021-40304834,   Email: yayasanps@gmail.com
Manajemen; Yayasan Promo Sijori, BNI CABANG GAMBIR; Rekening No.0264870188.
www.facebook.com/yayasanpromosijori -www.satumeter.com MARI TEKADKAN DIRI MENGEMBANGKAN KEPEDULIAN DI JALAN RAYA


I.  LATAR BELAKANG

Kerugian masyarakat akibat  kemacetan lalu lintas di jalan raya kini mencapai angka yang fantastis. Menurut data resmi yang dikeluarkan oleh Dewan Transportasi Kota. Kerugian akibat kemacetan nasional telah  mencapai  Rp.32 Triliyun pertahun. Sedangkan kecelakaan di Indonesia berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO), cukup tinggi. “Angka kematian terbesar ketiga di Indonesia setelah HIV/AIDS dan TBC, adalah kecelakaan lalu lintas. Yakni  mencapai 30.000 orang per tahun. Sedangkan kerugian materil mencapai Rp.73 Miliar, dan hampir 70 persen di antaranya disebabkan kelalaian. Sedangkan korbannya juga  sebahagian besar masih berusia produktif.”  Demikian Abdul Hakim Anggota Komisi V DPR-RI menyatakan. Selain hal tersebut, kemacetan dan kecelakaan  pasti berakibat  pada efek domino. Seperti kehilangan anggota keluarga, waktu yang penting, pemborosan BBM, stres dan lain-lain. Kemacetan karena alpa atau lupa menyisihkan ruang yang cukup untuk roda dua juga sangat serius.  Selain hal tersebut, dukungan infrastuktur seperti jalan yang aman dan nyaman masih belum memadai.  Jika dibandingkan jumlah kendaraan roda dua yang melonjak sangat cepat. Apabila kita mengacu pada statistik  BPS. Bahwa jumlah sepeda motor tahun 2009 adalah 67.336.644  dan tahun 2010 sebanyak 76.907.127. Maka diperkirakan jumlah sepeda motor tahun 2012 bisa mencapai 85.000.000 unit. Suatu angka yang fantastis jika dibandingkan infrastruktur yang ada dan dipastikan akan menambah kemacetan dan rawan kecelakaan. 

Berdasarkan data tersebut. Ditambah lagi banyaknya aspirasi dan keluhan masyarakat. Serta pengalaman di lapangan. Yayasan Promo Sijori (Akte Notaris Desning SH, No.2. Tahun 2000). Telah memberikan solusi dan advokasi untuk masyarakat  dan pemerintah. Yakni dengan membuat terobosan kegiatan Sosialisasi dan edukasi yang diberi nama ‘Satu Meter untuk Roda Dua One for Two.’ Hal tersebut juga berkaitan dengan  dengan Undang Undang No.22 Tahun 2009 tentang LLAJ.  Kegiatan Sosialisasi One for Two telah mendapat surat persetujuan dari Mabes POLRI, No. B/829/VII/2011/Korlantas, tanggal 29 Juli 2011. Dan selanjutnya menurut surat tersebut,  agar dikoordinasikan dengan Direktorat Lalu Lintas di tiap-tiap Polda.  Sedangkan pemerintah melalui Kementrian Sekretariat Negara RI secara tertulis telah menyambut baik kegiatan tersebut melalui surat No.B-327/Kemsetneg/Ormas-LSM/DH.02.02/10/2011.


II. TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan kami adalah untuk membangun empati, peduli dan simpati masyarakat dalam bertoleransi dan disiplin berlalu lintas. Menumbuh-kembangkan  tanggung jawab kita bersama.  Kegiatan Sosialisasi ‘Satu Meter untuk Roda Dua - One For Two’ adalah salah satu simbol kegiatan nasional di bidang lalu lintas jalan raya yang meliputi’;

1. Membantu Mengingatkan Pengemudi untuk menyisihkan 'satu meter' di sebelah kirinya;
2. Meningkatkan disiplin Pemotor (pengendara motor)  di jalur sebelah kiri jalan;
3. Mengurangi kemacetan bagi pemotor sehingga ada jalur transportasi alternatif
4. Menumbuh kembangkan toleransi dan disiplin demi kebersamaan
5. Mencari dan menyelseksi Duta Peduli Disiplin Roda Dua
6. Mengubah mind set penguasa, perencana dan pelaksana pembangunan jalan
7. Mendorong Pemerintah membangun jalur yang lebih aman dan nyaman untuk roda dua
8. Memberi motivasi (Piagam Penghargaan) dan apresiasi kepada pemerhati/fasilitator roda dua

III. SASARAN PROGRAM

Turut serta memperbaiki karakter pengendara kendaraan bajaj/mobil dll untuk saling memberikan  toleransi dan menghormati etika dan hak bersama khususnya untuk roda dua Merangsang gairah publik untuk berkreasi dan berinovatif dalam memperbaiki prilaku yang dapat merugikan orang lain. Mendorong kesadaran kalangan pengusaha agar bersedia berpartisipasi memberikan rangsangan kepada mereka yang berkreasi memperbaiki sistem dan prilaku masyarakat yang kurang baik menjadi saling menguntungkan.

IV. FORMAT KEGIATAN DAN SOSIALISASI

 1  Sosialisasi di media massa lokal, nasional, website, blogs, facebook twitter
 2. Publikasi buku saku, brosur, stiker,  spanduk,  banner dan lain-lain         
 3. Talk show dan seminar, diskusi interaktif      
 4. Lomba foto dan menulis,
 5. Kunjungan ke kota-kota/road show, serta pameran foto/sosialisasi.
 6. Apresiasi peduli roda dua/pemberian piagam penghargaan

 V. TARGET AUDENSI
1. Perusahaan Taxi
2. Perusahaan Bus
3. Pengemudi
4. Pemotor
5. Masyarakat umum
6. Mahasiswa
7. Pelajar

VI. PEMBIYAAN DAN KONTRA PRESTASI UNTUK SPONSOR
Semua kegiatan ini adalah swadana dan sukarela. Dalam rangka  penggalangan dana dari sponsor kami memberikan kontra  prestasi sesuai dengan kesepakan tertulis. Adapun kontra prestasi yang kami tawarkan adalah; penempatan logo sponsor di backdrop, banner, brosur, poster buku saku, brosur, stiker,  spanduk,  umbul-umbu  dan lain-lain. Selain hal tersebut, kami juga kami  memberikan Piagam Penghargaan.

VII. KERJASAMA EVENT /KEGIATAN          
Dalam rangkaian sosialisasi,  kami selalu siap menggandeng  mitra baik terprogram maupun spontan.  Seperti untuk diacara Seminar, Konperensi, Olahraga, TV Show, Wawancara di Radio, Acara sosial masyakat, advokasi dan edukasi masyarakat.

VIII. PENGGALANGAN DANA/FUND RISING

Dalam menggalang dana,  Yayasan Promo Sijori melalui Tim Sosialisasi Nasional Satu Meter untuk Roda Dua. Berusaha menggali sumber dana yang wajar dengan penjualan merchandiser seperti Jaket, Tshirt, Rompi. Mug dll.

IX.  PENYALURAN BANTUAN/SPONSORSHIP
Semua bantuan, sumbangan dari sponsor dapat dikirim ke rekening Tim Sosialisasi;

Yayasan Promo Sijori:
Bank BNI Cabang Gambir, Jakarta Pusat, Indonesia
Rekening  No. 0264870188
   
X. FAKTA PENTING DALAM  SOSIALISASI

  1.  Kerugian akibat macet sebesar Rp.32 Triliyun per tahun;
  2.  Kecelakaan yang memakan korban 30.000 jiwa pertahun dan 70% di usia muda;
 3   Kerugian material akibat kecelakaan sekitar Rp.73 Miliar per tahun;  
 4. Terdapat sekitar 85.000.000 unit sepeda motor di Indonesia;
 5.  Adanya upaya empati dan dukungan yang kuat serta berpartisipasi kita bersama.

 XI. PENUTUP

Demikian kegiatan sosialisasi Satu Meter untuk Roda Dua - One for Two ini kami sampaikan. Harapan kami  kegiatan ini dapat membuat perubahan dan disiplin yang berdampak luas (snow ball).  Serta  menjadi efek domino yang positif dan efektif.  Dukungan dan  sentuhan dari hati dan tangan kita. Pasti akan membawa manfaat bagi masa depan bangsa yang lebih baik.

Hormat kami,
Tim Sosialisasi Nasional One For Two
Yayasan Promo Sijori,

 Tertanda

R. Andy Chandra Dipl.PR
Direktur

 ENGLISH

1.         BACKGROUND
A damage of the public consequence of traffic jam on highways on this day reaches a fantastic number. According to the official data which removed by the council of city transportation.  A damage consequence of the national traffic has been reached Rp.32 trillion per year. While the accident in Indonesia is based on the data from the World Health Organization (WHO), is quite high, “the third of biggest death in Indonesia after HIV/AIDS and TBC are traffic accident.  Namely reach 30.000 people for each year. Although losses of material reaches Rp.73 million and almost 70 percent such as caused by dereliction. Although its victim also most of them are still in productive age.” Said Abdul Hakim member of commissioner V DPR- RI clarify. Besides that, traffic and accident is related to domino effect. Like losses of a family member, an important time, waste fuel, stress and others. The traffic because of neglectful or forget to set aside enough space for two-wheel is also very serious. Beside that matter, supported infrastructure such as safety road and comfortable are still not satisfy. When compared with the total of two-wheel vehicle that jumped up very quickly. Beside that matter, supported infrastructure such as safety road and comfortable are still not satisfy. When compared with the total of two-wheel vehicle that jumped up very quickly. When we to point at the BPS statistic. Total of motorcycles in 2009 were 67.336.644 and in 2010 can reach 85.000.000 unit. A very fantastic number when compared with the existing infrastructure and make sure will add to the traffic jam and dangerous accident.
Based on the data, add to a lot of inspiration and the compliance of the society, and experience in the field. Promo Sijori Foundation (notary act Desning SH, No.2 year 2000), has provided solution and advocate for the public and government. Namely by making breakthrough of socialization activity and education which is called “one meter for two wheels one for two.” It is also related to the Act No.22 year 2009 on LLAJ. the socialization activity of One for Two has received a letter of approval from the National Police Headquarter, No. B/829/VII/2011/Korlantas, dated July 29 2011 and furthermore according to the letter in order to coordinate with the Directorate of Traffic Police in each Police district. While the government through Ministry Secretary of the Republic of Indonesia in writing have been welcomed the activity by a letter No.B-327/Kemsetneg/Ormas-LSM/DH.02.02/10/2011.

II.         PURPOSE OF ACTIVITY
Our activity are to build empathy, care and sympathetic of public in tolerant and discipline in traffic. Grow and develop our responsibility together. Socialization activity” One meter for two wheel – One for Two” is one of the national symbol activity in the area of road traffic including:
1.         Remind rider to set aside ‘one meter’ on his left side.
2.         Increasing discipline motorist (motorcyclist) on the left of traffic lane.
3.         Reduce jamming up for the motor rider until there is an alternative transportation.
4.         Grow and develop tolerance and discipline for the sake of togetherness-
5.         Finding and selecting the Ambassador Care Discipline of Two Wheels.
6.         Changing the mindset of entrepreneurs, planners and implementers of road construction.
7.         Encourage the Government to build a line that more secure and comfortable for two-wheel.
8.         Provide motivation and appreciation to the observer /facilitate two-wheel.

III.        PROGRAM TARGETS
Participate improve the character of bajaj driver/car etc. for giving tolerance and respect for ethics and the right of being together especially for two wheels, stimulating public enthusiasm for creativity and innovative in improving attitudes that can harm other people. Encourage awareness among employers so they are willing participate to give them a creative stimulus to improve the system and public behavior that is not good to be mutually beneficial.

IV.        FORMAT ACTIVITIES AND SOCIALIZATION
1.         Socialization in the local media, national, websites, blogs, facebook twitter.
2.         Publication of booklets, brochures, stickers, banners, banner etc.
3.         Talk shows and seminars, interactive discussion.
4.         Photo contest and writing,
5.         Visits to the cities / road show, together with photo exhibition / socialization.
6.         Appreciation of the two-wheel care / provide Charter Awards.

V.         TARGET AUDIENCE
1.         Taxi companies
2.         Bus companies
3.         Driver
4.         Motorcyclist
5.         Public
6.         Student
7.         Pupil / Student

VI.        FINANCING AND COUNTER PERFORMANCE FOR SPONSOR
All of this activity is self-financing and voluntary. In order to raise funds from sponsors we are providing counter performance in accordance with the written agreement. Concerning counter performance that we offer are: placement of sponsor logo on backdrops, banners, brochures, posters, booklets, brochures, stickers, banners, a long flag and etc. Besides that, we also provide Charter Award.

VII.       COOPERATION EVENT / ACTIVITY 
In a series of socialization, we are always ready to invite partners either programmed or spontaneous. Such as for on the program of the Seminar, Conference, Sports, TV Show, Interview on Radio, social event communities, advocacy and public education.

VIII.      SUPPORTING FUND / FUND RISING
In support a fund, Promo Sijori Foundation through National Socialization Team One Meter for Two Wheel. Engage to dig from a reasonable source of funds with sales merchandisers such as Jacket, T-shirt, Vest, Mug etc.

IX.        DISTRIBUTION OF AID / SPONSORSHIP
All assistance, donations from sponsors can be sent to the account;
Yayasan Promo Sijori:
Bank BRI, KK Kebon Sirih Tower, Central Jakarta, Indonesia
Account No.120101000705506. 
BNI Branch Gambir, Central Jakarta, Indonesia
Account No. 0264870188

X.         IMPORTANT FACT IN SOCIALIZATION
1.         Damage consequence the traffic amount Rp.32 Trillion per year.
2.         The accident which killed victim 30.000 people per year and 70% at a young age.
3.         Damage material consequence accidents amount Rp.73 Billion per year.
4.         There are around 85 million units of motorcycles in Indonesia;
5.         The efforts of empathy and strong support and participate with us.

XI.        CLOSING
Thus socialization activity One Meter for Two Wheels - One for Two these we have to say. Our hope this activity can make a difference and discipline that has a wide influence (snow ball). And become a positive domino effect and effective. Support and touch from the heart and our hand. It will bring benefit in the future for a better nation.

Sincerely,
National Socialization Team One For Two
Promo Sijori Foundation,

Signed
R. Andy Chandra Dipl.PR
Director













Trotoar jadi alternatif yang bisa berakibat kecelakaan bagi pejalan kaki. Sidewalks become an alternative came accident for the pedestrian
Pengemudi 'lupa' memberi jalan kepada Roda Dua. Riders “forget” give a way to the two wheels
Saat uji coba SATU METER untuk RODA DUA. At the time of testing ONE METER for TWO WHEELS
Logo 'One for Two
Dukungan ARTIS Calvin Jemeri. Supported actress Calvin Jemeri
Dukungan ARTIS RAN BAND. Supported actress RAN BAND
Dukungan Artis Sandra Dewi.
Kampanye Kementrian Perhubungan 'SELAMATKAN ANAK BANGSA'
Situasi Jalan Raya di Jalan Thamrin depan Sarinah, Jakarta
Dukungan ARTIS Ayu Azhari
Spanduk di dinding Korps Lalu Lintas Mabes Polri, Jakarta
Creator One for Two dengan Petinggi TNI AD
Silahturahmi dan Sosialisasi 'Satu Meter untuk Roda Dua dengan Bapak Presiden SBY dan Keluarga di Jakarta
Roadshow sosialisasi One for Two di Menpora
Satu Meter untuk Roda Dua di Menpora
Road Show di TIM Jakarta - FTJ-2011
Piagam untuk Menteri PU
David, Vokalis NAIF, antusias dengan brosur One for Two
Pulau Penyengat dan Anak-anak. One for Two sudah kesana.
Anak-nak Panti Asuhan di Tanjungpiang
Director I-RADIO di Jakarta



Sosialisasi Brosur One for Two di Jakarta
2Batal Suka ·  ·  · Promosikan ·