Rabu, 24 Oktober 2012

Pengumuman Pemenang Indonesian Radio Awards 2012



Indonesian Radio Awards (IRA) yang pelaksanaannya memasuki tahun ke empat kali ini, kembali memberi penghargaan untuk karya insan-insan radio penyiaran dari seluruh Indonesia. Perhimpunan Pengembangan Media nusantara (PPMN) yang menjadi penyelenggara, memberikan penghargaan untuk beberapa kategori karya radio. Di antaranya Jusuf Ronodipuro Award untuk karya feature jurnalistik, Ken Sudarto Award untuk iklan radio, Niki Kosasih Award untuk drama radio dan penghargaan khusus inovasi program radio terbaik.

Acara pengumuman dan penganugerahan penghargaan berlangsung di Erasmus Huis, Jakarta, Rabu 24 Oktober pagi dan dihadiri oleh praktisi penyiaran, para nominator, dewan juri, perwakilan donor antara lain Kedutaan Besar Belanda di Indonesia yang mengirimkan Wakil Duta Besar Wouter Plomp dan undangan lain dari berbagai kalangan. Acara dipandu oleh Farhan penyiar Delta FM.

Indonesian Radio Awards memberikan penghargaan Program Inovasi terbaik  kepada Radio PR FM Bandung dengan program acara Netizen Foto (juara ketiga), Kampanye Hits Without Violence Prambors FM (juara kedua) dan Kuningan FM dengan program reality show Bagi Modal sebagai juara pertama. Program ini mendapat apresiasi juri karena melakukan pemberdayaan masyarakat, program yang nyata bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh pendengar.

Adapun peraih penghargaan Ken Sudarto Award kategori Iklan Komersil adalah karya berjudul “Colokhan Kabel” dari PT. Komunika Cergas Ilhami Jakarta sebagai juara satu.  Kategori Promo Program tidak memberikan penghargaan terhadap juara satu sedangkan juara dua diraih oleh promo Semanggi Suroboyo Kota FM. Sementara Iklan Layanan Masyarakat yang meraih juara satu adalah “Mudik” dari Hakuhodo Indonesia.  Para juara pertama Ken Sudarto Award mendapat hadiah berupa tiket pendaftaran mengikuti ADFEST di Pattaya Thailand 2013.

Drama Radio yang menerima penganugerahan Niki Kosasih Award diraih oleh “Sang Kanjeng” dari Radio Retjo Buntung Yogyakarta sebagai pemenang kedua. Juri juga tidak menetapkan juara pertama untuk promo Niki Kosasih Award dengan alasan belum terpenuhinya standar maksimal yang diinginkan oleh Indonesian Radio Awards.
Jusuf Ronodipuro Award yang memperlombakan feature jurnalistik, seluruhnya berhasil diboyong oleh para jurnalis  KBR68H Jakarta dengan feature berjudul “Birahi di Balik Jubah Habib” karya Nur Azizah sebagai Juara pertama dan berhak mendapat hadiah kunjungan kerja ke NHK World siaran bahasa Indonesia di Tokyo Jepang.

Direktur Eksekutif Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN), Eni Mulia dalam sambutannya mengatakan “Indonesian Radio Awards menjadi inspirasi bagi dunia radio di Indonesia untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kualitas dalam menghadapi berbagai tantangan dunia radio yang semakin berat dan persaingan yang ketat dewasa ini.”

PPMN adalah lembaga nonprofit yang memprakarasi Indonesian Radio Awards sejak 2009. Lembaga ini aktif dalam upaya peningkatan profesionalisme media dan mengembangkan akses informasi bagi masyarakat di Indonesia dan negara-negara lain di Asia. Khusus di tahun 2011 dan 2012 PPMN menggandeng Aliansi Wartawan Radio Indonesia (Alwari) dalam penyelenggaran IRA.

Daftar pemenang Indonesian Radio Awards 2012

Jusuf Ronodipuro Award (Feature Jurnalistik)
·         Birahi di Balik Jubah Habib – Nur Azizah, KBR68H Jakarta ( Juara 1 )
·         Segenggam Keadilan untuk Perempuan Penyintas – Mellie Cynthia, KBR68H Jakarta ( Juara 2 )
·         Sekolah Memaksaku Beragama – Muhammad Irham, KBR68H Jakarta ( Juara 3 )
Niki Kosasih Award (Drama Radio)
·         Sang Kanjeng - Fahmi Irwansyah, Radio Retjo Buntung Yogyakarta (Juara 2)
·         Awan Hitam – I Made Yogi Astra, LPP RRI Denpasar (Juara 3)

Ken Sudarto Award (kategori Iklan Layanan Masyarakat)

·         Mudik – Hakuhodo Indonesia ( Juara 1 )
·         Abdjad –   Aldy Dewandhana, Havas Adwork ! Indonesia (Juara 2)
·         Gratis SMS –  Doppy Catur Prasetya, Srengenge Culture Club Jogjakarta (Juara 3)

Ken sudarto Award (kategori Iklan Komersil)

·         Colokhan kabel – Dhanisa Nurfira, PT. Komunika Cergas Ilhami Jakarta (Juara 1 )
·         Sembunyi – Aldy Dewandhana, Havas Adwork ! Indonesia (Juara 2 )
·         Strepsils versi Narkoba – Aldy Dewandana, Havas Adwork ! Indonesia (Juara 3)

Ken Sudarto Award (kategori Promo Program)

·         Semanggi Suroboyo - Ahmad Fauzan, Radio Kota FM Surabaya ( Juara 2 )
·         Mbah Bolong Ngaji di Penjara – Windy Renitasari, Radio Kartika FM Jombang (Juara 3 )

Penghargaan Khusus Inovasi Program

·         Bagi Modal – Pandu A. Hamzah, Radio Kuningan FM Kuningan  (Juara 1)
·         Hits Without Violence – Junas Miradiarsyah, Radio Prambors FM (Juara 2)
·         Netizen Foto PR FM – Ahmad Abdul Basith, PR FM Bandung (Juara 3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar