Rabu, 22 Januari 2014

Putaran Final Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional di Goethe-Institut Jakarta

LIPUTANSATU, JAKARTA - Siapakah yang berhasil menjadi juara dalam kompetisi bahasa Jerman se-Indonesia? Enam puluh lima pembelajar bahasa Jerman dari 25 provinsi di Indonesia akan berkumpul di Goethe-Institut Jakarta pada tanggal 21 dan 23 Januari 2014 untuk memperebutkan gelar sebagai juara.

Olimpiade Bahasa Jerman: 21 Januari 2014, 09.00 – 16.00 WIB, Goethe-Institut Jakarta, Jl. Sam Ratulangi 9-15 Menteng, Jakarta Pusat
Pengumuman Pemenang: 23 Januari 2014, 10.00 – 13.00 WIB, Goethe-Institut Jakarta, Jl. Sam Ratulangi 9-15 Menteng, Jakarta Pusat

Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional diadakan setiap tahun sejak tahun 2008 oleh Goethe-Institut Indonesien, bekerja sama dengan Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jerman serta didukung oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bahasa dan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman.

Lebih dari 400 siswa dari seluruh Indonesia ambil bagian dalam proses seleksi di daerah pada bulan November dan Desember 2013, dimana mereka harus memberikan kemampuan berbahasa Jerman mereka yang terbaik. Enam puluh lima orang finalis dari 25 provinsi yang berusia antara 16-17 tahun akan datang ke Jakarta untuk mengikuti ujian bahasa Jerman tingkat A2. Dalam ujian tersebut mereka akan memilih/mendapatkan tema bagaimana mengatasi situasi sehari-hari dalam bahasa Jerman, seperti memahami acara radio, melakukan percakapan mengenai minat dan hobi, memahami informasi dari sebuah surat atau artikel surat kabar atau menulis pesan. Adapun topik-topik yang dibahas di antaranya „keluarga”, „bepergian”, „tempat tinggal”, „sekolah” dan „kehidupan sehari-hari di Jerman dan di Indonesia”. Adapun format dari kompetisi ini adalah tes tertulis dan berbicara. Sementara untuk guru-guru pendamping akan disediakan kegiatan khusus berupa pelatihan kebahasaan.

Enam siswa dengan nilai terbaik akan berkesempatan mengunjungi negara Jerman melalui 4 beasiswa dari PAD (Pädagogischer Austauschdienst - Dinas Pertukaran Pendidikan) dan 2 beasiswa kursus remaja di Goethe-Institut Jerman. Juara pertama dan kedua akan mewakili Indonesia pada ajang Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Internasional yang diselenggarakan oleh Goethe-Institut di Frankfurt, Jerman.

Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional adalah salah satu bentuk kesuksesan dalam kerja sama pendidikan antara Goethe-Institut dengan sekolah-sekolah menengah yang mengajarkan bahasa Jerman di seluruh Indonesia. Bagian Kerja Sama Pendidikan Goethe-Institut bekerja sama dengan dinas pendidikan pusat dan daerah, serta ikatan-ikatan guru bahasa Jerman di Indonesia untuk mempromosikan bahasa Jerman di sekolah-sekolah dan universitas-universitas. Program-program kebudayaan yang ditujukan untuk guru maupun siswa seperti pameran-pameran, lomba-lomba, konser-konser, beasiswa-beasiswa dan program-program kunjungan merupakan cerminan dari iklim budaya dan politik di Jerman. Kesuksesan tersebut juga tidak lepas dari dukungan 22 sentra bahasa Jerman yang dimotori oleh para „multiplikator“ di seluruh Indonesia.


Finals of the National “German Language Olympics“ at the Goethe-Institut Jakarta

Who deserves the gold medal for German-language-skills?
65 Indonesian students from 25 provinces will gather at the Goethe-Institut Jakarta on January 21st and 23rd 2014 to compete for the title



German Language Olympics: January 21, 9.00 am – 4.00 pm, Goethe-Institut Jakarta, Jl. Sam Ratulangi 9-15 Menteng, Jakarta Pusat
Award Ceremony: January 23, 10.00 am – 1.00 pm,  Goethe-Institut Jakarta, Jl. Sam Ratulangi 9-15 Menteng, Jakarta Pusat

The national “German Language Olympics” in Indonesia are held annually since 2008 and are organised by the Goethe-Institut Jakarta in collaboration with the National Association of German Teachers (IGBJI) and the local teachers’ association MGMP (German) and is supported by the National Center for Development and Empowerment of Language Teachers and Education Personnel (PPPPTK Bahasa) and the German Embassy.

A total of 400 students from all over the country have put their language skills to the test in preliminary rounds in November and December 2013. The 63 finalists coming to Jakarta in January are between 16 and 17 years old and will face the task to master everyday situations in German: understanding radio programmes, having short conversations about their interests and hobbies, gathering information from letters or newspaper articles or writing personal messages. Themes treated are “Family”, “Travelling”, “My Home”, “My School” and “Everyday Life in Germany and Indonesia”. The competition formats include written tests, and conversations. Educational workshops for the German teachers accompanying the contestants are part of the programme as well. 

Price for 4 winners is a grant to Germany kindly offered by the Pädagogischer Austauschdienst (PAD).
Winner 1 and 2 will represent Indonesia at the “International German Language Olympics of the Goethe-Insitut” in Frankfurt in August 2014.
Prizes will be awarded by representatives of the German Embassy, the Ministry of Education and Culture of Indonesia, the Goethe-Institut and the Teachers’ Association.

The national “German Language Olympics” is one of the many formats of a successful educational cooperation of the Goethe-Institut with the German departments of secondary schools all over Indonesia. The Teacher Liaison unit of the Goethe-Institut works with national and local education authorities and German teacher associations in Indonesia to promote German in schools and universities.  Cultural events aimed at both teachers and students of German, such as exhibitions, competitions, concerts, study grants and visitors' programmes mirror the current cultural and political climate in Germany. A network of 23 Centres of German run by “multipliers” currently supports these activities of the Goethe-Institut nationwide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar