Jumat, 17 Januari 2014

Tur pameran bersama Jörg Brüggemann (Fotograer OSTKREUZ)





LIPUTANSATU- OSTKREUZ- Agentur der Fotografen, bekerja sama dengan Goethe-Institut Indonesien, dan didukung oleh Galeri Nasional Galeri Foto Jurnalistik Antara dan Turkish Airlines( mempersembahkan pameran "Die Stadt - Vom Werden und Vergehen" (Kota - Tentang Kebangkitan dan Keruntuhan) yang akan berlangsung pada tanggal 24 Januari – 7 Februari 2014.

Pembukaan pameran berlangsung hari Kamis, 23 Januari 2014, pukul 19.00 WIB di Galeri Nasional di Jakarta.

Tempat lahirnya kebudayaan, tempat meleburnya kebudayaan, mentalitas, agama dan gagasan – kota adalah tempat berkumpulnya hasrat akan keamanan, kebebasan, dan kemakmuran. Di sini terjadi perjumpaan antara hal-hal yang dapat saling menghindari atau pun takkan pernah bertemu di kawasan rural. Kota melepaskan belenggu asal-usul dan keluarga, memaksakan dan mendukung pencapaian luar biasa di bidang budaya dan sosial. Kota mengumpulkan kemiskinan yang amat sangat, namun sering kali juga merupakan satu-satunya kesempatan untuk melepaskan diri dari cengkeramannya. Di kota, setiap orang merupakan bagian dari suatu keseluruhan yang bermakna, tetapi sekaligus hanya menjadi salah satu komponen kecil yang tidak penting. Kota menawarkan kedekatan dan menciptakan anonimitas. Kota adalah segala sesuatu dan sekaligus kebalikannya – pada waktu yang sama, di tempat yang sama. Kota menyimpan masa depan dunia.

Dengan pameran ini OSTKREUZ merayakan hari jadi ke-20. Kedelapan belas fotografer yang bernaung di bawah agensi OSTKREUZ melakukan penjelajahan untuk mencari intisari realitas perkotaan masa kini. Para fotografer merancang proyek ini bersama-sama dan mengumpulkan foto mengenai kebangkitan dan keruntuhan urban dari 22 kota di seluruh dunia – sebuah proyek fotografi jangka panjang yang sampai sekarang belum ada duanya mengenai tema ini.

Upaya inventarisasi ini dipicu oleh tercapainya rekor baru terkait urbanisasi pada tahun 2008. Untuk pertama kali lebih banyak orang berdiam di kota daripada di kawasan pedesaan. Proses yang tidak terbendung ini sudah teramati sejak masa industrialisasi abad ke-19. Dewasa ini telah ada 25 mega-kota yang berpenduduk lebih dari sepuluh juta jiwa. Sementara itu, di seluruh dunia ada kota yang malah menyusut atau dihancurkan.

Sibylle Bergemann, Jörg Brüggemann, Espen Eichhöfer, Annette Hauschild, Harald Hauswald, Pepa Hristova, Andrej Krementschouk, Ute Mahler, Werner Mahler, Dawin Meckel, Julian Röder, Thomas Meyer, Frank Schinski, Jordis Antonia Schlösser, Anne Schönharting, Linn Schröder, Heinrich Völkel dan Maurice Weiss menggali apa sesungguhnya hakikat kota.

OSTKREUZ didirikan tahun 1990 oleh tujuh fotografer di Berlin dan termasuk agensi foto terpenting di Jerman. Saat ini agensi tersebut beranggotakan delapan belas orang. Hampirsemuanya pernah meraih penghargaan tingkat nasional maupun internasional. Karya mereka dapat ditemui di banyak koleksi seni di seluruh dunia.

Goethe-Institut menghadirkan tour pameran fotografi 'Kota' di Asia Tenggara. Setelah sukses dipamerkan di Vietnam, Kini giliran publik Indonesia berkesempatan menyaksikannya di Jakarta.

Khusus untuk penyelenggaraannya di Jakarta, pameran fotografi 'Kota' kali ini turut memamerkan sejumlah karya dari fotografer Indonesia, Fanny Octavianus. Selama 7 tahun ia bekerja di Antara News Agency/Jakarta, ia telah mengumpulkan perspektifnya sendiri tentang Jakarta. Absurditas, kompleksitas, dan ketegangan pengalamannya terlihat secara visual dalam proyek ini. Seluruh karya Fanny untuk proyek ini akan disusun menjadi sebuah buku foto berjudul "JKT" dan dijadwalkan untuk diluncurkan di tahun ini.

*********************************************************************************

Pameran Buku Fotografi: Jerman – Jepang - Indonesia
Jakarta | PannaFoto Institute
Jl. Kemang Utara No. 42 | Tel : +62 21 71790445

Pembukaan dan Diskusi: Sabtu, 18 Januari 2014 | 16.00 – 17.30 WIB
Pameran: 18 Januari – 5 Februari 2014 | Selasa-Minggu 10.00 – 18.00 WIB
Masing-masing pembicara dapat diwawancarai secara perseorangan setelah konferensi pers.

*********************************************************************************

Sebagai kelanjutan dari rangkaian pameran Deutscher Fotobuchpreis yang telah berlangsung sejak tahun 2008, Goethe-Institut Indonesien akan menggelar kembali pameran Deutscher Fotobuchpreis 2013.

Sejak lebih dari 30 tahun penghargaan ini telah diberikan setiap tahunnya oleh Asosiasi Pengusaha Retail, Distributor dan Penerbit Buku Jerman, Kantor Negara Bagian Baden-Württemberg. Semula penghargaan ini bernama Kodak-Photobuchpreis yang kemudian sejak tahun 2005 dinamakan "Deutscher Fotobuchpreis".

Gelar pemenang "Deutscher Fotobuchpreis – Siegertitel"- adalah gelar yang sangat bergengsi di dunia fotografi. Buku-buku yang memenangkan penghargaan ini adalah buku-buku pilihan yang memiliki kualitas fotografis tinggi, dikemas dengan memperhatikan segi estetika serta menampilkan pencapaian teknik-teknik fotografi.

Adapun jenis kategori penghargaan yang diberikan: 
• Penyandang gelar “Gold“ 
• Penyandang gelar “Silver“ 
• Nominasi
Dewan Juri terdiri dari kumpulan para ahli yaitu fotografer, jurnalis untuk bidang tertentu, kurator, desainer dan distributor penjualan buku. Tim juri inilah yang telah memilih judul buku sebagai penyandang gelar nominasi dari keseluruhunan judul buku yang diterima. Dari sejumlah buku penyandang gelar nominasi tim juri kembali menentukan judul buku yang mendapatkan gelar pemenang Gold atau Silver.
Memasuki tahun ke-6 event ini terasa spesial dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain memamerkan buku foto pemenang dan nominasi Penghargaan Buku Fotografi Terbaik Jerman 2013, buku foto Jepang pilihan dari Japan Foundation hadir di pameran untuk pertama kalinya bersama buku foto Indonesia untuk kedua kalinya.

Goethe-Institut Indonesien, PannaFoto Institute dan Japan Foundation dengan senang hati mengundang Anda untuk menghadiri pembukaan pameran.



---------- ENGLISH VERSION ----------


Press Release January 16, 2014

Celebrating a Month of Photography with the Exhibitions “The City - Becoming and Decaying”
and “Photo Book Exhibition: Germany – Japan – Indonesia“

*********************************************************************************

In this month of January, the Goethe-Institut in Indonesia takes a look at contemporary photography in Germany, Indonesia and the world. As a highlight we will present the exhibition: “The City – Becoming and Decaying”. In addition, we are once again showing the annual photo book exhibition, which for the first time is done in collaboration with the Japan Foundation. Also part of this month is a youth photo competition (details on akudankotaku.com) and photography workshops for professionals and students.
For further information please contact:

Nadine Freischlad
PR Coordinator at Goethe-Institut Indonesien
Nadine.freischlad@jakarta.goethe.org
+62 21 235 502 08 – 145

*********************************************************************************

The City - Becoming and Decaying
Jakarta | Galeri Nasional
A and C Building
Jl. Medan Merdeka Timur, Gambir

Opening: January 23, 2014, 7pm
Exhibition: January 24 – February 7, 2014, 10am - 8pm
Free entry

*********************************************************************************

Exhibition tour with Jörg Brüggemann (OSTKREUZ photographer) January 23rd, 2014, 7.30 pm

*********************************************************************************

OSTKREUZ- Agentur der Fotografen, in collaboration with Goethe-Institut Indonesien, and supported by the Galeri Nasional Indonesia, Galeri Foto Jurnalistik Antara and Turkish Airlines, present the exhibition “Die Stadt - Vom Werden und Vergehen” (The City - Becoming and Decaying) which will be on show in Jakarta from 24th January until 7th February.
The exhibition opening will take place on Thursday, January 23, 2014, 7pm at Galeri Nasional in Jakarta.

The city is the origin of civilization, melting pot of cultures, mentalities, religions and ideas. Each day around the world almost 200.000 people are moving from the countryside to the cities, looking for a better life, security, freedom and prosperity. The city offers great chance, but also great risks for each individual: poverty, criminality and anonymity as well as blatant contrasts which shape many megacities today. Although: The city is the future of the world, the place which determines how people will henceforth live together.

With this exhibition, OSTKREUZ celebrates its 20th anniversary. The 18 photographers of the German agency OSTKREUZ are on the quest for finding the urban realities of today: How are people living in Tokyo and Manila, Lagos and Las Vegas, Berlin, Minsk and Gaza? Made up of overall 22 cities around the globe, the photographers have concentrated their personal impressions into photographic essays – a once-only long-term project. Shown are cities as places of future hope, but also in a way in which they seem to perish under the waste and chaos. All pictures present as a whole: the city of the future.

Sibylle Bergemann, Jörg Brüggemann, Espen Eichhöfer, Annette Hauschild, Harald Hauswald, Pepa Hristova, Andrej Krementschouk, Ute Mahler, Werner Mahler, Dawin Meckel, Julian Röder, Thomas Meyer, Frank Schinski, Jordis Antonia Schlösser, Anne Schönharting, Linn Schröder, Heinrich Völkel and Maurice Weiss are the photographers presented in the exhibition.

OSTKREUZ was established in 1990 by seven photographers in Berlin and now is one of the most important German photo agencies. At this time, the agency has 18 members. Almost all of them have received national and international awards. Their work can be found in art collections across the world.
Goethe-Institut takes the photography exhibition „The City“ on a Tour through Southeast Asia. After a successful exhibition in Vietnam, its current stop is now in Jakarta, Indonesia.

In Jakarta, a number of works of the Indonesian photographer Fanny Octavianus will be added to the show. During his 7 years of working in Jakarta at in Antara News Agency, he has gathered his own perspectives of Jakarta. The absurdity, complexity, and tension of his experience are described visually in this project. The complete works of this project are currently being compiled into a photo book called "JKT" scheduled to be launched sometime this year.

*********************************************************************************

Photo Book Exhibition: Germany – Japan - Indonesia
Jakarta | PannaFoto Institute
Jl. Kemang Utara No. 42 | Tel : +62 21 71790445

Opening and discussion: Saturday, January 18th 2014 | 4pm – 5.30pm
Exhibition: January 18 – February 5 2014 | Tuesday - Sunday 10am – 6pm

*********************************************************************************

In continuation of the exhibition of the German Photo Book Award which has been going on since 2008, Goethe-Institut Indonesien brings you the German Photo Book Award exhibition 2013.

The German Photo Book Award holds high esteem in the world of photography. The books which win this award are selected books of a very high photographic quality, with special care taken towards design and presentation. They are a showcase of current photographic techniques. The price is awarded in the category “gold”, “silver” and “nomination”.

The jury is made up of experts: photographers, journalists, designers and book distributors. This team chooses the titles to be nominated from all titles it receives, and from there decides which receive the Silver and Gold titles.

Going into its 6th year now in Indonesia, this year feels special – not only are we showing the winners and nominees of the German Photo Book Award 2013, but also, for the first time, a selection of Japanese photo books, chosen by the Japan Foundation. And for the second time, there will also be a selection of books from Indonesia. Goethe-Institut Indonesien, PannaFoto Institute and the Japan Foundation are looking forward to your visit.


____________________

Nadine Freischlad
Koordinator Hubungan Masyarakat
Beauftragte für Öffentlichkeitsarbeit

Goethe-Institut Indonesien
Jl. Sam Ratulangi 9-15, Menteng
Jakarta 10350

Tel. +62-21-23550208 - 145
Fax. +62-21-23550021

www.goethe.de/indonesien
Newsletter

f_logorounded_25  Twitterbirdblueonewhite_25
____________________



Tidak ada komentar:

Posting Komentar