Selasa, 06 Mei 2014

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta akan mengadakan diskusi publik dengan tema “Mencari Pemimpin Baru yang Peduli Lingkungan”

LIPUTANSATU.COM - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta  akan mengadakan diskusi publik dengan tema “Mencari Pemimpin Baru yang Peduli Lingkungan”.

Sebagaimana diketahui, dampak perubahan iklim dirasakan kian masif. Dampak yang dirasakan diantaranya cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan badai yang terjadi di beberapa kota di Indonesia. Naiknya suhu, tidak hanya berdampak pada alam, tetapi juga berpengaruh buruk pada kesehatan, rumah, dan makanan.

Kebijakan yang dibuat oleh para pemimpin di eksekutif maupun legislatif sangat berperan dalam mencegah bertambah parahnya pemanasan global. Untuk itu, pemilihan umum presiden dan wakil presiden dua bulan mendatang, harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dengan menggunakan hak pilihnya secara cerdas untuk memilih sosok pemimpin yang peduli akan isu lingkungan. 
 
Bagaimana masyarakat bisa melihat apakah calon pemimpin bangsa tersebut peka memikirkan nasib rakyat dan lingkungan untuk membuat perubahan yang lebih baik, terutama dalam kaitan isu lingkungan di Indonesia.
 
Dalam kesempatan ini, kami juga akan mengumumkan beasiswa liputan perubahan iklim untuk Jurnalis se-Indonesia. Untuk itu, kami mengundang rekan jurnalis untuk hadir dan meliput diskusi tersebut. Diskusi akan dilaksanakan pada:
Hari, tanggal : Rabu, 7 Mei 2014
Pukul              : 09.00 WIB – selesai (diakhiri makan siang)
Tempat           : Ruang Rosewood, Hotel Royal Kuningan, Jl. Kuningan Persada Kav.2, Setiabudi, 
  Jakarta Selatan (Samping kantor KPK)
Narasumber   : 1. Wahyuningsih Darajati dari Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) 
                          2. Arief Yuwono dari Kementerian Lingkungan Hidup   (KLH)
                          3. Abetnego Tarigan, Direktur Eksekutif Walhi Nasional

Untuk informasi dan konfirmasi dapat menghubungi panitia, Rio dan Nisa di Sekretariat AJI Jakarta Jl. Kalibata Timur IV G No 10 Jakarta Selatan. Telp (021) 7984105. Email ajijak@cbn.net.id

Jakarta, 5 Mei 2014
Salam, 

 
Umar Idris
Ketua AJI Jakarta
 
 
 
 
----------
Agenda Acara
Pengumuman Beasiswa Liputan Perubahan Iklim AJI Jakarta ICCTF
 
I. Pembukaan oleh MC.  

II. Keynote Speech oleh Wamen Perencanaan Pembangunan Nasional/ Wakil Kepala Bappenas,  Lukita Dinarsyah Tuwo.

III. Diskusi menghadirkan Narasumber :

1. Ir. Wahyuningsih Darajati Msc, National Project Director  Indonesia Climate Change Trust Fund  (ICCTF) / Direktur Lingkungan Hidup Bappenas. ICCTF akan memaparkan apa saja dampak perubahan iklim saat ini dan   program apa yang telah dilaksanakan untuk mengatasinya.
 
2. Ir. Arief Yuwono MSc, Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup. KLH akan menerangkan programnya dalam pengendalian kerusakan lingkungan dan dampak perubahan iklim.
 
3. Abetnego Tarigan, Direktur Eksekutif Walhi Nasional akan memaparkan potensi pemilih pada Pemilu 2014 untuk memilih sosok pemimpin yang peduli lingkungan serta kritikannya terhadap kebijakan politik pemimpin yang sekarang terkait isu lingkungan dan harapannya terhadap pemimpin baru pada Pemilu Presiden 2014. 

 
IV.  Pengumuman Beasiswa Liputan Perubahan Iklim AJI Jakarta- ICCTF 2014 oleh Riza Primadi.

V.   Pengumuman hadiah utama oleh Direktur Program GIZ (Deutsche Gesellsehaft Fur Internationale Zusammenarbeit) Stefan Bundscherer.

VI.  Penutup diakhiri makan siang.
 
-------------------------------------------
AJI Jakarta
Jl. Kalibata Timur IVG No.10
Kalibata, Jakarta Selatan 12740
Telp./Faks. (021) 798 4105
t: @AJI_JAKARTA
-------------------------------------------
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar