Sabtu, 09 Juni 2012

43 Anak Indonesia dipulang ke Tanah Air

Belakangan ini marak berita tentang warga Australia Schapelle Corby. Banyak yang bilang bahwa grasi yang didapatkan Schapelle Corby ada hubungannya dengan masalah anak-anak Indonesia di Australia. Tapi hal ini sama sekali tidak benar lho. Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr baru-baru ini menjelaskan:

“Walaupun seandainya tidak ada Schapelle Corby di penjara Bali kami tetap akan membebaskan anak-anak (Indonesia), anak di bawah umur di kapal nelayan yang terjaring melalui penyelundupan manusia. Kami tetap akan membebaskan mereka.

Kami akan membebaskan mereka karena semata-mata tidak pantas untuk mengurung di penjara dewasa Australia anak-anak dari Indonesia yang terjaring di kapal nelayan yang disalah-gunakan untuk penyelundupan manusia. Ini adalah proses yang akan dilakukan di sini dan tidak pernah ada dalam perundingan tahap apa pun Pemerintah (Australia) dengan mitra kerja Indonesia kami di mana kami mengatakan bahwa kami akan membebaskan anak-anak dari penjara kami bila anda mempertimbangkan permohonan grasi oleh Nn. Corby.”

Penyelundupan manusia itu adalah kejahatan baik di Australia maupun Indonesia. Menurut kebijakan Australia, kalau awak kapal Indonesia yang terlibat dalam penyelundupan manusia ternyata masih di bawah umur, mereka akan dipulangkan. Tahun ini, 43 anak-anak telah dipulangkan.


 https://www.facebook.com/australianembassyjakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar