Selasa, 25 Februari 2014

UIN JAKARTA GELAR EVENT EKONOMI ISLAM MENYAMBUT MEA 2015

LIPUTANSATU - Sebagai bentuk peran aktif dalam perkembangan dunia Ekonomi Islam dan sebagai bentuk kontribusi dalam persiapan menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) 2015, UIN Syarif Hidayatullah menyelenggarakan pekan ekonomi Islam bernama Week of Sharia Economic Exhibition 2014 (WeSHARE) dengan tema “Peran Ekonomi Islam dalam Menghadapi MEA 2015”.
Tak terasa bahwa di tahun depan kita sudah menghadapi MEA. Tujuan pembentukannya adalah mewujudkan integrasi ekonomi yang terimplementasi pada AEC (Asean Economic Community) Blueprint. Adapun isi dari AEC Blueprint ini secara garis besar adalah mewujudkan aliran perekonomian yang bebas, meningkatkan daya saing, dan mewujudkan integrasi dengan perekonomian global. Kesepakatan yang dilahirkan saat KTT Asean ke-9 di Bali tahun 2003 ini seharusnya lebih dianggap sebagai kesempatan dibandingkan ancaman, dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Indonesia. Jika berbenah serta terus meningkatkan daya saing, Indonesia diyakini bukan hanya menjadi bahan eksploitasi atau eksplorasi namun menjadi partisipan aktif. Mengingat bahwa MEA juga bisa menjadi momentum Indonesia untuk menunjukkan performa terbaiknya.
Namun, pertanyaan yang sering mengemuka terkait dengan pemberlakuan MEA 2015 ini adalah siapkah masyarakat Indonesia secara keseluruhan menghadapinya? Ini lantaran MEA memberikan peluang yang harus diraih sekaligus tantangan yang harus dihadapi. Terlebih ekonomi Islam di Indonesia yang terus mengalami pertumbuhan yang meningkat tiap tahunnya. Sehingga diharapkan dengan adanya MEA ini, ekonomi Islam di Indonesia akan lebih berkembang ke arah yang lebih baik.
Salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam menyiapkan MEA 2015 adalah dengan terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Baik dalam dunia pendidikan  maupun industri lainnya. Dengan itu, WeSHARE mengadakan berbagai ajang kompetisi, seminar dan diskusi yang bersifat ilmiah yang mengikutsertakan pelajar SMA, guru-guru SMA, mahasiswa, serta masyarakat umum. Yang mana rangkaian event ini dilaksanakan mulai tanggal 5 – 8 Maret 2013. Even di hari pertama yaitu seminar yang bertemakan “ Peran Institusi Pendidikan Dalam Mencetak SDM Ekonomi Islam Yang Handal, Kreatif, dan Amanah”. Dengan mendatangkan narasumber yang sudah tidak diragukan lagi kapabilitasnya dalam bidang pendidikan seperti Prof. H. Amin Suma SH, MA, MM (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan juga Hendri Tanjung (Senior Economic Researcher). Lalu dilanjutkan dengan rangkaian perlombaan olimpiade ekonomi Islam tingkat SMA se-Jabodetabek dan perlombaan essay tingkat mahasiswa se-nasional. Event ini ditutup dengan seminar nasional yang bertemakan “Peran Ekonomi Islam Dalam Menghadapi MEA 2015”. Yang akan menampilkan Anies Baswedan, Rifki Ismal Ph.D (Senior Researcher in BI), dan Nuruddin M. Ali., MA., M.Sc (Economic Researcher) sebagai pembicara.
Diharapkan dengan adanya kegiatan Week of Sharia Economic Exhibition 2014 ini dapat memunculkan bibit baru dalam penguasaan bidang ekonomi Islam yang memahami permasalahan ekonomi Indonesia sehingga ke depannya ekonomi Islam bisa terimplemetasi secara kontekstual, salah satunya dalam menghadapi MEA 2015. Untuk detail event dapat diakses melalui weshare2014.wordpress.com.

TEMA KEGIATAN
“Peran Ekonomi Islam dalam Menghadapi MEA 2015”
TUJUAN :
·         Sebagai wujud nyata dukungan dan berpern aktif terhadap perkembangan ekonomi Syariah.
·         Sebagai momentum silaturrahmi berbagai unsur masyarakat, baik pelajar, akademisi, praktisi, serta masyarakat umum untuk memahami lebih jauh mengenai ekonomi syariah dalam nuansa edukatif.

Week of Sharia Economic Exhibiton atau disingkat WeSHARE 2014 hadir dengan rangkaian perlombaan, seminar,diskusi, bazar, dan sebagainya.
Untuk Pendaftaran Seminar 1, ketik :
Seminar 1_Nama Lengkap_Instansi/ Universitas/ Asal Sekolah
Kirim ke : 085718561525 ( Meliawati)
Fasilitas Seminar 1 : Handout materi, Blocknote, Snack, Lunch, dll

Untuk Pendaftaran Seminar 2, ketik :
Seminar 2_ nama lengkap_Instansi/ Universitas/ Asal Sekolah
Kirim ke : 085718561525 ( Meliawati)
Fasilitas Seminar 2 : Handout materi, Blocknote, Snack, Lunch, dll


Pembayaran HTM seminar melalui rek :
Nomor Rekening : 1003017342
Bank BRI Syariah ( a.n. Meliawati)

Untuk Pendaftaran Olimpiade, ketik :
WESHARE_OLIMPIADE_Nama Peserta1/Nama Peserta2/Nama Peserta3_Asal Sekolah
Kirim ke : 08571108258 (Nidaul Hasanah)

Pembayaran HTM Olimpiade melalui rek :
Nomor Rekening : 5400206000685
Bank BJB Syariah ( a.n. Nidaul Hasanah), atau
Nomor Rekening : 1511-01-004596-50-8
Banak BRI  (a.n. Nidaul Hasanah)
Fasilitas : Tiap peserta yang terdaftar Olimpiade Free Seminar 1 & Free Seminar 2

Untuk Pendaftaran Essay, ketik :
ESSAY_WESHARE_nama lengkap_asal kampus_3 kata pertama judul essay
Kirim ke  08571108258 (Nidaul Hasanah)

Pembayaran HTM Essay melalui rek :
Nomor Rekening : 5400206000685,atau
Bank BJB Syariah ( a.n. Nidaul Hasanah), atau
Nomor Rekening : 1511-01-004596-50-8
Banak BRI  (a.n. Nidaul Hasanah)
Pentujuk Teknis Lomba dapat di download di weshare2014.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar