Senin, 04 Juni 2018

Mengenal Lebih Dekat Masjid Al-Ukhuwah, Batam

LiputanSatu.Com - Masjid Al-Ukhuwah yang terletak di Komplek Ruko Citra Permai.  Depan Hotel Novotel Batam (sekarang bernama Travelodge) mempunyai keistimewaan tersendiri.  Selain Masjid ini dikelola oleh seorang pengusaha sukses bernama Haji Ali dan masyarakat setempat. Ternyata di dalam Masjid ini tingkat kenyamanannnya satara dengan Masjid Wapres di jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat. 

Meskipun daerah sekitar Masjid Al-Ukhuwah ini berdekatan dengan kawasan pelabuhan tradisional Tanjung Uma, Batam. Namun disisi lain jika anda mengetahui salah satu hotel di Batam yang berbentuk kapal pesiar yakni Hotel Pacific, maka Masjid Al_ukhuwah ini ada disebelah kanannya. Namun penataan dan penambahan bangunan terus dikerjakan oleh donatur dan para pengurus Masjid. 

Menurut catatan  Sistem Informasi Masjid  (SIMAS) yang dikeluarkan oleh  Kementerian Agama RI, Direktorat Urusan Agama Islam dan Urusan Syariah,  Dirjen Bimas Islam bahwa Masjid Jami Al-Ukhuwah di Batam ini memiliki  nomor urut 10 dengan No. ID Masjid No:  01.4.10.06.02.000034. 

Dalam kunjungan penulis untuk yang pertama kalinya di Masjid Al-Ukuwah pada Ramadhan tahun 2018 ini, tampak Masjid ini terus berbenah dan memanjakan para tamu Allah dengan menambah teras depan. Sajian untuk berbuka puasa bersama dan makam malam setelah ibadah sholat Magrib dilakukan di depan Masjid Al-Ukhuwah ini. Masjid ini saat ini juga sedang menerima dan menyalurkan zakat fitrah dan zakal mal.

Selama bulan Ramadhan, banyak penceramah dari para Ustadz dari luar kawasan Masjid tersebut  kagum dengan kenyamanan Masjid tersebut seraya memanjatkan doa untuk donatur Masjid dan pengurus Masjid Al-Ukhuwah serta jamaahnya. Mudah-mudahan kaum muslimin dan muslimat secara individual yang akan membangun Masjid di daerahnya dapat juga mencontoh Masjid Al-Ukuwah ini khususnya dibagian interior dan kemajemukan pengurusan Masjidnya.(RAC)

WA: 081294004611



L

Tidak ada komentar:

Posting Komentar