Selasa, 24 Juli 2012

PERMATA BANK DAN KEDUBES BELANDA ADAKAN LOMBA FOTO JOURNALIST

Dari kiri ke kanan; Mr.Ton van Zeeland (Director of Eramus Huis, Head of the Press & Cultural Section - Netherlands Embassy)  Mrs. Leila Djafaar (Executive Vice President, Head of Corporate Affairs PermataBank) John Stanmeyer (Regular Contributor National Geographic & tergabung dalam Agensi Foto VII) dan MC



LIPUTAN SATU - Program Permata PhotoJournalist Grant mendukung pewarta foto Indonesia untuk meningkatkan cerita yang terkait dengan pendidikan dalam masyarakat yang sejalan dengan misi Corporate Social Responsibility Permata Bank. Program ini adalah program pertama yang didedikasikan untuk membawa perkembangan bagi pewarta foto muda di Indonesia.



Peluncuran & Diskusi Permata PhotoJournalist Grant 2012, yang  diselenggarakan pada Selasa, 24 Juli 2012 di Ozone Lounge PermataBank Tower, Jl. Jend Sudirman Kav. 27, Jakarta. Hadir sebagai pembicara adalah Leila Djafaar, Executive Vice President, Head of Corporate Affairs PermataBank. Ton van Zedeland , Director of Eramus Huis, Head of the Press & Cultural Section - Netherlands Embassy  dan John Stanmeyer Regular Contributor National Geographic & tergabung dalam Agensi Foto VII.

Beriku kami sampaikan siaran pers dari Permata Bank dan Kedutaan Besar Belanda (Erasmus Huis). Sejalan dengan komitmen permatabank untuk meningkatkan kualitas pewarta poto di Indonesia melalui program pendidikan yang berkesinambungan. Permata photojournalist grant (PPG) kembali diselenggarakanuntuk kali yang kedua. Selain didukung  oleh  pannaFOTO Institut-mitra World  press photo Indonesia (PFI), untuk PPG  yang kedua ini  Erasmus Huis  juga turut berpartisipasi.  

Hadir dalam peluncuran  program PPG II pada 24 Juli 2012, Leila Djafaar-Executive Vice President, Head Corporate Affairs PermataBank; Ton van Zeeland, Director of the Press & Cultural  Section  Kedutaan  Belanda; John Stanmeyer, Reguler Contributor National Geographic  yang tergabung  dalam Agensi  Foto VII; Jerry Adiguna – Ketua Pewarta Foto  Indonesia dan Sinartus Sosrodjojo – Advisor of PannaFoto Institute.

Pendaftaran PPG II dibuka bagi  seluruh Pewarta Foto dari tanggal 24 Juli hingga 9 September     2012, dimana kelas akan dimulai pada akhir September hingga November dengan durasi dua kali     seminggu selama periode program. Diakhir program setelah para peserta mempersentasikan hasil foto bertuturnya (Photo Story), karya mereka akan di tampilkan kepada masyarakat umum     pada bulan Desember 2012.

Khusus di tahun 2012 ini akan ada pengajar tamu fotografer internasional dari Belanda yang akan memberikan  pelatihan secara langsung kepada para peserta, selain beberapa pengajar tetap dari PannaFoto Institute yang tentunya telah mendapatkan sertifikasi dari World Press Photo seperti Edy Purnomo,Ahmad ‘Deny’ Salman dan Ng Swan Ti. Pada PPG I tahun 2011 yang      lalu, Sasa Kraji Pewarta Foto asal Kroatia juga berkesempatan untuk ikut berbagi ilmu dengan para peserta.

Beberapa rangkaian program telah dilakukan sebelum peluncuran PPG II ini diselenggarakan, seperti John Stanmeyer Workshop pada tanggal 23 Juli 2012 di Erasmus Huis yang diikuti  peserta terseleksi, kemudian ada Presentasi foto dan diskusi dengan topik bahasan Fotografi dan media Sosial serta Menangkap Karakter (Potret Editorial) masing-masing pada tanggal 5 Mei dan 31 Maret 2012 di Visual Rehab-Kemang Utara, Jakarta, yang dihadiri oleh para             penggemar dan penikmat foto jurnalis.

Leila Djafaar, Executive Vice President, Head Corporate Affairs PermataBank mengatakan, “Kami senang PermataBank dapat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas Pewarta Foto di Indonesia melalui pendidikan yang berkelanjutan. Inisiatif ini kami gagas mengingat foto     jurnalistik merupakan bahasa visual yang mampu menceritakan dengan jujur banyak hal terkait dengan peristiwa yang sedang terjadi. Terlebih jika foto-foto tersebut merupakan rangkaian    dalam bentuk Foto Bertutur (Photo Story) yang memberikan pesan mendalam sehingga dapat memberikan impresi dan pengaruh bagi masyarakat.”
              
“Pendidikan merupakan sarana yang kami pilih mengingat hal ini selaras dengan program  Tanggung Jawab Sosial PermataBank melalui PermataHati yang berfokus pada aspek pendidikan. Semangat yang kami usung melalui pendidikan ini kebetulan memiliki kesamaan  dengan visi yang dimiliki PannaFoto institute untuk mengembangkan foto jurnalistik di Indonesia. Antusias yang ditunjukan oleh para Pewarta Foto di PPG yang pertama menambah keyakinan kami bahwa program ini harus dilanjutkan dan dijalankan secara berkesinambungan agar mereka memiliki keahlian yang dapat disejajarkan dengan Pewarta Foto lainnya. Untuk itulah kami menghadirkan Pewarta Foto dunia yang memiliki rekam jejak dan jam terbang yang tinggi di bidang foto jurnalis agar mereka dapat menularkan ilmunya kepada para Pewarta Foto  muda di Indonesia”, tegas Leila. 

Sementara itu Ton van Zeeland-Director of Eramus Huis, Head of the Press & Cultural Section, Kedutaan Belanda menjelaskan, “Eramus Huis ingin menjalin kerjasama yang kreatif antara seniman Indonesia dan Belanda, kami ingin Eramus Huis menjadi sebagai pengikat untuk pertukaran budaya dan sebagai tempat yang menarik dan artistic.

Kami fokus pada seni modem dan juga pertunjukan klasik dengan mengkombinasikan dengan seniman dan tradisi Indonesia Film (dokumenter) adalah titik fokus kamu mengadakan International documentary festival setiap tahun di Eramus Huis, dan fotografi penting juga buat kami. Kami mengadakan pameran foto dan mencoba bekerjasama dengan fotografer  professional Indonesia. Bentuk bantuan dana ini adalah contoh yang baik bagaimana kami menjalin kerjasama dengan perusahaan swasta yang memiliki kesamaan gagasan. Ini akan menjadi, saya harap, kerjasama jangka panjang antara PannaFoto Institute, PemataBank,  Eramus Huis dan The Royal Netherland Embassy.”

LINK TERKAIT PENDAFTARAN:: 
http://pannafotojournal.org/?p=1083

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=4390227714193&set=a.1143322863601.111837.1243375435&type=1&theater
               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar