Rabu, 12 Maret 2014

Kampanye Hijau Industri Mebel Indonesia




LIPUTANSATU- Jakarta, 13/3/2014. Sektor mebel telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu dari 10 komoditas unggulan ekspor Tanah Air. Hal ini didukung berbagai faktor, diantaranya potensi Indonesia akan ketersediaan bahan baku maupun sumberdaya manusia yang trampil. Saat ini pangsa pasar industri mebel juga masih menguasai 70% pasar domestik. Namun demikian ancaman mebel impor dari negara lain, khususnya China yang mencapai 200% pada satu tahun terakhir ini. 

Besarnya jumlah industri mebel yang ada, potensi pasar lokal, ancaman produk mebel impor dan nilai ekspor mebel Indonesia yang merupakan penghasil devisa kedua setelah migas, merupakan kesadaran yang mendorong berbagai kalangan untuk membentuk wadah bagi profesi desainer agar dapat berkiprah secara lebih maksimal dan terintegrasi dalam upaya turut mendorong akselerasi perkembangan industri mebel Indonesia. Diyakini perkembangan dan keberlangungan  industri mebel harus seiring dengan perkembangan industri kreatif yang merupakan industri primadona di dunia. Desainer sebagai salah satu aktor penting dalam industri kreatif harus berperan dalam upaya ini. Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2010, wadah tersebut dideklarasikan dengan nama Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) dengan anggota yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Solo, Cirebon, Jepada dan Jakarta. Hingga saat ini HDMI aktif mengadakan kerjasama, dan workshop dengan asosiasi dan industri mebel di seluruh Indonesia serta pameran sebagai bagian dari sosialisasi kinerja dan kampanye untuk arah perkembangan mebel Indonesia.

"Menuju Desain Hijau" adalah tema yang diangkat HDMI dalam International Furniture Fair dan Craft Indonesia, 11-14 Maret 2014 yang akan berlangsung di East Green Eco Park Senayan, Jakarta. Tema tersebut dipilih sebagai pernyataan komitmen sekaligus himbauan desainer untuk penggunaan bahan baku, bahan pendukung dan proses produksi mebel yang memperhatikan kelestarian lingungan. Kekayaan alam Indonesia akan kayu, rotan dan bambu serta metode pengolahan alami merupakan potensi yang harus  dikembangkan dan menjadi nilai unggul bagi mebel Indonesia dalam upaya memenangkan persaingan. Pada IFFINA 2014, HDMI berkolaborasi dengan Amindo den WWF akan memberikan apresiasi  dan penghargaan kepada UKM yang telah mempertimbangkan aspek-aspek desain diantaranya kenyamanan pakai, kesehatan dan bijak dalam penggunaan bahan yang ramah lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik, design for better life

Pada area pamer HDMI seluas 450 m2 akan ditampilkan Youth Design, dengan karya-karya mahasiswa desain dari 8 perguruan tinggi desain di Indonesia; Universitas Paramadina, School of Design Binus University, Universitas Trisakti, ITB, UBAYA, UNUSNU, UPH dan IKJ. Ditampilkan pula karya desainer profesional, komunitas produk recycle , karya hasil workshop Tangan Jepara dan Trangsan Sukoharjo serta Klinik Desain Kementerian Perindustrian. Pameran akan dimeriahkan dengan Temukarya Desain Mebel Kampus, Talkshow Furniture Hijau, WWF-HDMI on The Spot Design Award, launching Program Studi Furniture SOD Binus University.

Susunan Acara "Menuju Desain Hijau" bersama HDMI

Jumat, 14 Maret 2014
13.30-15.00          Forum Kampus: Temu Karya Desain Mebel Kampus
15.00                      Deklarasi Forum Desain Mebel Kampus

Sabtu, 15 Maret 2014
10.00-12.00          WWF on the spot- Apresiasi desain dari Tim Juri Independen
                                (HDMI-Jurnalis-PT-Desainer profesional-Asmindo/WWF)
12.00                      Break
1.00-15.00            Talkshow green design
                                (Ivan Christianto-Joshua Simanjuntak-WWF)
15.00-16.00          Furniture Design Presentation (Tim PDF Bandung)
16.00-18.00          Design & Industry Gathering (mengundang pelaku industri)

Minggu, 16 Maret 2014
10.00-12.00          Workshop: wooden; rattan; bamboo; freehand sketch drawing
12.00                      Break
12.00-16.00          Launching Binus Furniture Program 2013
                                (talskhow & music performance)

Senin, 17 Maret 2014
10.00-14.00          Campus Design Forum     

Informasi lebih lanjut:
Noel Febry: 0811 9916 110

Joshua Simanjuntak
0817 799 766

Bambang Kartono dan
Hendriana Werdhaningsi



1 komentar:

  1. Kursi Tamu Minimalis terbuat dari bahan kayu jati pilihan gerai mebel jepara yang memiliki kualitas produk terbaik di kelasnya <a href="http://www.geraimebel.com/kursi-tamu-minimalis-4/"

    BalasHapus