Rabu, 25 Maret 2015

ANDRINOF CHANIAGO: Tata Kelola Buruk, Banyak Kota Indonesia Warisan Kolonial‏


http://www.gatra.com/nusantara-1/nasional-1/139615-andrinof-chaniago-tata-kelola-buruk,-banyak-kota-indonesia-warisan-kolonial%E2%80%8F.html


Menteri Andrinov Chaniago (GATRAnews/Rifki Irsyad)



















Jakarta, GATRAnews - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Andrinof Chaniago mengatakan banyak tata kelola kota besar di Indonesia tidak memenuhi standar kelayakan hidup masyarakat. Warisan sistem yang ketinggalan zaman tersebut berdampak terhadap menurunnya kualitas hidup masyarakatnya. "Kota yang Indonesia warisi adalah kota kolonial. Kota tersebut seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan," kata Andrinof saat dijumpai dalam Peluncuran Indeks Kota Cerdas Indonesia, Selasa (23/3).

Sistem tata kelola kota tersebut tidak dilakukan perencanaan dengan baik oleh pemerintah kota tersebut. "Sehingga perkembangannya sudah besar dan sulit untuk di tata ulang," Andrinof menambahkan. Ia mengatakan Indonesia sejak memerdekakan diri 70 tahun silam hingga saat ini belum pernah menciptakan kota baru.

Menurutnya, kota baru tersebut perlu diciptakan sebagai upaya memperbaiki tata kelola kota-kota di Indonesia dengan baik. "Belum pernah Indonesia membangun kota. Semuanya warisan kolonial. Tantangan pertama pemerintah adalah membangun kota baru," kata Andrinof.

Menurutnya, pemerintah akan memfokuskan pembangunan kota baru tersebut di luar pulau Jawa. "Yang sudah direncanakan saat ini adalah Tanjung Selor di Kaltara (Kalimantan Utara). Nanti akan ada kota-kota baru lagi yang lainnya. Pembangunan kota baru harus di luar Jawa karena sudah padat," kata Andrinof.

Selain itu, pembangunan kota baru juga dapat mendorong perekonomian masyarakatnya. Menurtnya, pembangunan kota selama ini hanya dimanfaatkan untuk kepentingan segelintir kelompok masyarakat saja. "Jadi, kualitas hidup masyarakatnya yang diutamakan bukan hany kepentingan individu saja," kata Andrinof.

Reporter: Januar Rizki
Editor: Nur Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar