Senin, 09 Maret 2015

Sultan Hassanal Bolkiah dan Bantuan Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah (YSHHB)



Sultan Bolkiah, Raja Muslim Terkaya di Muka Bumi Sultan Hassanal Bolkiah (royalista.com)
Sultan dengan kekayaan Rp 261 triliun ini sangat dermawan. Dia tak segan membantu rakyatnya yang kesusahan.
Dream - Pria itu duduk di buritan perahu. Tangannya tangkas memegang kemudi. Mengendalikan perahu yang melaju perlahan, menyusuri Sungai Brunei. Dia tak sendiri. Beberapa penumpang tampak terlibat pembicaraan hangat, mendengar cerita si tukang perahu. Kepada penumpang yang ternyata pelancong asal Indonesia itu, tukang perahu bercerita tentang kehidupan pribadi dan negerinya, Brunei Darussalam.
“Saya dapat 10 ribu Dollar Brunei (sekitar Rp 95 juta) dari Sultan untuk membeli engine perahu ini,” kata tukang perahu. Sepanjang perjalanan tiada habisnya dia merasa berhutang budi pada penguasa Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah.

Sebelum menjadi tukang perahu, pria itu mengaku hanyalah pengangguran. Kemudian dia berinisiatif menulis surat kepada sang Sultan. Mengadukan nasib keluarga. Ternyata pesan itu dibalas dengan bantuan.
“Sultan kasih yang tidak kerja. Saya punya anak sebelas. Tak ada kerja,” katanya dalam video amatir itu.
Sultan Hassanal Bolkiah yang diceritakan tukang perahu itu adalah penguasa tertinggi negeri kecil di ujung utara Pulau Kalimantan. Dia berkuasa atas Brunei Darussalam sejak 4 Oktober 1967.
Sultan ke-29 Brunei ini memang sangat kaya raya. Disebut-sebut menerima warisan kekayaan dari sang ayah, Omar Ali Saifuddin III, sebesar US$ 40 miliar (sekitar Rp 530 triliun).
Setelah hampir setengah abad memimpin, harta keluarga itu perlahan berkurang. Tapi mungkin inilah yang disebut ‘kekayaan tak habis hingga tujuh turunan’. Dua tahun silam, laman The Richest menulis kekayaan bersih Sultan Bolkiah mencapai US$ 20 miliar atau sekitar Rp 261,5 triliun.

Jumlah itu menempatkannya sebagai raja ke dua terkaya sedunia. Angkanya dibawah Bumibol Adulyadej, Raja Thailand yang memiliki harta mencapai US$ 30 atau sekitar Rp 392 triliun. Namun dari deretan penguasa muslim, kekayaan Raja Brunei masih nomor wahid.
Aset Sultan Bolkiah tak hanya terhampar di dalam negeri. Melainkan juga tersebar di luar negara. Sebut saja rumah mewah di California, Amerika Serikat. Harganya mencapai US$ 48 juta atau sekitar Rp 627,7 miliar. Selain itu, ada pula aset di Las Vegas dan negara lainnya.

Perahu masih melaju. Sang nakhkoda terus melanjutkan kisah kedermawanan Sultan Brunei. Tukang perahu yang masih memiliki tanggungan lima anak dan satu istri ini mengaku juga mendapat bantuan 70 ribu Dollar Brunei atau sekitar Rp 664 juta untuk lima tahun sebagai biaya hidup sehari-hari.
“Setiap lima tahun habis, sambung lagi, sambung lagi. Mesti tidak kerja, kalau kerja tidak boleh,” kata dia.
Keluaraga lain yang kurang mampu juga mendapat bantuan seperti tukang perahu itu. Sultan Bolkiah juga selalu membagi-bagikan uang saat hari besar umat Muslim. “Setiap hari raya, Isra Miraj, selalu dikasih duit. Kalau Maulid, hanya makanan free,” beber sang tukang perahu.
Sultan Bolkiah memang kerap membuka pintu Istana Nurul Iman, yang dibangun dengan biaya Rp 4,5 triliun, untuk rakyatnya. Berbagai acara, baik kenegaraan maupun keagamaan, selalu digelar dengan meriah di istana dengan lantai seluas 2.152.782 kaki persegi itu. Saat perayaan itulah Sultan Bolkiah menunjukkan berbagai koleksi harta bendanya.

Salah satunya, mobil Rolls-Royce berlapis emas. Mobil itu kerap dipakai berparade. Dipamerkan di depan rakyat Brunei yang berdiri di sepanjang jalan. Dengan gagah, sang sultan menunggang kuda besi berlapis emas 24 karat tersebut.

Itu baru satu. Dalam garasi raksasanya masih tersimpan ribuan mobil mewah kelas dunia. Menurut Guiness World Records, Sultan Bolkiah memiliki 600 mobil Rolls-Royce, 450 lebih Ferrari, dan 134 Koenigseggs. Total koleksi itu diperkirakan lebih dari 7.000 buah. Nilainya lebih dari US$ 789 juta atau sekitar Rp 10 triliun.

Untuk membantu rakyatnya, Sultan Bolkiah membentuk Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah (YSHHB) pada 5 Oktober 1992. Yayasan ini menyalurkan bantuan dalam berbagai bidang, mulai keagamaan hingga pendidikan.

“Kalau saya tidak punya pekerjaan, saya nulis surat ke Sultan menceritakan keadaan saya. Tidak boleh bohong,” kata tukang perahu itu.
Surat-surat yang masuk itu lantas diperiksa oleh staf yayasan sebelum masuk ke istana untuk disetujui Sultan Bolkiah. “Lalu setelah petugas kerajaan memeriksa kebenaran isi surat saya, saya diberi bantuan biaya hidup.”

Kemurahan hati Sultan Bolkiah tak hanya untuk rakyatnya saja. Bapak 12 anak itu juga kerap memberikan bantuan kepada warga di negara lain.
Lihat saja saat terjadi gempa dan tsunami tahun 2004 di Aceh. Sultan Bolkiah menjadi pemimpin negara pertama yang menjejakkan kaki di bumi Serambi Mekah itu. Sumbangan sebesar Rp 23,5 miliar degelontorkan sultan melalui yayasan yang dia bentuk.
“Sultan punya firasat dia mementingkan rakyat, bikin senang rakyat,” tukang perahu itu memuji pemimpinnya.

 Sumber: http://www.dream.co.id/lifestyle/sultan-bolkiah-raja-muslim-terkaya-di-muka-bumi-150309t.html

67 komentar:

  1. assalamualaikum baginda sultan,,saya terlilit hutang sebesar Rp. 250,000,000, ( 250 juta ) rupiah, baginda. kiranya baginda bermurah hati membantu kami keluar dari masalah hutang ini seberapa baginda ikhlas memberi bantuan, akan kami terima dengan rasa taqzim dan berdoa semoga baginda sehat ,panjang umur, dan jaya selalu, inilah no,rekening kami,,di BNI syariah no, 0371794839. a.n Pak. Thamrin.AR. terima kasih sebelumnya.yang mulia baginda Raja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

      Bagi yang serius ingin mendapatkan dana hibah 5000 Riyal atau setara 20-21 juta dari pengusaha Arab Saudi silahkan daftar

      Email: ust.rahmanhakim@gmail.com

      Hapus
  2. Hasan BedaThu, 24 May 2018 01:39 EDT
    Permohonan Bantuan Dana Kuliah
    Assalamualaikum,perkenalkan nama saya Hasan Beda dan saya adalah salahsatu mahasiswa STAI Ibnu Sina Kota Batam Semester 4.Saat ini saya sangat membutuhkan dana untuk pembiayaan kuliah yang sudah tertunda beberapa bulan ini,adapun pemohonan bantuan dana ini sebesar rp.50.000.000 dan bisa di trandper ke No Rek.BRI.0331-01-062202-50-2.
    Atasnama Hasan Beda.No Hp.08997264036
    Terimakasih
    Wassalam

    BalasHapus
  3. Assalamuallaikum, Perkenankan Nama Saya Bian Subono Asli Jawa Tengah Indonesia. Disini Saya Ingin Memohon Bantuan Dari Baginda Sultan Guna Membuka Usaha Sendiri. Kebetulan Saya ingin mrmbuka Usaha Barber Shop Yg Begitu Menjamur di tempat saya.Tapi Disini Saya Ingin Membuka Barber Shop yang Berbeda dengan Yang Lain... Tapi Kendala Yang saya Hadapin Dana ya tidak pubya. Disamping itu juga saya masih ada utang di Bank sebesar 15.900.000 Juta Rupiah. Saya Hanya Butuh Dana 50.000.000 Juta Untuk Membayar Hutang serta Membuka Usaha Barber Shop.
    Sekiranya Baginda Sultan Berkenan membantu Saya Untuk Melunasi dan membantu membuka Usaha. Saya Mengahturkan Banyak Banyak Terima Kasih Ini Nomor Rek BCA 7675154716 Atas Nama Bian Subono.
    Terima Kasih Banyak Atas Perhatiannya Dan Semoga Baginda Sultan Dan Keluarga Selalu Sehat Walafiat...

    BalasHapus
  4. Asalamu alaikum baginda yang mulia
    ..saya sangat membutuh bantuan dana buat bayar hutang juga buat buka usaha kecil kecilan....saya berharap bantuan nya dari baginda raja...saya tidak bisa menyebutkan jumplah nominal nya...saya ke ikhlasan nya dari baginda raja
    ..nomor telpon 087700293000

    BalasHapus
  5. Yang mulia
    Nama saya Moch Ichwan Akbar
    Kerjaan saya serabutan
    Saya memerlukan bantuan untuk membayar guru ngaji anak" di masjid
    Semoga yang mulia berkenan.
    Ini nmr kontak sy 0878 2191 7963
    Posisi saya di Bandung Indonesia
    Terima kasih
    Assalamualaikum

    BalasHapus
  6. Yang mulia
    Nama saya Moch Ichwan Akbar
    Kerjaan saya serabutan
    Saya memerlukan bantuan untuk membayar guru ngaji anak" di masjid
    Semoga yang mulia berkenan.
    Ini nmr kontak sy 0878 2191 7963
    Posisi saya di Bandung Indonesia
    Terima kasih
    Assalamualaikum

    BalasHapus
  7. Yang mulia
    Nama saya Moch Ichwan Akbar
    Kerjaan saya serabutan
    Saya memerlukan bantuan untuk membayar guru ngaji anak" di masjid
    Semoga yang mulia berkenan.
    Ini nmr kontak sy 0878 2191 7963
    Posisi saya di Bandung Indonesia
    Terima kasih
    Assalamualaikum

    BalasHapus
  8. Yang mulia
    Nama saya Moch Ichwan Akbar
    Kerjaan saya serabutan
    Saya memerlukan bantuan untuk membayar guru ngaji anak" di masjid
    Semoga yang mulia berkenan.
    Ini nmr kontak sy 0878 2191 7963
    Posisi saya di Bandung Indonesia
    Terima kasih
    Assalamualaikum

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum... Saya berasal dari Malaysia saya mohon bantuan dari pihak Tuanku

    BalasHapus
  10. Bantuan Hibah Untuk :
    -Lembaga Pendidikan
    -Yayasan
    -Koprasi Simpan Pinjam
    -Badan Usaha
    -DLL
    SILAHKAN KIRIM PROPOSAL DANA BANTUAN KE ALAMAT EMAIL:
    embassy.of.bruney@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum kami dari Indonesia...kami mendirikan madrasah Gratis bagi ratusan Anak2 sekarang bangunan nya sedang Rusak kami butuh dana 600000 dolar Brunei untuk kembali kembang kan Madrasah Gratis menjadi Islamic center Yang Mandiri...081390619600

      Hapus
  11. Assalamualaikum wr.wb
    Kepada Yth baginda sultan BruneiDarussalam
    Perkenalkan nama saya sutara usia 30 tahun sudah menikah dikaruniai satu anak, alamat tinggal Indramayu Jawa barat tidak memiliki rumah dan pekerjaan. Memohon dengan hormat sekiranya bisa meringankan kesulitan keluarga saya. Saya membutuhkan uang Rp. 150.000.000 untuk membeli rumah dan membuka usaha serta melunasi hutang di bank.
    No. Rekening BRI saya : 4235-01-011436-53-6 a.n sutara
    Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya, semoga amal ibadah baginda di terima dan di balas oleh ALLOH se luas-luasnya.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum wr.wb
    Kepada Yth baginda sultan BruneiDarussalam
    Perkenalkan nama saya Achmad Rizal usia 35 tahun sudah menikah dikaruniai dua anak, saya tinggal di kota Malang Jawa timur Indonesia dan bekerja serabutan. Memohon dengan hormat sekiranya bisa menyumbangkan sedikit rejeki agar saya bisa membuka usaha sendiri
    No. Rekening CIMB Niaga : 704433690200 a. n Achmad rizal
    Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya, semoga amal ibadah baginda di terima dan di balas oleh ALLOH se luas-luasnya.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  13. Dengan sabab dan kemulian sholawat Solawatu Sayyidatinah Fatimah RA
    Semoga Tuan Raja Brunei diberikan kesehatan yang Sempurna
    Aamiin YRA

    BalasHapus
  14. Saya Eko Bhuwono dari yayasan yatim dan dhuafa....Yayasan Amanah Mutiara Insan.Program kami mensejahterakan anak anak yatim binaan yayasan dg mengadakan santunan tiap pekannya.Mohon bantuan untuk mendukung program kami. https://wa.me/6281398832878

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum tuanku baginda sultan bolkiah, nama saya reni nursada abidin from indonesia. Saya bermaksud memohon bantuan dana dari tuanku baginda untuk pembangunan mushola dan ruang kelas di yayasan kami yayasan miftahul ulum tenggong terimakasih banyak kami ucapkan.m
    ,email:reninursada.abidin@gmail.com telp.085859681323

    BalasHapus
  16. assalamu alaikum yang terhormat tuan ku yang di pertuankan baginda sultan bolkiah saya sahrul dari indonesia kalimantan timur kabupaten berau kecamatan biduk biduk desa biduk biduk.
    sehubungan telah ditemukannya situs atau makam raja muda batu putih yang situs makamnya berada di biduk biduk asal dari belawa wajo sulawesi selatan merupakan kekerabatan kerajaan sambaliung dan gunung tabur kabupaten berau kalimantan timur indonesia.1843-1837 yang masa jabatan singkat namun penuh makna yang luas
    dengan ini kami putra daerah biduk biduk memohon partisipasi yang di pertuankan tuanku baginda sultan bolkiah dalam pelaksanaan pesta budaya bahari dan dzikir akbar.ini merupakan sejarah baru terungkap dan penuh dengan nilai sejarah tinggi tentang nilai nilai perjuangan umat islam dalam menjaga maruah harkat martabat serta persatuan dalam mencapai kebebasan dari suatu penjajahan bangsa asing.demikian sedikit kisah raja muda agar kiranya menjadi bahan pertimbangan tuanku baginda sultan bolkiah yang di pertuankan agar dapat memberikan bantuan'sebelumnya kami ucapkan terima kasih banyak semoga tuanku yang di pertuankan sultan bolkiah sehat slalu dan di panjangkan umurnya amin ya rabbal alamin
    email;sahruly98@ymail.com
    tlp.081365083566

    BalasHapus
  17. Yg terhormat bpk sultan Bolkiah...kira ada sedikit uang lebih saya minta bantuan .suami saya stroke dan rumah saya kontrak saya udah usia 60 tahun .mohon dikirim ke relening saya 124 000714313 bank mandiri no hp 087882732727 ibu evieyanti

    BalasHapus
  18. Yth : Ibu dan Bapak Di tempat

    DIawali Assalamualikum WR wb , dengan diakan nya kegiatan kami dari Kepanitian Ikatan remaja Kampung Baru Rengasdengklok Selatan ingin Mengajak Semua Kalangan Untuk Membagikan Atau Menyumbangkan Sebagian Hartanya Untuk Memajukan Kegiatan Isra Miraj 1441 H yang akan DIadakan dikampung (desa) Kami Besar Harapan bapak dan ibu di tempat peduli dengan kegiatan ini ...adapun dokumen yang bisa kami berikan sbb :


    1. Proposal Irkab Swasta 01
    2. Wag Komunikasi Kepanitiaan 081911928285

    BalasHapus
  19. Assalamulaikum wr wb. yang mulia sultan. saya aryo ohon bisa membantu kami sedang kesulitan dana ( Ghorim ) . mohon yag mulia berkenan membantu kami. ke rek BNI 0335720803 an sunaryo/ setelah kami bisa keluar dari kesulitan Insya Allah Saya Akan Bantu Fakir miskin dan Anak Terlantar. Jazakumullah Khoiron .

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum wr.wb yang mulia sultan semoga senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT...yang mulia kami sebagai ghorim riba selama 30 tahun tidak bisa dibayar sampai saat ini sehingga kami keluarga belum mempunyai rumah anak banyak...mohon kiranya yang mulia berkenan membantu kami semoga kebaikan yang mulia dibalas Allah SWT...no rek Bank central asia 1810318551 a/n Riska Nurulitasari ghorimnya sebesar 300juta rupiah .. terimakasih banyak sebelumnya kami haturkan buat yang mulia wassalam ualaikum wr.wb

    BalasHapus
  21. Assalammualaikum sultan semoga dimuliakan ALLAH ...saya ada kesulitan hutang...mohon bantuan dari anda kalau anda benar benar ada dan bersifat dermawan ...hutang saya 567.000.000 no rek saya (INDONESIA) BANK CENTRAL ASIA 1730100139 atas nama sugeng wibisono ...itu pun kalau anda bener bener ada seperti yg diberitakan media...kalau anda bener bener dermawan karena ALLAH maka tidak usah berpikir disaat kita menolong karena jaminan surga ALLAH TA'ALA...AMIEN YA ROBBAL ALAMIN

    BalasHapus
  22. Saya ingin mencari dindona yang bisa meminjam kan modal
    Saya dari Pekanbaru Riau
    Pekerjaan saya pedagang
    No hp 082173352850
    No rek BRI Trx Rek. 739901003892539 : DEBI SUPRIANTO

    BalasHapus
  23. Saya butuh modal usaha untuk Menafkahi keluarga 597801002065507 BRI an. Arwan alimin

    BalasHapus
  24. Asalmualaikum wr wb
    Baginda raja yang terhormat
    Saya mohon bantuan dana untuk melunasi semua hutang dan modal usaha
    Demi menafkahi keluarga
    Saya sangat berharap baginda raja memberikan uluran tangan kepada saya supaya saya yerbebas dari hutang riba yang sangat mencekik sehingga keluarga kami mengalami kesengsaraan di malam hari dan kehinaan di siang hari
    Tolong
    Tolong
    Tolong ya baginda yang terhormat
    Beri saya bantuan dana 500.000.000 untuk melunasi semua hutang dan modal usaha.
    BCA 2871486931

    BalasHapus
  25. assalamualaikum wr wb, Baginda raja sultan yang terhomat saya mohon bantuan dana kepada sultan untuk biaya hidup keluarga dan biaya usaha serta pendidikan anak saya dan membayar hutang saya berharap dengan sangat semoga sultan bisa memberikan bantuan tersebut sebelumya saya ucapkan terima kasih sebesar besarnya.
    BNI, 46 ac.0797506484 an Zulkarnain

    BalasHapus
  26. Assalamu'alaikum we.wb
    Baginda raja Sultan Yang terhormat semoga Allah selalu members rahmat until baginda raja dan keluarganya aamiin.
    Kami Dari keluarga kurang mampu alias fakir Dan miskin Mohon kiranya Minta bantuan guna melunasi hutang Dan untuk membuat modal usaha. Semoga Allah membalas kebaikan baginda raja. Dengan Ini Pula Kami lampirkan no. Rekening says bank BNI AC. 0834474825 Nama Sutari Arsawireja Marta.
    Wassalamu'alaikum we.wb

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Assalaamualaikum wr.wb
    Yang terhormat Haji Sultan Hassanal Bolkiah. Saya mohon bantuan dana kurang lebih US $ 70.000 untuk melunasi semua hutang saya. Saya berharap di bulan yang penuh Rohmat ini permohonan saya dapat dikabulkan Alloh swt melalui tangan Haji Sultan Hassanal Bolkiah. Semoga Alloh senantiasa memberikan Rohmat dan Ridhonya kepada Haji Sultan Hassanal Bolkiah..Aamiin
    Berikut rekening saya BNI 0022010297
    Wassalaamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum,,,
    yang sudah minta kepada Sultan,sudah ada yang dikabulkan belum? kita semua tau kedermawanan Sultan,tapi saya fikir tidak semudah itu mendapatkan bantuan dari Baginda Sultan Brunei Darussalam

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum
    Yang mulia sultan
    Yang terhormat yang dermawan
    Saya mau minta bantuannya untuk saya sekeluarga saya umur 46 th anak 2
    Masih sekolah sd kelas 5 sma kelas 1
    Saya kerja serbutan
    Saya mohon bantuanya unuk bikin rumah
    Saya belum punya rumah
    Sekarang masih ikut mertua saya merasa malu
    Tolong bantu saya yang mulia tolong yang mulia sultan
    Bank bri britama Indonesia
    Lisdiawati bt hasan
    00235501039531502

    BalasHapus
  31. Ass wr wb
    Yang terhormat Sultan Hassan Bolkiah
    Nama saya Priyono saya mohon bantuannya. Kami sangat butuh dana untuk menyambung hidup kami. kami sebetulnya tidak mau melakukan ini karena terpaksa , kami mohon bantuan seiklasnya untuk menyambung hidup keluarga kami,,karena kami sudah tidak mempunyai biaya lagi,sebetulnya saya sebagai kepala keluarga tidak sampai hati untuk melakukan ini , namun disaat pandemi Covid 19 ini saya sudah tidak bisa bekerja karena dirumahkan ( PHK ),maka saya melakukan ini untuk pembiayaan keluarga kami.karena kami sudah kehabisan biaya. berapapun yang Mulia berikan akan kami terima dan semoga Allah yang membalas semua kebaikan yang Mulia.terimakasih sebesar besarnya....
    Rek:
    MANDIRI
    1400007357628
    An : Priyono

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum.....semoga di rahnati ALLAH...tak banyaj komentar ...hanya saya minta bantuan kpd sultan brunei yg mulia sebesar 250.000.000rupiah... Tolong dikirim ke rekening BRI a/n Bastari 0231-01-001784-53-9....tkasih wassalam

    BalasHapus
  33. Ini kan bukan blog nya sultan Bolkiah, apa mungkin bisa sampe ke beliau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga yang menjadi pertanyaan saya,
      Apakah ada Blog Khusus yg bisa langsung sampai k Beliau...
      D mana yaa sya bisa tau atau dpt blog pribadinya Beliau...
      Mungkin anda bisa membantu saya...
      Terima kasih

      Hapus
  34. Assalamu'alaikum WrWb, Yang Mulia Baginda Raja Brunei Darussalam Sultan Hasanal Bolkiah. Semoga selalu sehat barokallah. Amin YRA. Mohon maaf Yang Mulia Raja, saya tidak tau apakah pesan saya ini akan sampai atau tidak kepada Yang Mulia. Saya hanya mengandalkan kekuatan dan kekuasaan Allah SWT atas ini semua. Kunfayakun. Saya adalah seorang janda yatim piatu dan miskin sekaligus single parent dgn 2 anak. Saya&anak2 saya adalah korban dari kedzoliman mantan suami yang sudah telantarkan anak2 saya. Saya memiliki kesulitan berat yg tidak sanggup saya pikul sendiri. Saya butuh bantuan dari Yang Mulia Baginda Raja Brunei Darussalam. Semoga Allah SWT mengabulkan harapan saya. Amin. Bila Yang Mulia berkenan, ini no tlp saya +6287885464135. Terimakasih,Yang Mulia. Wassalam.

    BalasHapus
  35. Allahu ma Soli ala Muhammad wa ala Alihi wasalam

    BalasHapus
  36. Allahu ma inni auzubiqa minal hammi walqazan waaubizubiqa minal ajni walqasal waauzibiqa minal jubni walbuhli waauzibiqa min ghotiddaini wagohri rijal
    syukr1@yahoo.com

    BalasHapus
  37. Turutberdukacita atasmeninggalnya putra bagindaalm Abdul azim.smg diterima amal ibadahnya dan diampuni dosa-dosanya.
    Dari syukr1@yahoo.com
    Jakarta

    BalasHapus
  38. Ya Rob Ya Rob
    Allahu ma Soli ala Muhammad wa ala Alihi wa salam
    syukr1@yahoo.com

    BalasHapus
  39. Salam sejahtera untuk keluarga besar sultan semoga dalam lindungan Allah SWT,dengan ini saya ingin meminta bantuan kepada saudara untuk mewujudkan rumah impian layak huni dengan besaran dana Rp75.000.000,
    Rumah sekarang kondisi memprihatinkan kayu sudah rapuh dan lantai tanah dinding ayaman bambu,rumah ini saya huni sekeluarga istri,kedua anak saya ibu kandung saya yg lanjut usia,rumah tersebut rumah pemberian ibu saya dan sampai sekarang blm ada biaya,
    Saya berdomisili di mojomulyo RT 02 RW 02 kecamatan tambakromo kode pos 59174 kabupaten Pati Jawa tengah Indonesia,
    No rekening BRI Syariah 1004075233
    Dengan semua ini saya berbicara jujur hanya Allah yg jadi saksi dan tetangga saya,
    Saya sudah mencoba minta bantuan ke pemerintah tapi blm ada jawaban dan tindakan
    Dengan ini saya berharap besar bantuanya ,saya setiap hari berdoa supaya di berikan rejeki yg berkah amin

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu salam sejahtera selalu buat Yang Mulia baginda Raja Brunai Darussalam Hasanal Bolkiah saya mohon keihklasan nya membantu kami sekeluarga yg mana telah terkena musibah bencana alam di Kalimantan selatan.,saya mohon keikhlasan nya memberikan dana bantuan ke Rekening Mandiri irvani kurniawan 1480017632228 kami mohon keikhlasan nya Tuanku

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu salam sejahtera selalu buat Yang Mulia baginda Raja Brunai Darussalam Hasanal Bolkiah saya mohon keihklasan nya membantu kami lembaga swadaya masyarakat di aceh bisa hubungi saya selaku ketua umum lembga sosial jaringan peduli aceh nomor WhatsApp 085270107005

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum , semoga sultan dilimpahi kurnia,rahmat , kesihatan di bulan yang mulia ni..saya dari Malaysia.adakah saya boleh minta bantuan sultan Brunei..saya jujur,saya tidak pandai berbicara .. saya mohon bantuan .saya ingin sekali membeli barangan dapur untuk bersahur dan berpuasa.saya mohon sangat sangat,di Malaysia sekarang ,lambat bantuan dari kerajaan,ada tu ada,tapi lambat ..sekarang saya sudah dibuang kerja sebab pandemik covid19.saya mohon sangat ..Semoga ALLAH membalas segala kebaikan,SEMOGA KELUARGA SULTAN BRUNEI DIBERI KESIHATAN DAN KEBERKATAN DUNIA &AKHIRAT.. MOHON YA ...
    (MUHAMMAD MAHYUDDIN BIN OMAR)
    CIMB BANK BERHAD
    7067708624
    MYR..

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum , semoga sultan dilimpahi kurnia,rahmat , kesihatan di bulan yang mulia ni..saya dari Malaysia.adakah saya boleh minta bantuan sultan Brunei..saya jujur,saya tidak pandai berbicara .. saya mohon bantuan .saya ingin sekali membeli barangan dapur untuk bersahur dan berpuasa.saya mohon sangat sangat,di Malaysia sekarang ,lambat bantuan dari kerajaan,ada tu ada,tapi lambat ..sekarang saya sudah dibuang kerja sebab pandemik covid19.saya mohon sangat ..Semoga ALLAH membalas segala kebaikan,SEMOGA KELUARGA SULTAN BRUNEI DIBERI KESIHATAN DAN KEBERKATAN DUNIA &AKHIRAT.. MOHON YA ...
    (MUHAMMAD MAHYUDDIN BIN OMAR)
    CIMB BANK BERHAD
    7067708624

    BalasHapus
  45. Asalamualaikum
    Saya oeray halidjah dari indonesia memohon bantuan untuk merawat kucing kucing saya biaya pengobatan dan makanan nya kucing domestik yg saya ambil dari jalanan terima kasih hubungi no 081930089738

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum...
    Wahai para dermawan

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum..
    Sholawat dan salam untuk junjungan kita nabi besar Muhammad SAW..
    dua Minggu sudah istriku meninggal karena covid... tak ada saudara..sahabat atau siapapun yg datang karena wabah...kami berdua hanya merenung dan meratap dikamar..tanggungan yg begitu menumpuk yg menjadi beban hidup..saudaraku yg dermawan ,Sultan Brunei..tolonglah aku dengan perintah Allah...
    Bantulah kami...hanya Allah yg membalas keikhlasan dan kebaikan saudaraku...
    Rek BRI no 0172 0105 5069 507
    an Setio widodo

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum Wr Wb
    Teriring salam untuk Baginda Sultan Semoga Selalu Dalam Ridho Allah..
    Baginda Sultan mohon bantuannya, saya pernah punya usaha warmindo (warung makan indomie) tapi bsngkrut gara" pademi covid 19..
    Saya mohon bantuan modal seikhlasnya Baginda Sultan untuk saya memulai usaha lagi..
    Ini nomor rekening saya BRI 379601004920531 Juniantoro Nurindra..
    Terima kasih banyak sebelumnya atas Bantuan modal dari Baginda Sultan..
    Mf Terima Kasih..

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum Baginda Sultan Hasanal Bulkiah,kiranya engkau seorang yg sangat dermawan & baik hati,kami mewakili teman2 pengurus di Pondok Pesantren Darut Ta'lim Kepuhkemiri Tulangan Sidoarjo Jatim mencari solusi utk pembebasan tanah demi pembelajaran Al-Qur'an & kitab kuning mohon keihklasan utk dibantu,Was H.Udin nmr telp 081330549287

    BalasHapus
  50. Asslmlkm sultan mohon bantu saya,saya adalah adik srimata air saya butuh uang sekarang juga 2 miliar rupiah ini no rekening saya 548701011425531 bank BRI ATAS NAMA HENDRI NOPA NOPI ARDI,mohon saya kita nanti akan bertemu di Padang masyhar

    BalasHapus
  51. Asslkm.Yth yang mulia Baginda Sultan hassanal bolkhia yang di rahmati Allah.covid19 memaksa saya harus menjadi pengangguran dan sulit cari kerja.mohon kiranya baginda sultan berkenang memberikan bantuan modal usaha.BRI 0060-01-010265-53-9 A.n Nurwahida.

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum wr wb.. Yang terhormat Sultan Hasanah Bolkiah yang di Rahmati Allah SWT. Perkenalkan saya berdomisili di Bandung Jawa Barat Indonesia. Sebagai seorang suami dan seorang ayah dari dua orang anak yang sekarang beranjak dewasa. Sejak pemutusan hubungan kerja dari tempat saya bekerja, karena pandemi covid, sampai saat ini saya belum mendapatkan pekerjaan. Jika Sultan berkenan, saya memohon bantuan dana pinjaman lunak untuk membuka usaha jualan nasi goreng demi membiayai sekolah anak anak saya.dimana dana yang saya butuhkan sebesar IDR. 25.000.000,- (Dua puluh Lima Juta Rupiah)
    Turut saya sertakan nomer rekening Bank BCA 7865098715
    Nama rekening : Adiyanto eko pm
    Nomer HP +6282128937806
    Mohon maaf bila ada kata yang kurang sopan, atas perhatian dan perkenan baginda Sultan saya ucapkan banyak terima kasih.
    Wassalamualaikum wr. wb

    BalasHapus
  53. Assallamu allaikum warah matullahi wabarakatu, yang terhormat Sultan hasanal bolkiyah, perkenalkan saya dari indonesia mohon bantuanya, untuk membuka usaha membutuhkan dana sekitar 500 juta rupiah, muda mudahan baginda sultan bisa membantu saya
    Ini no REKENING BANK BRI SIMPEDES
    ATAS NAMA SETIAWAN SAPTAMEANA
    0004-01-014431-53-8
    Besar harapan saya Bagianda bisa membantunya
    Saya ucapkan terima kasih banyak
    Semoga Baginda sehat selalu,

    BalasHapus
  54. Assalamu'alaikum Tuanku Sultan Hasanal Bolkiah🙏🙏🙏🙏, Tuanku ulun urang banjarmasin I, ulun mau bekerja di Brunei memelihara dan membersihkan Makam Datu Ahmad Al Banjary sebagai Tempat yang akan menarik zuriat-zuriqt AL Banjary kalimantan Selatan, Ulun Bakhtiar siap akan pensiun Dini demi cita-cita mengharumkan nama Datu Palampayan yakni Datu Ahmad Al Banjary di Brunei Darussalam.Semoga Berkat bakti Hamba kepada Sultan Yang Mulia Hasanal Bolkiah, ulun tetap menghormati indonesia sebagai negara yang ulun hormati. (10ombakhtiar68@gmail.com) Duhai Tuanku Ulun akan sepenuh jiwa dan raga hidup dan mati ulun, Allah dan Rasul menjadi saksi

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum Tuanku Sultan Hasanal Bolkiah di Brunei
    Saya Suradi , guru dari Indonesia sekarang sedang terlilit hutang sehingga terganggu dalam mengajar anak-anak.
    Besar hutang kira kira 700 .000.000 Rupiah karena ditipu orang dan sekarang honor/ gaji habis. Saya mohon Baginda Sultan berkenan membantu saya berapapun. Inilah nomor rekening saya BCA 4451615127 atas nama saya Suradi
    Besar harapan saya Baginda bisa membantu saya. Atas bantuannya diucapkan terima kasih.
    Email saya suradi2pleret@gmail.com.
    Semoga Baginda sehat selalu, Wssalamualaikum Wr WB.

    BalasHapus
  56. Assalamu,allaikum,wr,wb, perkenalkan nama Setiawan saptameana ,dari indonesia,Baginda Sultan hasanal bolkiyah,mintak bantuan dana buat tambahan usaha,usaha dah berjalan,namun di sisi lain mohon bantua dana sebesar 500 juta rupiah
    Mudah2an Sultan bisa membantu buat kelancaran usaha
    Ini no rekening
    BANK BRI SIMPEDES
    0004-01-01-4431-53-8
    Atas NAMA SETIAWAN SAPTAMEANA,
    Muda2h baginda d beri rezeki yang banyak

    BalasHapus
  57. Mohon Bantuan kepada Saudara Saudaraku dimanapun berada, yang mau berjihad membesarkan Agama Allah SWT, Mohon di baca dan di tindak lanjuti Proposal yang saya lampirkan

    https://drive.google.com/file/d/17safKGa23JETgKF5GSO7gz_xcSb4CQKU/view?usp=drive_link

    BalasHapus