Selasa, 22 September 2015

AkzoNobel dan Dulux Persembahkan 'Monarch Gold’ sebagai Colour of the Year 2016




LIPUTANSATU.COM, London, 15 September 2015 – AkzoNobel, perusahaan cat dan pelapis terkemuka di dunia melalui salah satu brand unggulannya, Dulux memilih warna ‘Monarch Gold’ sebagai Colour of The Year 2016 yang merupakan bagian panduan tahunan Dulux untuk tren desain global. Pada acara peluncuran di Somerset House, London pada hari ini, para ahli desain dan wartawan internasional disuguhi pemikiran di balik pemilihan tren warna terbaru untuk tahun depan. 

Warna emas dan keemasan tampil dalam berbagai media dan digunakan berulangkali, tidak hanya pada pameran desain dan desain grafis, tetapi juga dunia arsitektur, fashion, kecantikan, dan dekorasi interior. Tidak berlebihan bila dikatakan warna ini menjadi  idola para pelaku dunia desain global.

Tahun ini, kita dihadapkan realitas menarik, di mana kita hidup di persimpangan zaman, persilangan antara masa lalu dan masa depan, perpaduan tradisi dan inovasi modern. Mengulas pendapat dan pandangan yang berlawanan menjadi hal yang sangat penting dan menarik untuk dilakukan. Kontradiksi ini diidentifikasi sempurna oleh warna emas yang mengikat seluruh tren 2016 dalam satu tema: Melihat ke Dua Sisi (Looking Both Ways).

Tema dualitas ini diwakilkan oleh “Monarch Gold”, memiliki nuansa cukup terang untuk menarik perhatian, namun tetap selaras dikombinasikan dengan warna lain. Warna ini mengingatkan akan pesona masa lalu serta mendeskripsikan keindahan warna-warna bumi. Inilah ‘Golden Hour’ dalam warna, transisi gelap dan terang; nuansa yang tampil di lukisan para empu di masa lalu (warisan) maupun seniman modern (masa depan). Warna yang memadukan masa lalu, maka kini dan masa depan kita.

Trend warna ini merupakan hasil dari studi yang dilakukan oleh AkzoNobel secara berturut-turut selama 13 tahun tentang tren desain global, yang dikenal sebagai ColourFuturesTM. Setiap tahun, AkzoNobel Global Aesthetic Center mempertemukan Analogue Group, yakni sekelompok pakar ternama di bidang desain dan warna untuk membahas apa yang mereka percaya akan menjadi perkembangan utama di dunia pada tahun-tahun mendatang, berdasarkan tren sosial dan desain global.

Mewakili berbagai bidang di dunia, para ahli tersebut mampu menarik banyak sumber, mulai dari seni rupa hingga teknologi, desain hingga alam, arsitektur hingga fashion, serta musik dan budaya populer, dalam rangka memberikan wawasan kepada industri desain tentang tren terbaru di tahun mendatang.

Setiap tahun, ColourFuturesTM menampilkan kekuatan pendorong yang mendukung semua tren ini secara bersamaan yang akhirnya disimpulkan menjadi Colour of the Year. Untuk tahun 2016, selain ‘Monarch Gold’ yang dinominasikan sebagai Colour of the Year, dualitas ‘melihat kedua sisi’ juga terdapat pada empat tren utama, yaitu:
1.      Heritage & Future
‘Dengan melihat masa lalu, kita dapat merancang masa depan’
Tren ini meletakkan dasar-dasar identitas kita. Mengambil inspirasi dari masa lalu, menunjukkan dasar-dasar identitas, dan meraih keyakinan untuk melangkah maju. Referensi dari sejarah di zaman dahulu mungkin berlawanan atau malah mendukung zaman modern. Selain itu, dengan menghargai sejarah, kita membangun nilai-nilai, sekaligus melengkapi karakter kita, sehingga lebih siap merancang masa depan. Diterjemahkan ke dalam palet warna, kita melihat warna merah mewakili warisan yang kaya, serta nuansa kontemporer cerah yang mengacu ke masa depan.

2.      Words & Pictures
‘Ada kekuatan baru dalam grafis dan pernyataan’
Kita hidup di zaman kejenuhan visual, di mana setiap gerakan dicatat dan dibagikan ke media sosial. Akibatnya, kita lebih sering melihat kuantitas daripada kualitas, sehingga satu kata menjadi tidak penting karena digunakan berlebihan. Kini, kita menemukan kekuatan baru dalam kata yang digunakan dalam konteks tepat. Penggunaan huruf juga terlihat dalam desain interior dan arsitektur tetapi bukan kata dan gambar yang saling berlawanan, melainkan saling melengkapi satu dengan yang lain. Tren ini tampil dalam palet warna biru tinta dan abu-abu grafit, yang kontras dengan nuansa warna seputar ponsel pintar dan fitur media sosial.

3.      Dark & Light
‘Kita sudah cukup lama terobsesi pada cahaya, tapi kini sadar bahwa kita juga membutuhkan gelap untuk hidup sehat dan tenang’
Salah satu tren kunci untuk 2016 adalah menghargai gelap. Kampanye Earth Hour - di mana jutaan orang di seluruh dunia mematikan lampu pada hari yang sama, menunjukkan hebatnya polusi cahaya mempengaruhi kita semua. Penelitian membuktikan betapa pentingnya memiliki tidur tenang dan berkualitas, tanpa dipengaruhi oleh gangguan cahaya. Ini bukan hanya tentang manusia; penelitian juga menunjukkan bahwa polusi cahaya dapat mempengaruhi aktivitas biologis tanaman dan satwa liar nokturnal. Sama seperti saat kita membutuhkan gelap agar dapat melihat bintang-bintang di langit, para seniman Belanda abad ke-17 menunjukkan teknik mereka dalam menangkap kilau dan permainan cahaya yang terbaik, yakni digambarkan kontras dengan warna gelap. Banyak warna dalam palet ini mampu berbaur dengan halus, yang mengingatkan kita pada ‘golden hour’ saat suasana senja dan fajar.

4.      The Grid & Letting Go
'Gaya hidup perkotaan merindukan kekacauan yang terkendali’ 
Kita sering menemukan godaan untuk ‘lepas kendali’ agar bisa menjadi seseorang di era dunia modern. Tapi tidak mungkin kita berbicara tentang kembali bebas dan hidup di luar garis tanpa kerangka acuan. Kita perlu batas-batas di mana bisa hidup, bahkan meski kita berusaha untuk melawannya; kebebasan hanya bisa dipahami dalam konteks kerangka. Oleh karena itu, warna dalam palet ini adalah warna-warna yang hidup dan ceria, namun tetap dibatasi oleh warna hitam dan putih.

Warna dan desain adalah bagian penting dari bisnis AkzoNobel, di mana divisi cat dekoratif mewakili 27 persen dari total pendapatan perusahaan pada tahun 2014. ColourFuturesTM juga merupakan salah satu conton dari inisiatif Kota Humanis dari AkzoNobel, di mana perusahaan memanfaatkan keahliannya untuk membuat kehidupan kota menjadi lebih berenergi, inspiratif dan bersemangat bagi orang-orang di seluruh dunia. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat, agar kota dan warganya terhubung secara emosional, dan fokus pada enam pilar - warna, warisan, transportasi, olahraga, pendidikan dan sustainability.

Mengomentari peluncuran Colour of the Year 2016 dan ColourFuturesTM 2016, Ruud Joosten, anggota Komite Eksekutif AkzoNobel Decorative Paints mengatakan, "Warna merupakan bagian integral dari bisnis kami - kami mempelajari warna dan desain tren global karena kami ingin berada di ujung tombak keinginan konsumen. Produk AkzoNobel yang penuh warna dapat ditemukan di tempat-tempat yang tidak terduga; mulai dari cat dekoratif di rumah-rumah penduduk, hingga cat pelapis yang melindungi bangunan global yang ikonik dan membuat mobil Formula 1 melaju lebih cepat.”

"Kami ingin berbagi pengetahuan tentang warna dengan orang-orang di seluruh dunia, sehingga setiap orang dapat terinspirasi dan mendapatkan manfaat dari kekuatan transformasi warna dalam kehidupan ", tambah Ruud.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ColourFuturesTM, silahkan kunjungi www.ColourFutures.com.

******
Tentang AkzoNobel
AkzoNobel adalah perusahaan cat dan pelapis, serta produsen utama bahan kimia khusus terkemuka di dunia. Dengan para ahli yang handal, kami menyediakan industri dan konsumen di seluruh dunia dengan produk-produk inovatif dan teknologi ramah lingkungan yang dirancang untuk memenuhi tuntutan dari planet kita yang berkembang dengan sangat cepat. Berkantor pusat di Amsterdam, Belanda, kami mempunyai 47,000 staf di 80 negara di dunia, dengan portofolio mencakup merek-merek terkenal seperti Dulux, Sikkens, International dan Eka. Sebagai pemimpin di bidang keberlanjutan kami berkomitmen untuk membuat hidup semakin  berwarna dan kota yang lebih humanis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar