Jumat, 01 April 2016

Peluncuran Buku Menyunting Manual Wikipedia Bahasa Indonesia Di Goethe-Institute Jakarta


                              


Jakarta, LiputanSatu. Goethe-Institut Jakarta bekerjasama dengan Wikimedia Indonesia menyelenggarakan acara peluncuran "Buku Pedoman I: Menyunting Manual Wikipedia Bahasa Indonesia." Acara berlangsung, Kamis, 31 Maret 2016 di Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta  Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 9-15, Menteng, Jakarta. 

Christel Mahnke, Kepala Bagian Informasi dan Perpustakaan  Goethe Institut dalam sambutannya menyatakan  bagaimana perpustakaan di Jerman mendukung Wikipedia bahasa Jerman dengan aktif. Memulai menyunting artikel saat situs tersebut diluncurkan pada bulan Juni 2001. Ide informasi untuk semua dan akses bebas untuk konten pengetahuan adalah misi utama perpustakaan sebelum jaman digital dan masih relevan hingga kini.  Goethe-Institut bangga dengan tetap mendukung akses pada penegtahuan saat masyarakat bertransformasi memasuki era digital.

Sementara Siska Doviana sebagai penulis buku paduan manual Wikipedia bahasa Indonesua dan juga mantan Ketua Umum Wikipedia Indonesia menyambut baik kerjasama ini. Menurut Siska, perpustakaan adalah sangat penting untuk Wikipedia karena buku memiliki informasi dan referensi yang penting bagi penulis dalam menciptakan konten yang berkualitas tinggi.  Wikipedia melalui kompetensi  "Bebaskan Pengetahuan" yang dilangsungkan pada tahun 2010 dan 2014.

Buku Panduan Wikipedia bahasa Indonesia pembuatannya didanai oleh hibah Making All Voice Count  (MAVC) sebagai bagian dari upaya tranparansi informasi di Kalimantan. Ria Ernunsari dan Hivos yang juga menjadi salah satu pembicara  menyatakan pentingnya inisitip global yang mendukung inovasi penggunaan massal inovasi tersebut. Riset menemukan teknologi baru yang memungkinkan warga negara serta pemerintah untuk lebih terlibat merespon kebijakan . Karenanya MAVC mendukung Wikipedia dan open Street Map dalam menyediakan informasi mengenai geo-spasi dan teks yang dapat diakses orang dengan mudah. 

Peluncuran buku ini disetai dengan pelatihan, dimana 30 peserta dari berbagai latar belakang dan lokasi mencoba untuk membuat artikel Wikipedia yang mengunakan Buku paduan untuk pertama kalinya.

Buku pedoman ini merupakan buku modul pertama dari rangkaian tiga modul yang tersedia dengan topik yang berbeda. Modul pertama ditujukan untuk pengguna Wikipedia pemula yang ingin menyunting secara manual. Modul ini memuat penjelasan mengenai cara memulai penyuntingan yang disesuaikan dengan aturan, pedoman dan kebijakan Wikipedia. 

Modul kedua ditujukan untuk pengguna yang ingin berkontribusi lebih lanjut dengan menggunakan bot di Wikipedia.   Modul ketiga ditujukan untuk pengguna yang ingin membuat artikel secara otomatis dengan menggunakan data-data dari OpenStreetMap.

Pada 2016 ini, Wikpedia Indonesia dan Goethe-Institut Indonesien berencana untuk mengundang pembicara dari Jerman dan penulis buku Paduan Praktis Pengugunaan Creative Commons, Till Kreutzer yang bukunya telah diterjemaahkan ke dalam Bahasa Indonesia. (PR - RAC). 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar