Kamis, 09 Februari 2012

Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Siswa SLTA Tingkat Nasional Ke-11 Tahun 2012

Kepada Yth.
Rekan Jurnalis
Meja BUDAYA & PENDIDIKAN

UNDANGAN Selasa, 18 Februari 2012

Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Siswa SLTA Tingkat Nasional Ke-11 Tahun 2012

----------------------------- Berdasarkan hasil survey The Japan Foundation terhadap lembaga pendidikan bahasa Jepang pada tahun 2009, pembelajar bahasa Jepang dari 125 negara di 5 benua yang berhasil disurvey berjumlah 3,651,761 orang. Dari jumlah tersebut, pembelajar bahasa Jepang di Indonesia menduduki peringkat ke-3 setelah Korea dan Cina, yaitu sebanyak 716,353 orang. Peringkat ini mengalami peningkatan dibanding hasil survey 2006, di mana pembelajar bahasa Jepang di Indonesia di kala itu menduduki peringkat ke-4.
Dalam rangka meningkatkan minat dan semangat siswa SLTA dalam mempelajari bahasa Jepang, The Japan Foundation Jakarta akan menyelenggarakan "Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Siswa SLTA Tingkat Nasional Ke-11 Tahun 2012” bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen. Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Nasional dan RRI Jakarta.
Lomba Pidato Tingkat Nasional untuk Siswa SLTA untuk ke-11 kalinya ini akan diadakan pada,
Hari/Tanggal : Sabtu, 18 Februari 2012 Pukul : 10:00 - 13.00 wib.
Tempat : Auditorium RRI Jakarta, Jl. Medan Merdeka Barat, Jak-Pus.
ACARA INI TERBUKA untuk UMUM | GRATIS | tanpa tanda MASUK

Lomba ini akan diikuti oleh 13 siswa SMA pemenang Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Daerah dari 8 wilayah MGMP Bahasa Jepang, yakni Sumatera Utara (1 orang), Sumatera Barat (1 orang), Jabodetabek (2 orang), Jawa Barat (2 orang), Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (2 orang), Jawa Timur (2 orang), Bali (2 orang) dan Sulawesi Utara (1 orang).
Sebagai Acara Selingan, akan ditampilkan acara Nyanyi dan Tari, yaitu :
(1) Pertunjukan TARIAN JEPANG YOSAKOI, oleh kolaborasi siswa beberapa SMA/MA di Jabodetabek.
(2) VOCAL GROUP LAGU JEPANG, oleh Juara Vocal Group Lagu Jepang SMA/MA se Jabodetabek.
(3) TARI SAMAN dari MA Negeri 4 Model Jakarta, Juara 1 Festival tari Saman Piala Gubernur Aceh Tahun 2011

Seperti pada tahun sebelumnya, selain mendapat hadiah & sertifikat, pemenang lomba pidato tingkat nasional ini juga akan dicalonkan sebagai peserta Program Kunjungan ke Jepang sebagai wakil dari Indonesia untuk 2 program berikut ini : 1. "Japanese-Language Program for High School Students" dari The Japan Foundation Japanese Language Institute, Kansai 2. "Japanese Speech Awards (JSA)"
Kegiatan Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Siswa SLTA ini juga didukung oleh : Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), PT.Panasonic Manufacturing Indonesia, PT. Asuransi MSIG, PT. Hoyu Indonesia, Penerbit Kesaint Blanc dan Japan Embassy.

Kami mengharapkan kehadiran Bapak dan Ibu dari kalangan pers dan media elektronik untuk menyaksikan dan sekaligus meliput acara ini.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi Bagian Bahasa Jepang, The Japan Foundation, Jakarta (Ibu Apin), Telp.021-5201266.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar