Senin, 28 April 2014

GREENPEACE INDONESIA: Kamu berperan menentukan masa depan Indonesia

100 Persen Indonesia
Hai Ruslan Andy Chandra,

Kamu berperan menentukan masa depan Indonesia.

Saya pernah merasakan bagaimana rasanya menghirup asap kebakaran hutan selama berhari-hari. Mata perih dan dada sesak sekali. Rasanya tidak berdaya karena kemana pun kita pergi asap memenuhi udara menyelimuti bumi kita berpijak. Pengalaman itu tidak pernah saya lupakan. Bagi rekan saya, Zamzami dan jutaan masyarakat Riau, hal demikian seperti sudah merupakan siklus rutin hidup mereka. Saya selalu membayangkan para balita yang hidup dalam situasi demikian.
Bukan saja berakibat buruk bagi penduduk lokal, kebakaran hutan dan lahan gambut juga membawa konsekuensi yang jauh lebih luas dari yang kita bayangkan. Emisi gas rumah kaca hasil kebakaran hutan dan gambut mempercepat pemanasan global, membuat temperatur bumi kita meningkat layaknya orang yang sedang demam. Dan seperti kita tau pemanasan global ini telah mengakibatkan perubahan iklim dengan dampak negatif yang sudah kita ketahui.
Tutupan hutan menyerap emisi gas rumah kaca, namun karena tutupan hutan menyusutnya terus maka kelebihan gas rumah kaca tersebut pada akhirnya akan terserap oleh laut, yang berakibat pada meningkatnya tingkat keasaman laut. Peningkatan keasaman laut menimbulkan efek berantai dengan dampak luar biasa yang belum kita ketahui sepenuhnya.
Meskipun seakan terpisah jauh, sesungguhnya hutan dan laut memiliki hubungan yang sangat erat dan saling mempengaruhi.
Bila kekuatan ada di tangan kamu, apa yang akan kamu lakukan? Maukah kamu membantu Zamzami dan putri kecilnya agar mereka tidak lagi harus menghirup asap setiap tahunnya? Maukah kamu turut menyelamatkan hutan dan sekaligus menyelamatkan lautan, iklim dan juga laut kita?
Kita bisa ikut menentukan lingkungan hidup dan negeri kita menjadi lebih baik.

Klik di sini, mari bersuara untuk 100% Indonesia yang lebih hijau.

Salam Indonesia hijau damai,


id.sender.Longgena.gif
Longgena Ginting
Kepala Greenpeace Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar