Rabu, 17 Desember 2014

Workshop Penguatan Media, IRMAN: Setjen DPD RI harus mendorong Anggota DPD RI untuk publikasikan hasil kerjanya.

LIPUTANSATU.COM - Staf Sekretariat Jenderal (Setjen) DPD RI diharapkan mampu memanfaatkan media untuk lebih menampilkan Anggota DPD ke publik. Hal ini disampaikan Ketua DPD RI, Irman Gusman saat membuka Workshop "Peningkatan Dukungan kepada DPD RI melalui Penguatan Komunikasi dengan Media di Ruang Komite I, Gedung B DPD RI, Jakarta, Rabu 17 Desember 2014.

Irman mengatakan sebagai lembaga politik, setiap anggota DPD RI harus didukung oleh staf ahli yang memiliki kemampuan mengkomunikasikan hasil kerjanya kepada masyarakat.

"Sebagai lembaga politik, kerja politik dari Anggota harus dapat dikomunikasikan kepada masyarakat, ini menjadi tugas dari staf ahli untuk men-support anggota," ujar Irman.

Irman mengingatkan di era informasi seperti saat ini, sangat dibutuhkan kesadaran akan peran media agar semua anggota DPD lebih menampilkan diri ke masyarakat, sehingga apa yang telah dikerjakan terpublikasi.

"Di kita masalah komunikasi dan informasi masih lemah. Di DPD, yang atur komunikasi ada Pusdatin. Pusdatin lebih banyak mendokumentasikan daripada komunikasi, apalagi menginformasikan. Pusdatin yang ada selama ini masih pasif, harus ada komunikasi dua arah" tambah Irman.

Seharusnya, kata Irman, staf ahli mengingatkan anggota bahwa kehadirannya dalam rapat-rapat kerja di DPD RI adalah sebagai aktor politik yang mengemban tugas dari rakyat yang diwakilinya. Sehingga, segala sesuatu yang dilakukan oleh anggota harus disampaikan kembali kepada publik.

Lebih lanjut, Irman berharap agar setiap anggota maupun sekretariat DPD RI tidak menjadikan media sebagai musuh melainkan sebagai partner. Bahkan, DPD harus paham bagaimana membuat suatu berita yang menarik tanpa memprovokasi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Data dan Informasi DPD RI, Nana Sutisna mengatakan melalui workshop ini, Irman berharap staf DPD RI dapat meningkatkan kemampuan untuk mengemas dan mengelola pemberitaan yang menarik bagi media.

"Workshop ini akan menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten dan diharapkan seluruh peserta dapat memahami materi sehingga ke depan kita mampu menciptakan sinergi yang baik antara DPD RI dan media massa," ujar Nana.

Workshop ini berlangsung selama dua hari, yakni Rabu (17/12) dan Kamis (18/12) dan akan menghadirkan sejumlah narasumber antara lain, Pemred Detikcom Arifin Asydad, Pemred Investor Daily Primus Dorimulu, Pemred Media Indonesia Usman Kansong, dan Kepala Desk Nusantara Harian Kompas Tri Agung.***

                                    Siaran pers ini dikeluarkan secara resmi oleh
                                    Bidang Pemberitaan dan Media Visual
                                    Sekretariat Jenderal DPD RI


                                    Penanggungjawab:
                                    Mahyu Darma



Keterangan Foto :

Foto 1 & 2 : Ketua DPD RI Irman Gusman memberikan pemaparan dalam Workshop "Peningkatan Dukungan kepada DPD RI melalui Penguatan Komunikasi dengan Media" di Ruang Komite I, Gedung B DPD RI, Jakarta, Rabu 17 Desember 2014.

Foto 3 : Dari kiri ke kanan : Sekretaris Jenderal DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto, Pemimpin Redaksi Investor Daily Primus Dorimulu, Ketua DPD RI Irman Gusman dan Kepala Pusat Data dan Informasi DPD RI Nana Sutisna berfoto bersama dalam acara Workshop "Peningkatan Dukungan kepada DPD RI melalui Penguatan Komunikasi dengan Media"
 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar