Jumat, 27 April 2012

Danamon Award 2012 Diluncurkan

 
 
 
27
Mar
PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (Danamon) hari ini meluncurkan Danamon Award 2012 dan menjalin kerja sama dengan United Nations Development Programme (UNDP), suatu organisasi Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) yang bergerak dalam bidang pembangunan. Kerja sama ini ditandai oleh penandatanganan nota kesepakatan (Memorandum of Understanding/MoU) antara Danamon dan UNDP. Danamon Award merupakan apresiasi tertinggi bagi orang-orang biasa yang menghasilkan suatu usaha yang luar biasa sehingga memberikan inspirasi, membuat perubahan positif, memberikan manfaat serta meningkatkan kualitas hidup bagi banyak orang dan lingkungan di sekitarnya. Danamon Award 2012 merupakan ajang keenam sejak pertama kali dilakukan pada tahun 2006.  
 
Penyelenggaraan Danamon Award ini merupakan wujud dari visi Danamon yaitu ’kita peduli dan membantu jutaan orang untuk mencapai kesejahteraan.’ Dengan berkerja sama dengan UNDP, suatu lembaga terkemuka di dunia, Danamon semakin memperkuat komitmennya untuk memberdayakan masyarakat dan memperluas jangkauan menuju ke tingkat internasional,” kata Fransiska Oei, Direktur Danamon. 
 
UNDP adalah jaringan pembangunan global PBB yang melakukan advokasi untuk perubahan dan memberi akses pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya di berbagai negara sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat. UNDP ada di 176 negara dan membantu negara-negara ini untuk mendapatkan solusi mereka sendiri terhadap tantangan pembangunan global maupun nasional. Dalam meningkatkan kapasitas mereka, negara-negara ini mendapatkan bantuan dari personil UNDP dan rekan-rekan UNDP.
   
Kami sangat bangga dapat berkerja sama dengan Danamon dalam Danamon Award 2012. Kemitraan ini mencerminkan komitmen bersama UNDP dan Danamon untuk mengenal upaya-upaya yang dilakukan individu maupun kelompok tiap harinya dalam meningkatkan kesejahteraan dirinya, keluarganya, maupun masyarakat di sekitarnya. Ini adalah inti dari pembangunan– yaitu membantu individu memperbaik kualitas hidup dirinya maupun lingkungan bagi orang banyak sekitarnya melalui cara-cara yang berkelanjutan,” kata Beate Trankmann, UN Resident Representative Ad Interim of UNDP.  
 
Sementara itu, Zsa Zsa Yusharyahya, Ketua  Panitia Pelaksana Danamon Award 2012, memberikan satu contoh nyata aktivitas yang berkelanjutan dari salah satu peraih Danamon 2007, Slamet Riyadi, yang, dalam usaha kerajinan anyamannya, memberdayakan para lansia untuk dapat terus berkarya dan berkontribusi terhadap lingkungan dengan memanfaatkan limbah plastik dan alumunium foil. ”Sejak meraih Danamon Award, usaha Bapak Slamet Riyadi lebih dikenal oleh masyarakat sehingga menjadi lebih berkembang,” kata Zsa Zsa Yusharyahya.  
 
Proses penjurian Danamon Award 2012 dimulai melalui dua tahapan penilaian dan verifikasi. Dewan Juri Danamon Award 2012 menetapkan empat kriteria penilaian yaitu motivation (motivasi), outcome (hasil), outreach (jangkauan), dan sustainability (keberlangsungan) dan melakukan seleksi untuk menentukan lima peraih Danamon Award 2012. Dari kelima peraih Danamon Award ini akan dilakukan pemilihan peraih Danamon Award 2012 terfavorit yang melibatkan masyarakat luas melalui sistem voting secara online dan melalui sms (short messages system) serta pemilihan untuk pertama kalinya melalui jejaring sosial. 
 
Sebagai bagian dari komitmen Danamon untuk melibatkan publik dalam Danamon Award, tahun ini pemilihan peraih Danamon Award terfavorit dapat dilakukan melalui Facebook seiring dengan maraknya penggunaan jejaring sosial di Indonesia. Dengan demikian, pencapaian luar biasa para peraih Danamon Award 2012 akan lebih dikenal oleh masyarakat, tidak hanya di Indonesia, namun juga secara internasional melalui UNDP.
 
Dewan Juri Danamon Award 2012 terdiri dari Charles Saerang (Presiden Direktur PT Nyonya Meneer), Mira Lesmanawati (Produser Film), Toriq Hadad (Kepala Pemberitaan Korporat Tempo Media Group), Imam B. Prasodjo (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia), Ade Swargo Mulyo (Regional Project Manager Asia Tenggara, SwissContact), Angger Pribadi Wibowo (Head of Planning, Monitoring and Evaluation Unit, UNDP Indonesia), I Wayan Dipta (Deputi VIII – Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah) dan Bonaria Siahaan (Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli).
 
Proses penerimaan nominasi Danamon Award 2012 dilaksanakan dari tanggal 28 Maret 2012 sampai 20 April 2012. Sementara, proses penjurian dilakukan dari tanggal 1 Mei 2012 sampai 24 Mei 2012. Setelah terpilihnya lima peraih Danamon Award 2012, pemilihan peraih terfavorit melalui proses voting diadakan pada periode 8 Juni 2012 sampai 8 Juli 2012. Sedangkan, penganugerahan peraih Danamon Award 2012 akan diselenggarakan pada tanggal 16 Juli 2012.
 
Selain UNDP, Danamon Award 2012 dilaksanakan bekerja sama dengan Kelompok Tempo Media, penerbit Tempo Magazine, SwissContact, TV One dan Radio 99,1 Delta FM. Pada tahun ini, Untuk mengetahui informasi mengenai Danamon Award 2012 dan untuk mendaftarkan nominasi,  silahkan kunjungi situs http://www.danamonaward.org. 
 
Danamon Award 2012 terbuka untuk semua orang, kecuali karyawan Danamon dan anak perusahaannya, serta pihak ketiga yang menjadi rekanan dalam penyelenggaraan Danamon Award 2012. Khusus untuk karyawan Danamon dan anak perusahaan disediakan penghargaan khusus bernama Bisa Award. Bisa Award adalah bentuk apresiasi perusahaan terhadap karyawan yang telah menunjukkan nilai-nilai budaya Danamon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar