Kamis, 17 Januari 2013

Ditemukan, Bongkahan Emas Seberat 5 Kg di Australia

ttp://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/01/17/7/123643/Ditemukan-Bongkahan-Emas-Seberat-5-Kg-di-Australia
 

Ditemukan, Bongkahan Emas Seberat 5 Kg di Australia

Kamis, 17 Januari 2013 | 19:54 WIB
Metrotvnews.com, Victoria: Seorang pencari emas di Australia selatan menemukan lima kilogram bongkah emas dengan menggunakan detektor logam. Bongkah emas itu diperkirakan bernilai lebih dari US$315 ribu atau senilai Rp3 miliar.

Pencari emas itu mengatakan detektor logamnya berbunyi sangat keras saat menangkap adanya bongkah emas sekitar 60 sentimeter di bawah tanah di dekat Kota Ballarat, Negara Bagian Victoria, pada Rabu (16/1).

Kawasan ini populer oleh para pencari emas dan merupakan tempat penting bagi tambang emas Australia pada tahun 1800-an yang menyebabkan banjir migran dan mengangkat perekonomian negara itu.

Para pakar setempat mengatakan temuan pencari emas itu merupakan yang terbesar yang pernah ditemukan selama ini. Pencari emas di Australia selatan itu menolak namanya diumumkan.

Temuan bongkah emas berbentuk Y itu dipastikan oleh Cordell Kent, seorang pemilik toko emas di kota Ballarat, 110 kilometer dari Melbourne.

"Banyak orang yang menganggap ladang emas Victoria sudah mati dan tidak ada lagi yang tersisa. Pencari emas itu bekerja di kawasan yang selama ini telah diburu banyak orang namun ia tetap yakin dan mendapat keberuntungan," kata Kent, pemilik toko Mining Exchange Gold.

Kent mengatakan bongkah emas itu merupakan yang terbesar yang pernah ia temukan sejak berkecimpung selama 20 tahun dalam industri emas.

"Kami memiliki 800 pencari emas yang tercatat di buku kami dan hanya dua yang menemukan bongkah emas besar," tambahnya. (BBC/OL-9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar