Kamis, 18 April 2013

STIKOM The London School of Public Relations - Jakarta dan Sepuluh Ribu Mangrove Untuk Bumi


 
“Tanaman bakau memiliki banyak manfaat bagi lingkungan. Maka dari itu, Mangrovement dapat menjadi aksi nyata untuk menyuarakan pentingnya untuk melestarikan bukan hanya tanaman bakau secara khusus, tapi juga lingkungan kita secara umum.”
(Imanuel Hutagalung, M.Sc- Puket III London School of Public Relation)
 
          Jakarta, 16 Maret 2013. LSPR 4C (Climate Change Champion Club) dan Green Smile (Kumpulan Senyum Hijau) menyelenggarakan sebuah acara penanaman tanaman bakau atau mangrove bertajuk ‘Mangrovement’ yang diadakan di Tanjung Pasir, Tangerang pada hari Sabtu tanggal 16 Maret 2013. Penanaman tanaman bakau dipilih karena memiliki banyak manfaat bagi lingkungan. Sayangnya, menurut data yang diungkapkan oleh pemerintah Indonesia, saat ini jumlah hutan bakau telah berkurang drastis dimana tambak dan perkebunan sawit menjadi dua penyebab utamanya.
 
          Pada Mangrovement ini rencananya akan dilakukan penanaman 10.000 bibit tanaman bakau yang dilakukan oleh para anggota LSPR 4C dan Green Smile serta para undangan yang diundang secara khusus untuk menghadiri acara ini seperti anggota-anggota komunitas hijau di Jakarta dan Tangerang, Puteri Indonesia Lingkungan Hidup 2013 yaitu Marisa Sarika, Miche Michael Leslie (Koko Jakarta 2012), Jeane Rosita Gunawan (Favorit Cici Jakarta 2012), Ongkodiputra Aries Surya (Finalis Koko Jakarta 2012), Laurencia Stephanie (Finalis Cici Jakarta 2012). Tanjung Pasir dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Mangrovement ini dikarenakan tempat ini memang merupakan tempat konservasi tanaman bakau. Selain itu, menurut penduduk desa tersebut, sebelumnya desa tersebut memang merupakan hutan bakau, namun dikarenakan perilaku masyarakat desa yang menebangi hutan tersebut untuk pemukiman dan tambak, hutan bakau tersebut menjadi habis dan memberi efek yang justru merugikan perekonomian masyarakat desa. Maka dari itu, diharapkan penanaman 10.000 bakau ini sedikit banyak akan membantu perekonomian dan kelestarian alam desa tersebut.
 
          Mangrovement ini merupakan kerja sama dari LSPR 4C dan Green Smile dimana keduanya merupakan organisasi yang peka terhadap masalah lingkungan. Masalah lingkungan sendiri bukan hanya masalah yang terjadi di daratan, masalah yang terdapat di lautan dan udara juga harus diperhatikan. Karena itu, melalui Mangrovement, kami bisa menyumbangkan perhatian baik pada darat, laut dan udara sekaligus, karena tanaman mangrove dapat menjaga daratan dari erosi serta menjadi ekosistem yang baik bagi hewan laut juga penyerap polutan di udara,” ujar Jeffrey Nayoan, President LSPR 4C 2013.
 
          LSPR 4C merupakan klub yang terbentuk di London School of Public Relation Jakarta yang memfokuskan diri kepada masalah lingkungan. Berdiri sejak tahun 2009, kegiatan Mangrovement ini sendiri sudah dilakukan sebanyak lima kaliLSPREnvironment Month merupakan rangkaian acara bertemakan lingkungan yang diadakan LSPR 4C pada bulan Maret setiap tahunnya denga”Save Our Planet” menjadi tema yang diusung tahun ini. “Think Green, Act Green, Start From Our Hands” merupakan tagline yang selalu dengan bangga diteriakan oleh para agent of change, sebutan bagi para anggota LSPR 4C.
 
          Green Smile (Perkumpulan Senyum Hijau) adalah perkumpulan pemuda yang concern terhadap perbaikan alam. Green Smile memiliki visi untuk menciptakan harmoni antara manusia dengan alam. “Leaving a Better Planet for The Next Generation” merupakan motto dari Green Smile.
          STIKOM London School of Public Relations Jakarta merupakan perguruan tinggi swasta yang mengkhususkan diri pada bidang ilmu komunikasi yang memiliki program sarjana dan pasca sarjana. Ada 6 jurusan yang dimiliki oleh LSPR yaitu Public Relations, Marketing Communication, Mass Communication, Advertising, Performing Arts Communication dan International Relations Communication. Berdiri sejak 1 Juli 1992, STIKOM London School of Public Relations telah meluluskan ribuan mahasiswa yang siap bersaing dalam industri bisnis dan komunikasi.
***
 
Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi:
Aprida Sihombing (aprida.ms@lspr.edu )
Media Relations Executive
0812.1951.383 
LSPR – Jakarta
 
Sally (saallyps@yahoo.com)
Coordinator Media Relations of LSPR 4C
081219688216
 

 
-----------------------
Best Regards,
 
 
Siti Nurjanah Mandachan
Assistant Head of Media Center
Coordinator of  LSPR Climate ChangeChampion Community
www.lspr.edu/csr/lspr4c , @LSPR_4C , Fanpages : LSPR 4C
 
STIKOM The London School of Public Relations - Jakarta
 
HP : 08567891028

Tidak ada komentar:

Posting Komentar