Jumat, 21 Juni 2013

Ekspresi Unik Express dalam Merayakan HUT Jakarta

 






Jakarta, 22 Juni 2013 – Beragam cara dilakukan masyarakat untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-486 yang jatuh pada 22 Juni 2013 ini. PT Express Transindo Utama, Tbk (Express Group), pengelola jasa transportasi darat, khususnya taksi yang unggul di Indonesia juga memiliki cara unik untuk merayakan ulang tahun Jakarta. Hari ini, seluruh mitra pengemudi taksi Express di Jakarta akan menggunakan pakaian tradisional Betawi. Kegiatan Express Group ini disiapkan khusus untuk mengingat kembali akar masyarakat yang tumbuh di Kota Jakarta dan dalam rangka melestarikan budaya tradisional Jakarta pada hari ulang tahun Jakarta ke-486 ini.
Daniel Podiman, Presiden Direktur Express Group mengatakan “Memang hari ini seluruh pengemudi taksi Express dihimbau untuk menggunakan baju Sadariah. Ini dilakukan sebagai perwujudan rasa cinta terhadap akar budaya Jakarta dalam rangka merayakan HUT DKI Jakarta ke-486. Bagaimanapun, budaya masyarakat di kota ini telah menjadikan kota ini sebagai lahan yang subur bagi usaha kami.” Dengan cara ini, Daniel Podiman juga mengharapkan agar para pengemudi bisa menginspirasi masyarakat untuk menyebarkan semangat pelestarian budaya kepada warga Jakarta.
Budaya tradisional Betawi terlihat dari pakaian tradisonal Betawi yang banyak terpengaruh oleh budaya Arab dan China. Pakaian tradisional sehari-hari Betawi dikenal dengan nama Baju Sadariah untuk laki-laki dan Kebaya Encim untuk perempuan. Baju Sadariah ialah baju koko, celana batik, sarung yang biasa disandarkan pada bahu dan peci atau kopiah. Sedangkan Baju Encim berbentuk baju kebaya dengan corak bunga dan umumnya berwarna cerah, sarung batik, selendang sifon, dan umumnya para perempuan betawi menggunakan konde dengan sebutan “konde cepol”. Sehingga meskipun kota Jakarta telah menginjak usia 486 tahun dan telah bertransformasi menjadi cosmopolitan city yang sangat modern, identitas budaya tradisional Betawi bisa tetap tumbuh bersama budaya-budaya lain yang kini eksis juga di Jakarta. “Meskipun telah menjadi sebuah melting pot bagi bermacam-macam kebudayaan, Jakarta jangan sampai kehilangan kepribadian dan akar kebudayaannya, sehingga kita tidak akan pernah kehilangan nilai-nilai baik (good values) yang pada awalnya telah melahirkan dan membesarkan kota ini,” tegas Daniel.
Jumlah armada taksi reguler Express saat ini  berjumlah lebih dari 8.500, yang terus ditargetkan untuk bertambah hingga mencapai lebih dari 10.000 armada sampai akhir tahun 2013 ini. Area operasi Express Group sendiri mencakup beberapa kota besar seperti Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Semarang, Medan, Lombok dan Bali, Bandung. Ada sekitar 18.000 pengemudi yang mengemudikan taksi reguler Express di seluruh area. Khusus di area Jakarta, seluruh pengemudi tersebut akan menjadi duta pelestarian budaya Betawi di Jakarta melalui kegiatan ini.
Daniel juga berpesan kepada semua warga Jakarta baik pemerintah, pelaku industri dan masyarakat luas untuk ikut melestarikan dan tidak meninggalkan budaya tradisional di tengah kemajuan bangsa yang sangat pesat. Diharapkan agar dari inisiatif Express Group dalam melestarikan budaya tradisional dengan penyeragaman pengemudi dengan baju tradisional Betawi, kita dapat kembali mengingat budaya tradisional dan menumbuhkan semangat untuk melestarikan budaya Indonesia. Inilah cara unik Express dalam mengucapkan Dirgahayu Kota Jakarta ke-486.
Tentang Express Group
Express Group  adalah salah satu perusahaan penyedia jasa layanan transportasi darat yang kompetitif di Indonesia. Express Group saat ini mengoperasikan  lebih dari 8.500 unit taksi di seluruh Indonesia dengan wilayah pelayanan mencakup Medan, Jabodetabek, Semarang, dan Surabaya.  Termasuk di dalam armada taksi ini adalah 108 unit Tiara Express, taksi Premium dengan kendaraan Toyota Alphard dan Mercedes Benz Viano yang dioperasikan di Jakarta. Saat ini Express Group memiliki lebih dari 1.500 karyawan dan lebih dari 18.000 pengemudi sebagai mitra kerja melalui konsep Program Kemitraan yang telah diakui oleh PBB melalui UN Global Compact sebagai upaya yang berhasil  dalam program Inclusive Market. Express Group berkomitmen didalam upaya  meningkatkan kesejahteraan karyawan dan para mitranya serta mengentaskan kemiskinan di Indonesia.



Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Wanda Erica
Internal & External Communications Manager
PT.Express Transindo Utama, Tbk
Jl.Sukarjo Wiryopranoto No.11
Jakarta 11160 - Indonesia
Telp   : 021-2650-7000
Fax    : 021-2650-7001

Nurizzati
PR Consultant
Fortune PR.
Tel: 021 765  8507 | email: nurizzati@fortunepr.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar