Kamis, 06 Juni 2013

GRAND FINAL PEMILIHAN DIMAS DIAJENG KOTA YOGYAKARTA 2013

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta kembali menggelar Pemilihan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2013. Puncak acara dari seluruh rangkaian kegiatan Pemilihan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2013 akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2013 di Pagelaran Kraton Yogyakarta jam 19.00

Pemilihan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta dilaksanakan setiap 2 tahun sekali sebagai wadah untuk mengangkat generasi muda untuk menjadi bagian dari pembangunan pariwisata Kota Yogyakarta. Pemilihan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta memiliki misi untuk meningkatkan keterlibatan anak muda dalam bidang pengembangan pariwisata dan juga sebagai salah satu upaya generasi muda untuk melestarikan budaya, serta membangun sosok Dimas Diajeng yang Muda, Dinamis dan Berbudaya.

Adapun penyelenggaraan Pemilihan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta tahun ini dilaksanakan selama kurang lebih 4 bulan dengan berbagai tahapan proses seleksi peserta yang meliputi audisi, tes tertulis, tes wawancara, tes psikologi dan pembekalan untuk seluruh peserta. Dari 110 peserta yang mendaftar terpilih 30 finalis (15 pasang Dimas dan Diajeng) dan wajib mengikuti pembekalan finalis, pertunjukkan kethoprak Dimas Diajeng, Cultural Amazing Raze, Field Program, Talent Show, Karantina Finalis dan Grand Final.

Selama proses tersebut, Finalis akan mendapatkan pembekalan tentang Budaya Jogja, Pariwisata, Public Speaking, Psikologi, Bahasa Jawa, Pengetahuan Umum, Beauty Class dan Ngadi Saliro Ngadi Busono. Karantina menjadi proses terakhir yang dilaksanakan pada tanggal 6-8 Juni 2013. Pada proses ini Finalis diberikan pembekalan khusus dan penilaian secara individual mengenai dari Pariwisata dan Kebudayaan hingga Pengetahuan Umum. Dari proses tersebut akan terpilih 10 besar finalis yang akan melanjutkan pada penjurian Grand Final untuk mendapatkan gelar Dimas dan Diajeng Kota Yogyakarta 2013.

Kepala Bagian Promosi dan Kerjasama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Mertanti menjelaskan bahwa proses yang panjang dan penuh dengan tantangan diharapkan finalis dapat menunjukkan komitmen, loyalitas  dan integritas pada seluruh proses Pemilihan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2013. Karena nantinya merekalah yang yang akan mengemban tugas sebagai Duta Pariwisata dan Budaya Kota Yogyakarta sekaligus aikon generasi muda yang mempunyai sosok pribadi yang Muda, Dinamis dan Berbudaya. “Dimas Diajeng terpilih nantinya diharapkan dapat menjadi aikon pariwisata Kota Yogyakarta yang cerdas, kreatif, berwawasan maju, modern, selalu berpikir positif, peka terhadap lingkungan sosial dan tetap mengedepankan dan mengutamakan jati diri lokal,” imbuhnya. (Panitia Pemilihan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2013) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar