Rabu, 26 Juni 2013

Kemenparekraf Gelar Lomba Foto “Indonesia di Hatiku”

Lomba dan pameran foto "Indonesia di Hatiku"

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali menggelar Lomba dan Pameran Foto dalam rangka memperingati hari ulangtahun Republik Indonesia. Tema yang diusung tahun ini adalah “Indonesia di Hatiku”. Melalui lomba ini, masyarakat diajak untuk mengekspresikan kecintaannya kepada tanah air melalui fotografi.

Karya yang dikirim dapat berupa foto yang menunjukkan keindahan lanskap daerah-daerah di Indonesia maupun yang memperlihatkan keanekaragaman budaya. ”Karya foto adalah media yang baik untuk melihat potensi dan kekayaan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.” ujar Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona pada Selasa (18/6). Mari juga mengatakan bahwa tema “Indonesia di Hatiku” dianggap mampu mewakili semangat nasionalisme dan kebanggaan bangsa.

Lomba dan pameran foto tahun ini adalah yang ke empat kalinya sejak pertama diselenggarakan pada 2010. Jumlah karya foto yang masuk dari tahun ke tahun semakin meningkat, dengan puncaknya pada 2012 yakni mencapai 12.808 foto. Untuk tahun ini, hingga pertengahan Juni 2013 telah ada sekitar 4.005 karya foto yang masuk. Daerah yang paling banyak mengirimkan karya foto adalah Jawa Barat (138 foto) dan Jawa Timur (115 foto).
Mari Elka Pangestu bersama perwakilan juri dan sponsor lomba foto "Indonesia di Hatiku" saat jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, pada Selasa (18/6).
Mari Elka Pangestu bersama perwakilan juri dan sponsor lomba foto “Indonesia di Hatiku” saat jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, pada Selasa (18/6).

Pengiriman karya foto dapat dilakukan secara online, melalui situs www.fotografiindonesia.net. Batas akhir pengiriman karya foto 18 Juli 2013. Penjurian lomba foto akan dilakukan pada 25 Juli 2013 dengan melibatkan Agatha Anne Bunanta (Fotografer dan Juri internasional) Arbain Rambey (Fotografer senior Kompas), Oscar Motuloh (Galeri Foto Jurnalistik Antara, Reynold Sumayku (Editor Foto National Geographic Indonesia), dan Ve Dhanito (Fotografer Konseptual). Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 17 Agustus 2013, dan hadiah akan diberikan langsung oleh Presiden RI pada 18 Agustus 2013.

Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 282,5 juta. Juara pertama masing-masing kategori mendapatkan Rp 30 juta (pelajar), Rp 40 juta (mahasiswa), dan Rp 50 juta (umum). Ada pula hadiah tambahan berupa kamera DSLR Canon dan tas kamera.

Karya foto pemenang dan para finalis akan dipamerkan selama tiga hari pada 24-26 Agustus di FX Plaza, Jakarta. Selain itu. Selain itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, foto-foto para pemenang dan finalis akan dicetak  menjadi buku. Untuk tahun ini, Mari Elka Pangestu berharap dapat bekerjasama dengan pihak penerbit agar buku tersebut dapat dicetak lengkap dengan teks pendukung sehingga dapat menjadi salah satu sarana pendukung dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

Untuk mendapatkan info terkini mengenai Lomba dan Pameran Fotografi “Indonesia di Hatiku” dapat memantau akun  @fotografi_Ind atau Facebook.com/IndonesiaFotografi.

SUMBER:
http://www.wego.co.id/berita/kemenparekraf-gelar-lomba-foto-indonesia-di-hatiku/?ts_code=bdebc&utm_campaign=Fan_page&utm_content=Wall_post&utm_medium=organic-social&utm_source=facebook_id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar