Senin, 04 Mei 2015

Uni Eropa Sebagai Mitra ASEAN Akan Mengucurkan Bantuan Senilai 10 Juta Euro Melalui Program SHARE (European Union Support to Higher Education in the ASEAN Region)

LIPUTANSATU.COM - Menjelang implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2016, Wapres RI Jusuf Kalla sempat menyatakan bahwa sumber daya manusia yang mumpuni adalah komponen penting dalam menghadapi persaingan ketat antarnegara ASEAN. 


Sejalan dengan pendapat tersebut, Uni Eropa, sebagai mitra dagang dan kerjasama ASEAN, akan mengucurkan bantuan senilai 10 Juta Euro melalui program SHARE (European Union Support to Higher Education in the ASEAN Region) yang bertujuan untuk mempererat kerjasama antar kawasan, meningkatkan kualitas, daya saing, dan internasionalisasi kerjasama pada institusi dan pelajar pendidikan tinggi, berkontribusi pada Komunitas Ekonomi ASEAN mendatang. Delegasi Uni Eropa, bekerja sama dengan ASEAN Secretariat, mengundang perwakilan rekan media untuk meliput peluncuran program SHARE yang akan diselenggarakan pada Rabu, 6 Mei 2015 di Ruangan Puri Asri, Hotel Le Meridien JakartaJln. Jenderal Sudirman, Kav 18-20 Jakarta. 
 
Akan hadir dalam acara penting tersebut adalah Deputy Secretary-General Community and Corporate Affair Department ASEAN Secretariat Dr AKP Mochtan dan Pelaksana Tugas Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam, dan ASEAN Colin Crooks akan mengumumkan resmi dimulainya program European Union Support to Higher Education in the ASEAN Region (SHARE) Programme ini. Tujuan utama program ini adalah untuk meningkatkan kerjasama antara Uni Eropa dan Komunitas Ekonomi ASEAN dan untuk menciptakan manfaat yang berkepanjangan dari harmonisasi pendidikan tinggi diseluruh negara-negara ASEAN. Kontrak bantuan telah ditandatangani dan dimulai pada 5 Januari 2015 yang lalu antara Uni Eropa dan konsorsium institusi-institusi pendidikan tinggi yang dipimpin oleh British Council dengan kelima mitra kerjanya selama 4 tahun kedepan. Adapun agendanya sebagai berikut;

10:30             Registrasi Media untuk Konferensi Pers
10:45             Kata Sambutan
o   Pembukaan oleh ASEAN Secretariat
o   Kata Sambutan Dr AKP Mochtan, Deputy Secretary-General, Community and Corporate Affair Department ASEAN Secretariat
o   Kata Sambutan Pelaksana Tugas Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam, dan ASEAN Colin Crooks
o   Kata Sambutan Sally Goggin, Country Director British Council – pemimpin konsorsium implementasi program SHARE
o   Presentasi Program SHARE oleh Dr John Law, Ketua Tim Interim SHARE
o   Pertukaran Exchange of Signed Financing Agreement
11:00               Tanya Jawab dalam Konferensi Pers SHARE
12:00               Makan siang bersama.

Undangan terlebih dahulu harap konfirmasi pada panitia penyelenggara. Demikan Sarah Fitrisia dari Edeman menjelaskan dari Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar