Rabu, 01 Oktober 2014

“COPPER ORANGE” TERPILIH SEBAGAICOLOUR OF THE YEAR 2015 OLEH DULUX COLOUR FUTURES



Riset global trenwarnamemperkenalkan “Copper Orange” sebagaiwarnautama di tahun 2015.

LIPUTANSATU.COM - Singapura, 30 September 2014 - Tahun 2015 akan menjaditahunpenuhkehangatan dan kejutanbagimasyarakatdunia.Terinspirasihal tersebutdansetelahmelaluiriset global trenwarnaDulux,AkzoNobel, sebagaiprodusencat dan pelapisterkemuka di dunia,sertapengelolamerekcatandalanDulux, menerjemahkansituasiterkinidi dunia danmemilih“Copper Orange” sebagaiColourof the Year 2015.Di edisikeduabelasColourFuturesini, AkzoNobelmengajakmenemukankembali hal-hal luar biasa di kehidupansehari-harimenggunakan“Everyday + Finding the wonderful in the normal”sebagaiinspirasiutama.

Ide utamatahun 2015 adalahmenemukancaraterbarumemasukkanlebihbanyakwarnadalamkehidupansehari-hariuntukmenciptakanlingkunganlebihhangatdannyaman. “Setelahbertahun-tahunmencari, menghubungkan, danmenggalipotensi, tahun 2015 adalahsaatnyamemasukkanunsurpositif (+) dalamkehidupansehari-hari. Mengeksplorasi hal-hal baru, termasuksoalhubunganmanusiadenganlingkungan, dan melihatduniadengansudutpandangberbeda,” ujarJeremy Rowe, Managing Director AkzoNobelDecorative Paints South East& South Asia.

SetiaptahunAkzoNobel Global Aesthetic Centermengundangkomunitasindependenberanggotakanahlidesaindanwarnauntukmembahastren di seluruhpenjurudunia. Setelahmelewati riset danstudilapanganintensif, para ahlimenyimpulkansegala hal yang menjadi tema utamatahun ini, termasuknuansawarna yang palingmerepresentasikan 2015 ditelaah dari berbagaibidangseperti;fashion, arsitektural, dekorasi, dan gayahidup.

Hangat, mengejutkan, danmerefleksikan hal-hal positif di dunia, itulahkesan yang direpresentasikan “Copper Orange”. Termasuk kategori warnahangat, palet ini merupakankombinasisempurnaantaramerahmuda, netral, putih, metalikkeemasan, dengannuansakayu-kayuan.

ColourFuturesjugamengangkatisukeberlanjutandalampenelitiannyatahun ini. ”Keberlanjutanmerupakan hal penting yang membutuhkankomitmentulustanpahenti,” tambahJeremy. UnsurinijugaditerjemahkankedalamColour Futures yang diturunkandalamlimatemawarna; “Big nature + small me”,“Layers + Layers”,“Unseen spaces”, “Him + Her”, dan“Friendly Barter +”.

Big nature + small me
Alam merepresentasikansemua hal yang tidakdapatdiprediksidanmemilikikehendaksendiri. Terkadangtenang di permukaan, beriak di dalamnya. Meskibegitu, manusia tak pernahberhentimenemukancarauntukmemahaminya. Tren ini mengangkatwarnaalam yang sanggupmenghangatkandanmemberikesannyamanpadaruangan. Paletwarna ini menangkapsuasanaterikmatahari di gurun Arizona, meskiterkesanluasdanmengintimidasi, tetapijugasangatmempesona. Tema ini terinspirasi mineral alamkayawarna, sepertisepia, ochre, sienna,dantanahliatbernuansaalami dan kuat.

Layers + layers
Tren ini merefleksikan fakta manusiakinihidup multi-dimensi, yang berartilebihbanyakkesempatanmengeksplorasidiridanlingkungantempattinggalmereka. Kehadiranlanskap digital semakinmemperbanyaklapisankehidupan, bukanhanyaurusanruangtetapijugawaktu. Esensiutamatren ini adalahmengombinasikannuansapastellembut (yang ditampilkanColourof the Year) denganefekmemudarataumenumpukuntukmempertegaskedalamanwarna.

Unseenspaces
Tema ini mengungkapkangagasankehidupan modern, ruangsebagai aset berharga, danmanusiabelajarmenghargai hal-hal yang selama ini diabaikan. Terjadiperubahansudutpandangmelihat area yang selama ini tidakdimanfaatkandenganmaksimal. Padatren ini, desainerinteriormengungkapkanvariasicaramemaksimalkanpotensiruang sisa, sepertilorongatausudut di bawahtangga.

Koleksiwarnasangatmutakhirdiaplikasikandalam tiga pilihan; biruabuabu, khakidan merahmudanetral (yang terdiri dari empatnuansa), danputih. Kekuatansatupaletwarnasudahbisamenampilkanpenampilanutuhataumengombinasikanpaletwarnaberbedauntukkesanyang lebihbervariasitetapitetap harmonis.

Him + Her
Tema keempatColourFutures 2015 menampilkansemangatbarudalammerayakan gender, dalam hal perbedaanhinggakesetaraan. Tema ini mengajakmanusiamenemukankeunikangender masing-masing, sekaligusmemahamicarasalingmelengkapiantaragender maskulin dan feminin.

Persepsi ini kemudianditransformasikankesemburatwarna feminin, sepertidamson, powderpink and cream, sedangkannuansa maskulin diaplikasikanmelaluikhaki, slategrey, danteal. Setiapwarnamemilikikekuatannyasendiri, tetapiketikadisatukanbertransformasimenjadiperpaduanselaras yang klasik, bersahaja, danpercayadiri.

Friendlybarter +
Tema terakhiruntuktrenwarna 2015 mengangkattrensosialpalingsignifikanbeberapatahunterakhir, yaitukonsepkepemilikandanpertemanan. Terinspirasi dari pengaruhdunia digital yang kian ‘mendominasi’kehidupannyatasertarevolusi media sosial yang menjadibentukpertemananbaru.

Manusiamencaribarangataujasamelaluimodelkolaboratifyang didasarkanpadakonsepberbagidanmeminjamdengankomunitas yang memilikiminatsama. Sistem ini terbentukatas dasar kepercayaandankeinginanuntuksalingmenolong.

Konsepbarudanpendekataneklektikdalammenemukansolusimenyelesaikanmasalahini direfleksikanpaletwarna 2015dan ditampilkandengancara tak terduga. Contohnya,berry-tonedpinksdan merahmemberinuansakelembutanketikadipadankandenganwarnalime danoranye, tetapimemberikesanenergiksaatberdampingandenganochre, richbrown, dan warmgrey.

EdisiKeduabelas
ColourFuturestahun ini merupakanedisikeduabelassejakdiluncurkan 2004 dengantetapmenggandeng para profesional yang terdiri dari desainerinterior, arsitektur, desainerfashion, hinggaahli marketing. Para ahli ini mengembangkansurveimendalam di negaranyadanmenghadiridiskusitahunanmengenaitrenmendatang. Colour Futures pertamamenampilkan “Aqua Blue” sebagaiColour of the Year. Dilanjutkan “Fresh Orange” (2005), “Yellow Green” (2006), “Pink” (2007) “Sunny Yellow” (2008), “Green” (2009), “Blue” (2010), “Citrus Yellow” (2011), “Blushing Red” (2012), “Indigo” (2013), dan“Teal” (2014).

“Selamadekadeterakhir, kami melihatmanusia di seluruhpenjuruduniaberhentimelihatkedalamdirinyasendiri (tren 2004-2006); mencarinilai-nilai stimulus perkembanganbaru (tren 2007-2008), tetapisetelahitumanusiamengalamikebangkitan spiritual dampakkrisisekonomi global (tren 2009-2014). “2015 merupakanperayaanatassegalaperbedaandaninspirasi yang terjadidalamkehidupansetiapindividu.Treninimengajakkitamengarungiperjalananbaru yang lebihmengasyikkan, menemukankeajaibandalamsetiapaspek di kehidupankita,”ungkapJeremy menambahkan.

Colour Futures termasukdalam program ‘Human Cities’ Initiative’ yang diusungAkzoNobeldalammembuatkehidupanperkotaan di seluruhduniamenjadilebihmenginspirasi, ceria, danenergik. Program inibertujuanmembantukaum urban lebihterkoneksidengankotatempattinggalnyadanberfokuspadaenampilar, yaituwarna, bangunanbersejarah, transportasi, olah raga, pendidikan, dankeberlanjutan.

********
Tentang AkzoNobel
AkzoNobel adalah perusahaan cat dan pelapis, serta produsen utama bahan kimia khusus terkemuka di dunia. Kami menyediakan produk-produk inovatif bagi industri dan konsumen di seluruh dunia, serta tengah aktif mengembangkan solusi pembangunan berkelanjutan bagi pelanggan kami. Portofolio kami mencakup merek-merek terkenal seperti Dulux, Sikkens, international dan Eka. Berkantor pusat di Amsterdam, Belanda, kami secara konsisten peringkat teratas dan salah satu pemimpin dalam hal keberlanjutan. Dengan jaringan operasi di lebih dari 80 negara, 50.000 staff kami berkomitmen untuk memberikan produk-produk terbaik dan teknologi yang dibutuhkan oleh dunia yang tumbuh dengan cepat saat ini.

Demikian disampaikan Wanda Erica dari Corporate Communication Manager PT ICI Paints Indonesia dan Gita Nova Siregar, Account Manager Imogen Public Relations.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar