Selasa, 11 November 2014

Dari Halaman PDI Perjuangan

5 Juli 2014 lalu Jokowi menghadiri Konser Salam 2 Jari di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Massa pun menyemut ingin menyambut kedatangan sang calon presiden. Ada ratusan musisi, seniman, dan artis ibukota yang memeriahkan konser gratis Salam 2 Jari. Mulai dari rocker, penyanyi dangdut, sutradara, penulis, hingga komedian tunggal.
Ketika Jokowi naik ke atas panggung, lagu berjudul Salam 2 Jari langsung dilantunkan oleh Grup Band Slank. Sambil didampingi Anies Baswedan, Maruarar Sirait, dan Alwi Shihab, Jokowi menyapa ribuan simpatisan dan berlari kecil ke depan panggung sambil mengangkat tangan dengan 2 jarinya membentuk huruf 'V'.
"Kita semua adalah penyala harapan untuk Indonesia. Kekuatan kita adalah pada kerelaan. Anda rela bersatu padu, berdiri tegak, bekerja keras menyuarakan pesan tegas bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk perubahan," ungkap Jokowi saat membacakan Maklumat Jokowi-JK yang disambut riuh ribuan simpatisan.
"Salam perdamaian, Salam 2 jari…!" tutup Jokowi.
2. Salam 3 Jari
21 Juli 2014 tengah malam, Jokowi dan Jusuf Kalla atau JK bertolak ke Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta. Di atas kapal pinisi di pelabuhan itu, Jokowi membacakan pidato kemenangannya setelah KPU mengklaim pasangan capres-cawapres nomor urut 2 sebagai pemenang Pilpres 2014.
Dalam pidatonya, Jokowi meminta rakyat yang sebelumnya terkotak-kotak secara politik untuk kembali bersatu mendukung pemerintahannya kelak.
"Nelayan kembali melaut. Anak kembali ke sekolah. Pedagang kembali ke pasar. Buruh kembali ke pabrik. Karyawan kembali bekerja di kantor," kata Jokowi kala itu.
"Lupakanlah nomor 1 dan lupakanlah nomor 2, marilah kembali ke Indonesia Raya. Kita kuat karena bersatu, kita bersatu karena kuat! Salam 3 Jari, Persatuan Indonesia!"
3. Memunggungi Laut
Lalu tibalah saat pelantikan. Di hadapan para anggota DPR terpilih, pria kurus itu membacakan pidatonya dengan singkat. Sementara kerumunan warga yang telah berkumpul di Monas, Jakarta bersorak.
Dalam pidato itu, Jokowi menyampaikan beberapa pesan, persahabatan dengan mantan rivalnya -- Prabowo-Hatta, juga soal imbauan agar negeri ini kembali memajukan sektor maritimnya.
"Samudera, laut, selat, dan teluk adalah masa depan peradaban kita. Kita telah terlalu lama memunggungi laut, memunggungi samudera, selat, dan teluk," ucap dia.
Dalam pidatonya yang dibacakan 20 Oktober 2014 itu pula, Jokowi mengutip beberapa kalimat Bung Karno, Presiden pertama RI.
"Mengakhiri pidato ini, saya mengajak saudara-saudara untuk mengingat satu hal yang pernah disampaikan oleh Presiden pertama RI, Bung Karno bahwa untuk membangun Indonesia menjadi bangsa yang besar, bangsa yang kuat, bangsa yang makmur, dan bangsa yang damai kita harus punya jiwa cakrawati samudra," tandas Jokowi.
4. Pidato Berbahasa Inggris
Hanya berbekal poin-poin berisi data, pidato dalam bahasa Inggris meluncur dari mulut Presiden Jokowi yang berdiri di hadapan para CEO forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC). Dia melafalkan isi otaknya tanpa naskah contekan.
Ini merupakan yang kali pertama bagi Jokowi menggunakan bahasa internasional di hadapan pemimpin dunia dan pebisnis di negara lain. Dalam video berdurasi 13 menit tersebut, Jokowi menjelaskan soal profil Indonesia, seperti jumlah pulau, luas wilayah, dan potensi Tanah Air.
"Kami ingin bangun 20 bendungan, 24 pelabuhan. Kami juga akan bangun kereta api di Sumatera, Kalimantan, dan Papua," ujar Jokowi.
Presiden Jokowi juga menjelaskan kebijakannya untuk mengalihkan subsidi BBM yang sangat besar ke sektor-sektor produktif misalnya pertanian dan perikanan. Dia berkali-kali mengajak para pemimpin dunia dan CEO sejumlah perusahaan untuk berinvestasi di Indonesia.
"Ini kesempatan bagi Anda semua untuk berinvestasi," tutup Jokowi.
Pidato yang kental dengan logat Jawa ini pun menuai pujian.
"(Pidato Jokowi) Sudah baik. Bahwa substansi yang dimaui disampaikan, cerita kalau mau (ajakan) investas,i" kata guru besar hukum internasional Universitas Indonesia (UI) kepada Liputan6.com.
Namun adapula yang menilai pidato Jokowi saat itu layaknya penjual yang sedang menjajakan barang dagangannya. Seperti yang diungkapkan anggota DPR Fraksi Gerindra Desmond J Mahesa. "Pidatonya (Jokowi) seperti penjaja atau penjual yang lagi jualan," ucap dia.
Sebelum pidato berbahasa Inggris-nya yang menuai pujian, Jokowi sudah fasih berdiri di depan khalayak ramai, menyampaikan isi pikirannya.
news.liputan6.com
  • 953 orang menyukai ini.
  • Andi Doank Kalau saya liat gambar kepala banteng, mengingat kan saya sewaktu saya mmbuka usaha donat yg bernama MP ( moncong putih ) karena ortu saya dulu sebagai ranting PDI pada tahun 2002, maka dari itu saya sangat banga kepada para pemimpin PDI yg bisa menaikan nama PDI sampai sekaran.
    Salam sukses buat PDI P
    4 jam · Suka · 9
  • Diki PelangiKu Buat pa jokowi Smga sukses membwa indonesia menjadi lbh baik, salam 3 jari
    4 jam · Suka · 7
  • Aya Elmaarif Afandi preeeeeet klo asing terus menerus menanamkan modal d indonesia dgn mudahnya kpan tho indonesia berdikari,, ?? bwt pak president anda telah melupakan 1 hari pnting negeri ini #hari_pahlawan
    4 jam · Suka · 4
  • Harry Pejhuanx Shejhatye Mending jualan daripada pengangguran yg bisanya coment ngga penting !!! Dasar emon
    4 jam · Suka · 4
  • Rianty Semutan maju truz pk jokowi.jngan hirokan kata2 rumah sblh yg haus kekuasaan.kami dari rakyat kcil mnunggu hasil kinerhaMu yg mmbwa kmakmuran rakyt indonesia bukan khancuran.
    4 jam · Suka · 4
  • Sahril Rumauw Aku bangga punya presiden kaya gini. Semua org tau niat baik mu cuma sekecil yg mengongong. Pak sdh teruji kualitas kepemimpinan mu. Slmt bekerja
    4 jam · Suka · 3
  • Putra Jowo Aya. Emang semua negara bisa berdiri sendiri tanpa investor asing..hallo korea selatan yg negara maju kaya raya makmus saja masih butuh investor asing....u saja masih butuh tetangga u....
    4 jam · Suka · 4
  • Jo Clas Pdi p...mantap...
    4 jam · Suka · 1
  • Key Coplak Salam 3jari pak jokowi,untung pk jokowi orang sabar jadi celaan hinaaan tetep di hadapi dg senyum..
    4 jam · Suka · 3
  • Jhon Ajadah Jokowi hebat.....
    4 jam · Suka · 1
  • Arashi Ken Kalo bs adakan mentri industri kreatif pak presiden . Krn dari org2 kubu sbelah slalu nyindir kalo industri kreatif cm tinggal JanjI belaka. Apalagi si,Dhani jelas2 ngomongnya ga enak di indonesia Rissing star,bhw industri kreatif pemerintah saat ini t...Lihat Selengkapnya
    4 jam · Suka · 3
  • Adityo Aryo itu yang suka nyela ,ngritik ngritik jangan "dilihat" atau "didengar" lihat "Kita" aja Pak Presiden,"Kita mendukung penuh Pak Presiden",Merdeka!!!
  • Rustam Hanafi Kami yanbg tinggal dinegeri jauh dieropa /Prancis melihat dari kejauhan negeri kami RI baru mempunyai pemimpin yang mengagumkan dan kami bangga, haru melihat Pemimpin kami Presiden RI JOKOWIDODO berpidato di LN semoga dengan kepemipinan Beliau utk kemasylahatan Rakyat menuju Indonesia Baru "INDONESIA HEBAT" selamat kepada Bapak Jokowidodo Presiden Republik Indonesia, semoga Allah SWT selalu melindunginya, amin YRA.
    3 jam · Suka · 13
  • Bintang Purnama Alamsyah Anjing menggonggong kapilah berlalu,,,,jangan hiraukan orang orang yg picik ,,,,maju terus demi indonesia hbt,,
    3 jam · Suka · 2
  • Kesi Sukeksi GBU...en Succes bp presiden kita Jokowi.!!!
    3 jam · Suka · 2
  • Sri Budi Lestari Yg ngritik, klo mampu knp g nyalon aja dlu, mkn g ad yg milih HeHëhëhëhë
    3 jam · Suka · 1
  • Teksun Belpus jempol banget...
  • Yudhi Nezza Iswahyudi Mengapa GERINDRA masih saja mncari2 kesalahan dn kekurangan Jokowi...????
    sudahlah....
    bangun kejayaan bangsa brsama2. jangan kpentingan politik golongan memecah dn melemahkan tujuan pmbangunan utk Rakyat.
    ...Lihat Selengkapnya
    3 jam · Suka · 5
  • Goklas Sinaga Yg kritik ga punya otak, tau nya cari kesalahan orng doang..dasar tolol..punya ilmu pengetahuan tp dipakai buat cari2 kesalahan orng doang, begoo..
    3 jam · Suka · 3
  • Frederick Onq Ngapain ditanggap yg begitu bro.nanti juga kalau bang Jokowi zukses org yg kritik pazti malu zendiri:)
    3 jam · Suka · 3
  • Indra Generix Jngan dngarkan mereka yg slalu mengkrtk BPK.kmi slalu setia mendukung BPK dan PDI P untuk membngun indonesia hebat.sejahtra.
    2 jam · Suka · 4
  • Sri Muradi Saya nilai bpk jokowi mulai mau nyalon gubernor jkt dh dukungslalu melihat di youtube smpai kmpnye nyapres slalu mndukung dn berdoa nh sekarang kenyataan ikut bangga mg lnggeng &sukses slalu menyertai kt seluruh bngsa indonesia merdeka selamanya amin yrb dr mekah
    2 jam · Suka · 1
  • Dewa Andika Swarimbawa Bpk presiden Marketing flan na Top,Biarkan Orang Mengkritik Mengatakan Seperti PedAgang d Pasar,Memang Seperti itu Seharusna Bpk presiden Meyakinkan inpestor supaya mau berinfestasi d Negeri kita.Sederhana dan tepat bpk presiden.
    2 jam · Suka · 3
  • Indra Generix Btul bang frederick....
    2 jam · Suka · 1
  • Aan Slank jurus tandur pak presiden.. bnyk yg mndukungmu n mndoaknmu untuk jd yg trbaek bwt rakyat
    2 jam · Suka · 2
  • Frederick Onq Hazil penelitian bahwa org yg zuka kritik adalah org yg ga biza kerja,hanya biza ngomong aliaz omdo,jadi ga uzah diladenin nanti juga capeh n malu zendiri.rakyat taw yg baiq n yg benar.abangku Jokowi berzama koalisi Indonesia hebat maju,jgn ragu bila itu untuq kebaikan n utuq rakyat.zelruh rakyat Indonesia pazti dukung:)
    2 jam · Suka · 2
  • Kalumata Ferd'nandz rawe rantas malang malang tuntas bung joks....rakyat MARHAEIN d belakangmu....pra pendahulu srta pendiri NKRI & TUHAN tau mana yg tulus n ihklas menjalni smua ini>>>>>>maju trs bung joks,,,,,
    2 jam · Suka · 1
  • Ida Listy Buat yg suka kritik yg menjatuhkan org lain jelas terlihat nafsu besar tenaga kurang.
    2 jam · Suka · 1
  • Vendra Rachmadi Alhamdullilah; setan2nya sudah kembali ke sarangnya, tertinggal antek2nya; (terjerat virus ebola= KORUP harus dibasmi keakar2 dari Atas hingga ke Bawah) caranya gunakan vaksin pengendalian TRITMEN di KPK, agar Tatanan Administradi di lingkup Setjen Ke...Lihat Selengkapnya
  • Lenna Senia BUAT LAH TERSENYUM ARWAH PAHLAWAN...JAYA LAH NEGERIKU...BEKIBARLAH SANGSAKAKU...MARI KTA BANGUN DRI MIMPI PNJANG....WAHAI NAHKODAKU...BWAH LAH KAMI KE PUNCAK HRAPAN...KMI RINDU AKAN NEGERI YG MAKMUR....HDUP TNTRAM DI TANAH LELUHUR...INDONESIA TUMPAH DARAHKU.
    2 jam · Suka · 1
  • Deddy Frns jangan di denger ocehan dari kader GRINDRA yang botak ituh ga mutu,,maju trus pak jokowi
  • Cony Silado Tukang kritik kita kebanyakan gak pakai isi kepala tapi isi pantat dlm mengkritik...
    1 jam · Suka · 1
  • Aries Munandar Bbm naik salam gigit jari wkwkwk
  • Rina Wana Salam 3 jari..... peace.........
  • Dhe Parjoe Waelah Indonesia Hebat....!!!
  • Nur'ain Aini Anjing menggonggong kafilah berlalu,orang mengkritik biarkan aja pak jokowi, ntar klu dah penat tu bibir jg berhenti sendiri,doaku semoga pak jokowi diparingi sabar tur sehat wal afiat
    1 jam · Suka · 1
  • Ri Riseki Bbm naik protes? ITU CUMA ORANG TOLOL yg ga berpikir jangka panjang, orang orang hedonis, konsumtif, orang orang cuma berpikir praktis, kalo kata tantowi yahya: gak punya grand design
    1 jam · Suka · 1
  • I Fatoni si nyiyir desmon gerindra
    1 jam · Suka · 1
  • Nenden Sagita Apapun yg terbaik utk bangsa ini aku dan seluruh bangsa IndonesiaYANG WARAS akan selalu mendukungmu. Maju tersus Pak Presiden Jokowi,jgn didengar ocehan2 dr org2 yg berusaha ingin menjatuhkanmu
    59 menit · Suka · 1
  • Ita Joelia Great job mr.president!!!
  • Lya Ibnu Hajar Biasa lah airik tanda tak mampu.
  • Margaretha Dwi Atmawati Utomo ngene salah ngino salah hmmm ngewohke. pak Presiden lannjUuut saja untuk Indonesia tercinta.
  • Aden Ningrat Yaaaa manusiawi, klu ada manusia yg bicara seperti itu. Tp ya jangan di ungkapkan di hadapan umum sikap irinya laaah, gk pantas....! Apalagi keluar dari mulut seorang wakil rakyat. Maju terus presidenku, kami semua ada di belakangmu, presidenku hebat....! hebat...! hebat...!
  • Henza Dirgantara Ngapain fraksi gerindra msh saja mencari cari kesalahan jokowi?? Keliatan tdk jantan malahan....
  • Yulius Tefu Kmai CINTA INDONESIA...dan Presiden kmi bpk JOKO WIDOD, selamat bekerja pak...kami dukung...
    38 menit · Suka · 1
  • Ratih Cemungut biarkn aja org mau bilang apaaaaa ...???anjing menggonggong kafilaaahh berlalu ...dn jgn lupa karma saat ini bsa naik jet ..lhoo ....jgn terlalu merendahkn org lain ....lihat dri kta sendri dlu baru cuap cuaap ...
  • Masri Ismail Kmp =koalisi maling penghianat, yg bisa a cuman nyela dan adu domba,
    Otak kecil suara a saja yg besar,
  • Emmilya Felle Emmil Lagi kepahitan ya ? Komennya negatif trus,kalau gak senang dg jokowi keluar aja dari RI.
  • Juda Damanik Bangga punya presiden jokowi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar