Jumat, 15 Februari 2013

PERNYATAAN PERS KEDUTAAN BESAR REPUBLIK ISLAM IRAN TERKAIT BERBAGAI ISU INTERNASIONAL





Prioritas dan Prinsip Kebijakan Luar Negeri Republik Islam Iran :

-    Prioritas kebijakan luar negeri Republik Islam Iran adalah pengembangan hubungan terhadap semua Negara kecuali kepada Rezim Zionis yang kami anggap keberadaannya illegal secara prinsip. 

-    Hingga kini, Republik Islam Iran menghadapi sebuah bentuk ketidakadilan di dunia dimana sejumlah negara tertentu ingin mengambil keputusan bagi semua negara, Ilmu pengetahuan harus dibawah kontrol mereka, mereka paksakan  kebijakan-kebijakannya kepada yang lainn dan seluruh dunia harus berpikir sama seperti mereka dan tidak menghormati hak-hak bangsa lain. 

 -   Tujuan utama kebijakan luar negeri Iran didasarkan pada adanya perubahan serius di dunia berdasarkan pada keadilan dan seluruh Negara di dunia harus berpartisipasi dalam mengatur dunia. 

-     Republik Islam Iran beranggapan bahwa egoisme sejumlah negara merupakan akar dari munculnya krisis dan konflik-konflik kekinian. 

-  Negara-negara yang tidak puas dengan hak-hak mereka, ingin menghancurkan kepentingan-kepentingan negara lain. 

-        Dunia sedang mengalami perubahan,  berbagai bangsa di dunia telah sadar dan tidak akan mau tunduk lagi kepada kebijakan-kebijakan sepihak negara-negara barat.

 --_ Republik Islam Iran menentang keras adanya intervensi dalam persoalan internal negara-negara lain di dunia. Kami pun menentang penggunaan bahasa ancaman serta pemaksaan dalam menyelesaikan konflik-konflik antar negara, karena itu merupakan cara yang ilegal.
     

Isu Nuklir dan Perundingan Iran dengan IAEA :

-      Barat harus memperhatikan fatwa Pemimpin Spiritual kami terkait dengan larangan memproduksi dan menggunakan senjata nuklir.

-      Perundingan Iran dengan IAEA harus berjalan dalam ruang lingkup teknis dan sesuai dengan peraturan internasional dan kami berharap adanya kesepakatan menyeluruh dalam pertemuan-pertemuan mendatang. 

-       Selama ini telah terbukti bahwa barat tidak mampu memaksa Iran untuk tunduk dan menghentikan pengunaan energi nuklir damainya, yang merupakan hak wajar dan sahnya melalui tekanan-tekanan politik dan ekonomi. Kini terlihat jelas bahwa walaupun barat telah menekan Iran dengan seluruh kekuatannya tetapi hal ini membuat kami menjadi lebih mandiri dan maju.

-    Kami mempunyai harapan yang sama dengan pejabat IAEA yaitu ingin perundingan yang akan datang menghasilkan kesepatan kedua pihak. 

-       Republik Islam Iran selalu siap untuk berdialong secara konstruktif, yaitu sebuah dialog dimana hak-hak sah negara kami diakui.

-    Kami siap untuk menghilangkan kekhwatiran-kekhawatiran teknis yang mungkin dimiliki oleh pihak barat. Kami berharap 

-   Meskipun semua dari 6 pertanyaan IAEA terkait aktifitas nuklir damai Iran telah dijawab oleh Republik Islam Iran jawab lebih cepat dari waktu yang ditentukan dan IAEA pun secara resmi telah menegaskan akan kejelasan jawaban Iran, namun lembaga tersebut tidak melaksanakan kesepakatan-kesepakatan yang telah disetujui bersama sebelumnya.

-     Beredarnya topik dari pihak Amerika Selatan yang ditanggapi oleh IAEA terkait situs Parchin di Iran merupakan bukti nyata bahwa barat sedang mencari alasan untuk mengumpulkan informasi dari pusat-pusat militer kami. Situs Parchin merupakan kawasan militer yang sama sekali tidak berhubungan dengan aktifitas nuklir Iran. Sebelumnya utusan IAEA telah mengunjungi kawasan tersebut dua kali.

Hubungan Iran dan Turki

-    Meskipun Iran memiliki hubungan dekat dengan Turki namun dalam beberapa hal, termasuk isu Suriah, kami berbeda pandangan. Iran dan Turki sebagai dua negara yang kuat dan berpengaruh di kawasan dengan banyak kesamaan histories, budaya dan ideology memiliki hubungan yang sangat harmonis. Kedua negara ini memiliki kemiripan sikap dalam banyak hal terkait isu-isu politik dan masalah-masalah internasional lainnya. 

-    Pernyataan berbagai oknum dari dua negara tersebut jangan sampai menimbulkan dampak negatif dalam hubungan strategi kedua Negara ini. Seharusnya sikap-sikap dari pejabat-pejabat terkait dijadikan tolok ukur penilaian dan penyikapan.
-      Republik Islam Iran menyarankan kepada para pejabat tinggi Turki agar memahami isu Suriah secara rinci agar dapat memberikan bantuan serius sehubungan dengan solusi permasalahan dan menciptakan situasi kondusif dalam menyelesaikan persoalan internal Suriah. 

-        Keberadaan rudal-rudal patriot merupakan tindakan provokatif. Aktivitas NATO dapat mengancam keamanan kawasan. Iran selalu mengingatkan para petinggi negara-negara kawasan terkait hal ini. 

-     Kawasan Timur Tengah merupakan kawasan krusdial dan penting. Negara-negara yang haus kekuasaan seperti AS dan para pendukung rezim Zionis saat ini sedang meningkatkan upaya mereka untuk menguasai kawasan ini. Seharusnya negara-negara kawasan tidak membiarkan tentara asing dan perwakilan NATO berada di kawasan ini sebab keberadaan mereka akan mengakibatkan kekacauan, instabilitas, dan konflik-konflik antara negara-negara di kawasan.

Perkembangan  IRAQ

-          Iran mendukung persatuan, keseragaman, dan integritas wilayah Iraq. 

-      Kami yakin bahwa para pemimpin negara dan bangsa Iraq yang sadar dan berjuang, akan senantiasa melangkah dengan kokoh menuju peningkatan keamanan dan stabilitas negara Arab/Islam yang penting ini.

-     Disamping adanya konspirasi/fitnah terorganisir terhadap Iraq, negara ini di bawah kepemimpinan Mr. Maliki dan juga tentara keamanan dan polisi dengan kecerdikan dan kekuatan akan menghancurkan segala bentuk tindakan keji terorisme. 

-     Ahmadulillah Iraq mengalami kemajuan dan perkembangan yang memberikan harapan dimana negara ini bergerak dengan solidaritas dalam kebersamaan antara negara dan bangsa.

-  Adanya unsure-unsur ancaman keamanan dan kelompok-kelompok yang memiliki latarbelakang terorisme di kawasan sama sekali tidak mendapat dukungan dari negara-negara dan bangsa kawasan manapun. Dan keluarnya kelompok-kelompok tersebut dari Iraq merupakan keinginan bangsa dan negara ini.

PERKEMBANGAN DI NEGARA MALI

Menghormati semua negara merupakan prinsip kebijakan luar negeri kami. Pihak-pihak yang mengancam stabilitas negara dengan dukungan asing tidak boleh didukung. Persoalan ini sama seperti persoalan yang sekarang ini sedang dihadapi di Suriah dimana kelompok-kelompok bersenjata  menciptakan  instabilitas dan ketidakamanan dan sayangnya sejumlah negara-negara barat malah mendukung tindakan tersebut. Kami percaya bahwa segala bentuk tuntutan bangsa harus disuarakan melalui prosedur demokrasi dan harus mendapatkan perhatian.

ANCAMAN AMERIKA SERIKAT DAN ISRAEL

-    Tiga-puluh tiga tahun sejak revolusi Islam Iran berlalu, tahun-tahun ini membuktikan bahwa ancaman-ancaman asing tidak berpengaruh dan tidak akan mempengaruhi tekat dan mental bangsa Iran. 

-    Kami sarankan kepada musuh-musuh Iran untuk mempelajari sejarah, geografi, dan peradaban Iran agar lebih mengenal latar belakang budaya dan kekuatan bangsa Iran. 

-     Negara imperialis menentang kemajuan Iran, oleh karena itu mereka membuat-buat alasan soal nuklir Iran. 

-    Tidak ada seorangpun yang berani mengancam dan menghina bangsa Iran. Bangsa Iran sama sekali tidak akan pernah tunduk kepada mereka. 

-  Satu-satunya jalan bagi Barat adalah menghormati hak-hak bangsa Iran. Dan hal apapun selain ini akan mengakibatkan kehancuran bagi mereka.

PERKEMBANGAN DI TIMUR TENGAH DAN KEBANGKITAN ISLAMI

-  Timur Tengah baru dalam proses pembentukan, perkembangan ini akan merubah kondisi kawasan. 

-   Bangsa-bangsa kawasan di Timur Tengah baru akan berkuasa atas negara mereka sendiri dan dengan jalan ini mereka akan sadar bahwa kebijakan AS dan rezim Zionis adalah dalam rangka memusuhi mereka.

-       Kebangkitan islami di Timur Tengah merupakan pertanda gerakan penuntut keadilan.
-    Iran menyambut segala perubahan yang mengarah kepada partisipasi setiap bangsa dalam mengatur negara mereka. Semakin besar andil setiap bangsa akan semakin besar pula kemerdekaan negara dan akan berkurang ketergantungan mereka.
-      Kami senang dengan kebangkitan di kawasan sebab kami merasa teman-teman baru di kawasan menentang kebijakan-kebijakan imperialis.

-      Mereka yang tidak puas dengan kondisi ini, sedang mencarai ruang untuk mengalihkan gerakan kawasan sebab mereka mengira bahwa gerakan bangsa merupakan penentangan terhadap mereka.

-   Kebangkitan Islam dan gerakan umat Islam di kawasan menuju kebersamaan yang serius dalam menentukan nasib mereka akan memutus ketergantungan kepada AS, dan hal ini akan membahayakan kepentingan negara-negara Barat dan AS khususnya kepentingan dan kemananan rezim Zionis.

-   Republik Islam Iran menyambut kebangkitan Islami di kawasdan dan pengembalian pemerintahan kepada bangsa-bangsa di kawasan. Kami siap mengembangkan hubungan dengan negara-negara yang bangkit.

NARKOTIKA

-      Sejak awal kemenangan revolusi Islam Iran sejumlah biaya, sumber daya manusia yang besar telah digunakan untuk memberantas narkoba dan untuk mencegah masuknya barang-barang tersebut melalui perbatasan negara Iran. Kebijakan ini masih terus berjalan. 

-   Sejumlah Negara barat tidak jujur dalam memberantas narkoba dan hal ini mereka jadikan alasan untuk berada di kawasan kami. Setelah keberadaan tentara asing di Afganistan produksi narkoba di negara ini meningkat dan tindakan yang mereka lakukan samasekali tidak membuahkan hasil.

-    Jalan rekonstruksi dan pemerataan kesejahteraan dan keamanan Afganistan terbuka setelah keluarnya tentara-tentara asing dari negara tersebut, seteleh pengaturan urusan negara ini berada ditangan bangsa Afganistan.

HUBUNGAN IRAN DAN MESIR

-     Iran dan mesir memiliki peradaban kemanusiaan yang begitu besar, mengakar, historis, dan mempunyai berbagai kesamaan agama, budaya, sosial dan politik. 

-      Meskipun hubungan politik antara Tehran dan Kairo terputus pasca-revolusi Islam Iran, dan berubahnya pandangan pemerintah mesir yang dikarenakan oleh adanya kesepakatan keji Camp David terkait dengan isu Palestina, tetapi keinginnan dari kedua negara untuk dapat berhubungan tidak pernah hilang. Hal ini ditandai dengan adanya pertukaran dan kerjasama dalam bidang-bidang budaya, ekonomi, investasi, dan perdagangan.

-  Musyawarah secara berkesinambungan antara kedua Mesir dan Iran sangat berpengaruh dalam peningkatan hubungan kedua negara dan dalam menyelesaikan krisis-krisis di kawasan serta akan mendekatkan pandangan-pandangan dua negara ini.

-        Para pejabat tinggi dua negara telah menunjukkan keinginan dan tekat mereka dalam peningkatan hubungan.
-    Tentu saja, beberapa Negara tertentu tidak senang dengan hubungan dekat antara negara-negara besar dikawasan seperti Iran dan Mesir. Dan segala upaya akan mereka lakukan untuk menghancurkan hubungan antara negara-negara di kawasan tersebut.

KEBERADAAN DAN LATIHAN MILITER IRAN DI KAWASAN

-       Keamanan Teluk Persia dan Selat Hormus merupakan prioritas utama Iran mengingat sejumlah negara menginginkan adanya kekacauan di kawasan tersebut. Kekuatan pertahanan kami untuk keamanan di kawasan dapat mencegah tindakan-tindakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

-  Latihan militer yang dilakukan menunjukkan kekuatan Iran dalam menciptakan keamanan di kawasan khususnya di Teluk Persia dan Selat Hormus dan hal ini diharapkan dapat memberi ketenangan kepada semua negara yang selalu mengharapkan keamanan di kawasan tersebut.

POSISI IRAN DALAM ISU BAHRAIN

-       Iran tidak bisa menerima bangsa dari sebuah negara teraniaya dimana seluruh dunia mengakui bahwa bangsa tersebut menyampaikan tuntutannya secara damai.

-        Mengapa bangsa yang menuntut hak-hak asasinya dituduh sebagai kelompok teroris.
-    Intervensi militer dalam urusan internal negara tetangga, menggambarkan wajah seram di kawasan dimana jika hal ini tidak dicegah kemungkinan hal tersebut akan berulang dan keamanan kawasan akan selalu dalam ancaman. 

-     Semua Negara mengetahui bahwa Iran samasekali tidak melakukan intervensi dalam persoalan negara-negara kawasan, tapi sayangnya sebagian negara menciptakan konflik untuk menutupi masalah-masalah yang mereka sendiri sedang hadapi.
-    Problema-problema di sebagian negara-negara kawasan termasuk Bahrain jika tidak diselesaikan mungkin akan berdampak buruk terhadap seluruh kawasan. Bagi Iran, bangsa Suriah dan Bahrain tidak ada bedanya.


MEMANASNYA SUHU ANCAMAN MILITER DAN PENYERANGAN TERHADAP IRAN

-      Kami menegaskan bahwa bangsa dan pemerintah Iran memiliki persiapan penuh untuk membela negara disamping juga kecil kemungkinan adanya berbagai bentuk serangan militer terhadap Iran. 

-      Bangsa Iran adalah bangsa yang berperadaban, berbudaya, memiliki sejarah besar dan pecinta kedamaian. Kami tidak menginginkan permusuhan namun bangsa Iran akan membela negaranya terhadap berbagai bentuk penyerangan dilakukan, seperti pada saat penyerangan Saddam Husein ke Iran. 

-      Seluruh bangsa dan negara di kawasan dan dunia telah mengetahui bahwa bahwa Iran telah mendapatkan pencapaian dan kemakmuran, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menakjubkan.

-       Sebagaimana Pemimpin Spiritual Iran menegaskan, bahwa ancaman berupa serangan militer akan banyak merugikan AS dan akan menyebabkan mereka menanggung beban resiko yang lebih besar.

-    Stabilitas dan keamanan kawasan merupakan prioritas Iran, oleh karena itu segala upaya akan kami lakukan untuk mengantisipasi terjadinya konflik.
-   Kami percaya bahwa konflik akan terjadi pada saat suatu negara tidak memiliki persiapan pertahanan dan pihak penyerang mengira akan sukses dengan serangannya sementara sepanjang sejarah Iran tidak pernah memiliki persiapan pertahanan sebagaimana persiapan yang ada sekarang ini. Dengan demikian kemungkinan terjadinya perang sangat kecil sementara persiapan yang Iran miliki sangat matang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar