Inline images 1

Jogja Contemporary  mengundang anda pada Pembukaan Pameran:
ANUSAPATI: mateREALITY
Essay oleh Kadek Khrisna Adidharma
Selasa, 13 November 2012, 19.00 wib
Sangkring  Art Space, Jl. Nitiprayan 88, Ngestiharjo, kasihan, Bantul, Yogyakarta
Artist Talk: Jum’at, 23 November 2012. 15.00 – 17.00 wib
 
Ketika ditanya apa yang ingin ia capai dalam karyanya, Anusapati meraba-raba mencari kata sejenak sebelum mencetuskan istilah “materiality” untuk menggambarkan kesan kehadiran konkret dalam karyanya. Realita fisik dapat dirasakan dalam gambar-gambar arangnya yang pekat, instalasi kayu serta patung-patung kayu maupun kuningan dalam pameran ini.  Pilihan bahan penting bagi Anusapati sebab kenangan masing-masing orang tentang bahan tersebut mempengaruhi kesan realita yang ditimbulkan. Kayu hadir secara virtual, tematis sekaligus secara fisik dalam karya-karyanya.  
 
Dalam Arsitektur, Materiality merupakan konsep penggunaan bahan-bahan alami seperti kayu serta bahan-bahan virtual seperti proyeksi atau bayang-bayang sebagai media bangunan.  Anusapati melakukan eksplorasi dengan objek-objek kayu di ranah abu-abu antara pengalaman fisik kini dengan kenangan yang tergugah olehnya. Peralatan kayu senantiasa hadir di lingkungan masa kanak-kanak Anusapati, hingga sekarang. Untuk pameran di Sangkring Artspace, Anusapati membangunkan kembali bantalan-bantalan rel dari kayu jati, bengkirai dan ulin yang telah lama digunakan sebagai sarana transportasi mengangkut tebu. Ia mengangkat bantalan-bantalan kayu ini dari dalam tanah untuk mewujudkan pengalaman-pengalaman yang mengantar penyimak karya ke sejumlah perjalanan baru, salah satunya kembali kepada keteduhan dan permainan bayang-bayang yang hilang ketika pohon-pohon ini ditebang.
 
Anusapati adalah pematung yang berkarya dengan media kayu, kuningan dan perunggu serta gambar arang. Ia mendapat penghargaan patung terbaik pada tahun kelulusannya (1983) dari ASRI Jogjakarta, dan meraih gelar Master of Fine Arts dari Pratt Institute, New York (1990). Ia kini mengajar gambar, seni patung serta seni experimental di ISI Jogjakarta. Karya-karyanya dianggap berpengaruh dalam memberi standar mutu bagi seniman-seniman muda di Indonesia.
 
  

Rismilliana Wijayanti
0818260134
ries@vwfa.net

JOGJA CONTEMPORARY
@Sangkring Art Space, Nitiprayan no 88, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55182
Open Hours:
Mon - Sat 10 am - 6 pm


Current Show:
SENO ANDRIANTO: MERAH PUTIH
24 Oct - 6 Nov
Sangkring Art Project, Nitiprayan no 88, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55182
Upcoming Events:
ANUSAPATI: MATEREALITY
13 Nov - 6 Dec 2012
23 Nov:  Artist Talk 15.00 - 17.00
SURYA WIRAWAN 'Komo": CLIMEN
13 - 27 Dec 2012
14 Dec:  Artist Talk 15.00 - 17.00



1 Lampirkan file| 104KB