Jumat, 30 November 2012

TIPIKAL DECI MAKER

Ada beberapa tipe decision maker, pengambil keputusan :
1) tipe kura-kura, perlu berabad utk ambil keputusan, tapi biasanya keputusan yang bagus. Pelan, tapi mantap menuju sasaran.
2) tipe kancil, selalu mengambil keputusan cepat dengan anggapan bahwa semakin cepat semakin decisive. Namun, sering keputusannya kurang tepat karena kurang informasi atau kurang dalam relevansi masalah lapangan.
3) tipe kuda nil, pengambil keputusan yang lambat atau tidak sama sekali, karena lebih senang berada dalam lumpur, selalu memainkan peran sebagai "victim" seperti : "lihatlah saya ada di dalam lumpur ini, teserah saja keputusannya pada anda sekalian didaratan sana ".
4) tipe kelinci, hanya membeku di saat harus ambil keputusan. Dia tidak menikmati dirinya yang tidak ambil keputusan seperti kuda nil, hanya sifatnya kaku seperti fossil.
5) tipe kalkun, menghindar untuk ambil keputusan dengan cara sembunyikan kepala dalam pasir dan memberikan bahwa kebutuhan untuk mengambil keputusan akan berlalu.
6) tipe burung berkicau melihat bahwa mengambil keputusan akan sulit meski pada obyek yang terang benderang.
7) tipe lumba-lumba, lambat, dan memutuskan dengan dua cara, yaitu membuat banyak keputusan secara cepat, lalu exhausted dan kemudian masuk ke fase tidak mengambil keputsuan sama sekali sampai kembali ada tekanan untuk memutuskan lagi secara siklus terus seperti gelombang.
8) tipe elang, mengamati secara keseluruhan, dan ketika a=harus memutuskan maka ia akan memutuskan pada waktu yang tepat,
9) tipe kera, yaitu tipe inteljen, memutuskan dengan belajar dari kesalahan banyak orang dan kesalahan dirinya.
(Sumber : brilliant decision making, dari Robie Steinhouse, 2010)
Bisa dihitung-hitung termasuk tipe apakah masing-masing kita ? Pretty week end ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar